Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Lengayang)
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v1i1.416Keywords:
Pengajaran BahasaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pencapaian keterampilan bahasa siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran kooperatif dan mereka yang belajar melalui pembelajaran individu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang melibatkan dua sampel kelompok, yaitu kelompok yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif. Berdasarkan temuan dan investigasi, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, guru dapat memilih materi pembelajaran dan strategi yang harus digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa setelah tingkat pemikiran rasional siswa diketahui. Kedua, strategi pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu di antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan berbeda dalam menggunakan pemikiran logis akan menghasilkan perbedaan keterampilan dalam menulis argumentasi. Ketiga, peningkatan keterampilan menulis argumentasi dapat dipengaruhi oleh faktor strategi pembelajaran dan keterampilan pemikiran logis. Keempat, strategi pembelajaran dan keterampilan pemikiran logis memiliki hubungan yang kuat dengan keterampilan menulis argumentasi.
Downloads
References
Akhadiah, Sabarti. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti, P2LPTK, 1988.
dkk, Rustaman Dirdjosoemarto. Common Teks Book: Strategi Biologi (Edisi Revisi). Bandung: JICA-IMSTER-UPI, 2003.
Keraf, Gorys. Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah, 1984.
Moore, Kenneth D. Instructional Strategies. London: Sage Publications, Inc, 2005.
Richey, Barbara B. Seels and Rita C. Instructional Technology: The Devinitionand Domain of the Field. Washington DC: Publication Sales Department, Association for Educational Communications and Technology, 1994.
Wingo, William C. Morse and G. Psychology and Teaching. Michigan: Acott Foresman and Company, 1969.
Yunus, Suparno dan Mohammad. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2003.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2018 Zelvi Iskandar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).