Eksplorasi Media Pembelajaran Teks Argumentasi Berbasis Video untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi SMAN 4 Tualang
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13933Keywords:
Teks Argumentasi, , Media Video, Motivasi Belajar, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan media video sebagai sarana pembelajaran teks argumentasi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam era digital, media pembelajaran berbasis audiovisual memiliki potensi besar untuk menjadikan proses belajar lebih menarik dan bermakna. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek siswa kelas XI di salah satu SMA Negeri. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket motivasi belajar. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan video dalam pembelajaran teks argumentasi tidak hanya memperjelas struktur dan ciri-ciri teks, tetapi juga mampu meningkatkan partisipasi aktif, antusiasme, dan kepercayaan diri siswa dalam mengemukakan pendapat. Dengan demikian, media video layak dijadikan alternatif strategis dalam pembelajaran teks argumentasi di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui eksplorasi media pembelajaran berbasis video pada teks argumentasi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di SMAN 4 TUALANG. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif pada penelitian kualitatif yang di mana peneliti akan menjelaskan menggunkan kalimat bukan data angka.
Downloads
References
Adi, P. (2023). Pembelajaran Berbasis Video untuk Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1).
Astuti, D., et al. (2023). Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran Video. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 14(2).
Hamzah, A. (2023). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan, 12(1).
Iskandar, M. (2023). Pembelajaran Interaktif dengan Video. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3).
Kholifah, U. (2023). Motivasi Belajar Siswa dengan Media Video. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 12(2).
Lestari, R. (2023). Penggunaan Video dalam Pembelajaran Teks. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 5(2).
Mayer, R.E. (2009). Multimedia Learning. Cambridge University Press.
Muchtarom & Winarno (2025). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video dalam Pemahaman Teks Argumentasi. Jurnal Shautul Arabiyah.
Ningsih, A. (2023). Video sebagai Media Pembelajaran Efektif. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1).
Piaget, J. (1970). Science of Education and the Psychology of the Child.
Prasetyo, B. (2023). Efektivitas Media Video dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(3).
Rahman, F. (2023). Video sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(4).
Rahayu, E. (2023). Media Video dalam Pembelajaran Argumentasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(1).
Rina, S. (2023). Pengaruh Media Video terhadap Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 5(3).
Santoso, H. (2023). Video Pembelajaran dan Motivasi Siswa. Jurnal Pendidikan Modern, 9(2).
Sari, R. (2023). Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2).
Schunk, D.H. (2020). Learning Theories: An Educational Perspective.
Vygotsky, L.S. (1978). Mind in Society: Development of Higher Psychological Processes.
Wibowo, S. (2023). Media Pembelajaran dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(3).
Wulandari, N. (2023). Motivasi Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 9(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Eka Setia Pratiwi, Charlina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



