Efektivitas E-LKPD Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berbasis Project Based pada Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Dede Putri Universitas Lampung, Indonesia
  • Siti Samhati Universitas Lampung, Indonesia
  • Mulyanto Widodo Universitas Lampung, Indonesia
  • Farida Ariyani Universitas Lampung, Indonesia
  • Nurlaksana Eko Rusminto Universitas Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12683

Keywords:

e-LKPD berbasis PjBL, keterampilan , menulis teks, prosedur, pendekatan, berdiferensiasi

Abstract

Abstrak

 

Artikel ini membahas efektivitas penggunaan e-LKPD berbasis Project-Based Learning (PjBL) yang dikombinasikan dengan pendekatan berdiferensiasi dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP. PjBL menawarkan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan relevan, sementara pendekatan berdiferensiasi memungkinkan guru untuk menyesuaikan pembelajaran dengan kebutuhan, minat, dan gaya belajar siswa. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi e-LKPD berbasis PjBL dan pendekatan berdiferensiasi tidak hanya meningkatkan keterampilan menulis tetapi juga partisipasi dan pemahaman siswa terhadap struktur teks prosedur. Meskipun terdapat tantangan seperti keterbatasan akses teknologi dan kesiapan guru, solusi berupa penyediaan fasilitas teknologi dan pelatihan guru diusulkan sebagai langkah mitigasi. Hasil penelitian ini menekankan pentingnya dukungan kebijakan pendidikan dan pengembangan lebih lanjut dalam implementasi metode ini untuk keberlanjutan pembelajaran yang efektif. Metode ini berpotensi besar dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam menulis teks prosedur, sehingga dapat menjadi strategi yang adaptif dan inovatif dalam pendidikan bahasa Indonesia di SMP.

Kata Kunci: e-LKPD berbasis PjBL; keterampilan menulis teks; prosedur pendekatan berdiferensiasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggita Rizki Setiani et al. 2023. “Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Tehadap Hasil Belajar.” Education Sciences 4 (1): 90–96.

Ayunisyah, Sandiya Desti, M Arifin, and Didi Yulistio. 2020. “Analisis Struktur Teks Prosedur Siswa Kelas Vii Smpn 7 Kota Bengkulu 1.” Pendidikan Dan Pengajaran 4 (1): 118–27.

Dhera, Maria Magdalena, Edeltrudis Ti, Yosefina Uge Lawe, and M Ignasia S Sego. 2024. “Analisis Kebutuhan Siswa Serta Kesiapan Belajar Siswa Melalui Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Pada Siswa.” Educational Research and Reviews 1 (4): 1–9.

Ekaningtiass, Prillia, Herni Fitriani, Muhammad Nanang Nurudin, and Sulistina Akhodiyah. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Teknologi Pada Materi Teks Prosedur Untuk Siswa Kelas VII SMP.” Bahasa Indonesia Prima 06 (01): 841–47.

Endra, F. 2024. “Pentingnya Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Sekolah Dasar : Tinjauan Literatur.” Bahasa Dan Seni 4 (24): 369–79.

Fatmawati, Harlinda. 2014. “Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat ( Penelitian Pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ).” Journal Eviscience 2 (9): 911–22.

Ismail, Nurul, Edi Suyanto, Siti Samhati, Sumarti, and Farida Ariyani. 2024. “Development of Teaching Materials of Exposition Text.” International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding 11 (6): 15–24.

Lili Hasmi, Ratna Sari Dewi Pohan. 2021. “Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur.” Language Learning 5:51–60.

Mehan, Reldegundis Yemina. 2024. “Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Materi Teknik Vokal.” Education Sciences 2 (1): 18–27.

Naibaho, Dwi Putriana. 2023. “Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Mampu Meningkatkan Pemahaman Belajar Peserta Didik.” PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (2).

Nurazijah, Mira, Syaipia Lailla, and Tin Rustini. 2023. “Pendekatan Berdiferensiasi Pada Pembelajaran IPS Sebagai Bentuk Internalisasi Konsep Merdeka Belajar” 06 (01): 1798–1805.

Olivia, Cyndi, Nurlaksana Eko Rusminto, and Ryzal Perdana. 2022. “Developing Contextual Teaching and Learning-Based Worksheets to Improve Fifth Grade Students’ Critical Thinking.” Asian Journal of Educational Technology 1 (3): 114–20. https://doi.org/10.53402/ajet.v1i3.183.

Paramita, Chandra Devi. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur Kompleks Dengan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Media Visual.” PENDIPA Journal of Science Education 1 (2): 101–14.

Pinaka, Theresia. 2020. “Analisis Kelayakan Buku Ajar Milenial Berbasis Augmented Reality Sebagai Pembelajaran Teks Prosedur.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3:351–64.

Purnawanto, Ahmad Teguh. 2023. “Pembelajaran Berdiferensiasi.” Edukasi Kultura 2.

Rahman, Arif. 2019. “Berpikir Kritis Menggunakan Model Painting.” Bahasa Dan Seni 1 (1).

Riyanti, Supini, Dian Eka, and Chandra Wardhana. 2019. “Korelasi Antara Minat Baca Dengan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Sumber Rejo Kabupaten Musi Rawas” 5 (1): 42–51.

Rusdiana, Eva. 2018. “Penerapan Model Cooperative Learning ( Studi Pada Siswa SMK Dr . Soetomo Surabaya ).” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 25–36.

Sanulita, Henny. 2023. “Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pengajaran Bahasa.” PENDAGOGIA: Jurnal Pendidikan Dasar 7 (1): 196–204. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v7i2.69035.

Simatupang, Yusrawati JR. 2020. “Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Dengan Model Pembelajaran Pair Check.” Educational Journal of History and Humanities 8 (2): 191–206.

Soleh, Dariyo. 2021. “Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Melalui Google Classroom Dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur.” Bahasa Dan Seni 6 (2): 137–43.

Sutrisno, Lucky Taufik. 2023. “Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan Untuk Kemerdekaan.” Edu Dharma Journal 7 (1).

Taqwa, Zayin Zakiya Umma, Muhammad Fuad, Siti Samhati, Sumarti, and Nurlaksana Eko Rusminto. 2024. “Analisis Kekeliruan Bahasa Lisan Dan Tulisan Pada Anak Usia 6-7 Tahun Berdasarkan Konteks Wacana.” Jurnal Sebasa 7 (2): 116–27.

Wahyudi, Setyo Adji, Mohammad Siddik, and Erna Suhartini. 2023. “Analisis Pembelajaran IPAS Dengan Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Pendidikan Dan Pengajaran 13:1105–13.

Wahyuni, Ayu Sri, and Universitas Pendidikan Ganesha. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA.” Bahasa Indonesia Prima 12:118–26.

Widiyarto, Sigit. 2017. “Pengaruh Penggunaan Media Permainan Scrabble Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur.” PENDIPA Journal of Science Education 09 (03): 323–35.

Wira, Hendri, and N U R Alam. 2017. “Menulis Text Prosedur.” Education Sciences 1 (April).

Wulandari, Ade Sintia. 2022. “Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman.” Bahasa Indonesia Prima 12 (September): 682–89.

Downloads

Published

2025-05-01

How to Cite

Putri, D., Siti Samhati, Mulyanto Widodo, Farida Ariyani, & Nurlaksana Eko Rusminto. (2025). Efektivitas E-LKPD Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berbasis Project Based pada Siswa Kelas VII SMP . ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(1), 40–51. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12683

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.