Korelasi Pemahaman Bacaan dengan Kecepatan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8561Keywords:
Kecepatan Membaca, Membaca, PemahamanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kecepatan membaca dan pemahaman membaca pada siswa kelas V di SDN Jasinga 7 Kabupaten Bogor dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional, dan sampel diambil secara acak menggunakan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui lembar jawaban hasil observasi dan melalui tes lisan yang menguji pemahaman siswa terhadap bacaan. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa hubungan antara kecepatan membaca dan pemahaman membaca dalam penelitian ini sangat rendah, dengan koefisien korelasi sebesar 0,129. Meskipun hubungan ini bersifat positif, kontribusi kecepatan membaca terhadap pemahaman membaca siswa hanya sebesar 1,6641%. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa hubungan tersebut tidak signifikan secara statistik, dengan nilai hitung sebesar 0,596 dan nilai t tabel sebesar 1,721 pada tingkat signifikansi α = 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa meskipun terdapat hubungan positif antara kecepatan membaca dan pemahaman membaca, hubungan tersebut tidak signifikan dalam penelitian ini.
Downloads
References
Agustina, Eka, Dwi Andriani, and Muhammad Muklas. 2021. "Hubungan Antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan." Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences 13 (1): 28-38.
Almadiliana, Heri Hadi Saputra, and Heri Setiawan. 2021. "Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar." Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (2): 57-65.
Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dalman. 2018. Keterampilan membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Istiqoh, Nurul. 2020. "Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Model Think Pair Share di Kelas VII A MTs Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2018/2019." Jurnal Diksatrasia 4 (1): 22-29.
Maryani, Ayu, Slamet Triyadi, and Hendra Stiawan. 2020. "Penggunaan Teknik Skimming dalam Pembelajaran Memahami Isi Teks Cerpen Pada Siswa kelas XI SMK Pratama Mulya Karawang." Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 11 (1): 97-109.
Rahim, F. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Askara.
Riduwan. 2018. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Pendidik-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. 2018. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sudirman, Marilyn Lasarus Kondolayuk, Ayunda Sriwahyuningrum, I Made Elia Cahya, Ni Luh Seri Astuti, Jan Setiawan, Willy Yavet Tandirerung, et al. 2023. Metodelogi Penelitian 1. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sukardi. 2021. Metodelogi penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Tampubolon, D P. 2016. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: CV Angkasa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Salsabil Najwa Azhari, Salsabil Najwa Azhari, Nur Fitriyana, Siti Badriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).