MEDIA POWTOON PADA TEKS EKSPLANASI
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v7i1.8015Keywords:
Eksplanasi, powtoon, media pembelajaran,Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa menuangkan ide dalam menulis teks ekplanasi. Faktor yang memengaruhi kesulitan tersebut karena rendahnya kosa kata siswas sehingga memengaruhi kemampuan menulis. Selain itu, penggunaan media pembelajaran juga kurang kreatif. Penelitian ini dilakukan untuk menambah penggunaan media pembelajaran yang dapat digunakan guru yaitu media powtoon Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) ADDIE (analyze, design, develop, implement, evaluate). Implementasi dilakukan untuk mengetahui efektivitas media yang digunakan. Hasil perhitungan tes menulis teks eksplanasi siswa memperoleh nilai dengan rata-rata 84 dengan kategori sangat baik atau lulus nilai KKM yaitu 75 yang menunjukkan bahwa media powtoon efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksplanasi. Tahap evaluasi dilakukan dengan penyebaran angket respons pengguna yaitu guru dan siswa dan ditemukan hasilnya bahwa dari 10 aspek  yang tertuang dalam instrumen respons guru dan siswa sebagai pengguna, jumlah keseluruhan skor adalah 283 dengan skor rata-rata sebesar 4,70. Setelah dipersentasekan sebesar 94% dengan kriteria sangat baik.
Kata Kunci: Eksplanasi, powtoon, media pembelajaranDownloads
References
Abidin, Yunus. (2015). Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama
Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Amiroh. Membangun E-Learning Dengan Learning Management System Moodle. Sidoarjo: Genta Group Production, 2012.
Dalman. (2015). Menulis karya ilmiah. Depok: Rajagrafindo Persada.
Darmawan, Agus. “Pemilihan Sistem Learning Management System (LMS) Metode AHP Menggunakan,†2014, 11.
Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media, Edisi 1, 2010.
Indrawan, Gede. Moodling Your Class. Depok: Rajawali Pers, Edisi 1, 2017.
Isnatun, Siti dan Umi Farida. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.
Jhonson, B. E. 2006 mengungkapkan bahwa pendekatan kontekstual. PT. Mizan.
Kosasih, E. (2012). Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Yramawidya.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK: analisis, fungsi, struktur, kaidah, serta langkah-langkah penulisannya. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemindikbud. (2013). Buku Siswa Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan KelasVII. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2014. 2014. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan SMP/MTs Kelas VII. Jakarta.
Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Refika Aditama. Bandung.
Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Muchith, M. Sackhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup
Muslich, Masnur. (2012). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permendikbud. 2014. Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (http: dokumen kurikulum 2013.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikukum 2013. Malang: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, wina. Sintaks CTL. https://aritmaxx.wordpress.com/2010/11/15/sintakpembelajaran-contextual-teaching-and-learning/.
Sanjaya. W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sugiono. Metode PenelitianPendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, Dan RND). Bandung :Alfabeta 2017.
Surjono, Herman Dwi. 2010. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta : UNY Press
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Mahsun (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Muchith, M. Sackhan. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Grup
Muslich, Masnur. (2012). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Permendikbud. 2014. Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (http: dokumen kurikulum 2013.
Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikukum 2013. Malang: PT. Bumi Aksara.
Sanjaya, wina. Sintaks CTL. https://aritmaxx.wordpress.com/2010/11/15/sintakpembelajaran-contextual-teaching-and-learning/.
Sanjaya. W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media.
Sugiono. Metode PenelitianPendidikan (PendekatanKuantitatif, Kualitatif, Dan RND). Bandung :Alfabeta 2017.
Surjono, Herman Dwi. 2010. Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Yogyakarta : UNY Press
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).