Korelasi Pemahaman Bacaan dengan Kecepatan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V

Authors

  • Salsabil Najwa Azhari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Salsabil Najwa Azhari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia, Indonesia
  • Nur Fitriyana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia, Indonesia
  • Siti Badriyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8561

Keywords:

Kecepatan Membaca, Membaca, Pemahaman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara kecepatan membaca dan pemahaman membaca pada siswa kelas V di SDN Jasinga 7 Kabupaten Bogor dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan teknik korelasional, dan sampel diambil secara acak menggunakan teknik random sampling. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui lembar jawaban hasil observasi dan melalui tes lisan yang menguji pemahaman siswa terhadap bacaan. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa hubungan antara kecepatan membaca dan pemahaman membaca dalam penelitian ini sangat rendah, dengan koefisien korelasi sebesar 0,129. Meskipun hubungan ini bersifat positif, kontribusi kecepatan membaca terhadap pemahaman membaca siswa hanya sebesar 1,6641%. Hasil uji signifikansi menunjukkan bahwa hubungan tersebut tidak signifikan secara statistik, dengan nilai hitung sebesar 0,596 dan nilai t tabel sebesar 1,721 pada tingkat signifikansi α = 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa meskipun terdapat hubungan positif antara kecepatan membaca dan pemahaman membaca, hubungan tersebut tidak signifikan dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Eka, Dwi Andriani, and Muhammad Muklas. 2021. "Hubungan Antara Kecepatan Membaca dan Pemahaman Isi Bacaan." Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences 13 (1): 28-38.

Almadiliana, Heri Hadi Saputra, and Heri Setiawan. 2021. "Hubungan Antara Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar." Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar 1 (2): 57-65.

Arikunto, S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dalman. 2018. Keterampilan membaca. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Istiqoh, Nurul. 2020. "Peningkatan Kemampuan Menulis Pantun Dengan Model Think Pair Share di Kelas VII A MTs Pesantren Pembangunan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pembelajaran 2018/2019." Jurnal Diksatrasia 4 (1): 22-29.

Maryani, Ayu, Slamet Triyadi, and Hendra Stiawan. 2020. "Penggunaan Teknik Skimming dalam Pembelajaran Memahami Isi Teks Cerpen Pada Siswa kelas XI SMK Pratama Mulya Karawang." Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 11 (1): 97-109.

Rahim, F. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Bumi Askara.

Riduwan. 2018. Belajar Mudah Penelitian: Untuk Pendidik-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. 2018. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudirman, Marilyn Lasarus Kondolayuk, Ayunda Sriwahyuningrum, I Made Elia Cahya, Ni Luh Seri Astuti, Jan Setiawan, Willy Yavet Tandirerung, et al. 2023. Metodelogi Penelitian 1. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sukardi. 2021. Metodelogi penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tampubolon, D P. 2016. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: CV Angkasa.

Downloads

Published

2023-12-29

How to Cite

Azhari, S. N., Azhari, S. N., Fitriyana, N., & Badriyah, S. (2023). Korelasi Pemahaman Bacaan dengan Kecepatan Membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 6(2), 151–166. https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8561

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.