Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Lengayang)

Authors

  • Zelvi Iskandar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v1i1.416

Keywords:

Pengajaran Bahasa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pencapaian keterampilan bahasa siswa yang belajar melalui strategi pembelajaran kooperatif dan mereka yang belajar melalui pembelajaran individu. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode eksperimen yang melibatkan dua sampel kelompok, yaitu kelompok yang mengikuti strategi pembelajaran kooperatif. Berdasarkan temuan dan investigasi, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, guru dapat memilih materi pembelajaran dan strategi yang harus digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis argumentasi siswa setelah tingkat pemikiran rasional siswa diketahui. Kedua, strategi pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu di antara kelompok siswa yang memiliki kemampuan berbeda dalam menggunakan pemikiran logis akan menghasilkan perbedaan keterampilan dalam menulis argumentasi. Ketiga, peningkatan keterampilan menulis argumentasi dapat dipengaruhi oleh faktor strategi pembelajaran dan keterampilan pemikiran logis. Keempat, strategi pembelajaran dan keterampilan pemikiran logis memiliki hubungan yang kuat dengan keterampilan menulis argumentasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhadiah, Sabarti. Evaluasi dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Depdikbud. Dirjen Dikti, P2LPTK, 1988.

dkk, Rustaman Dirdjosoemarto. Common Teks Book: Strategi Biologi (Edisi Revisi). Bandung: JICA-IMSTER-UPI, 2003.

Keraf, Gorys. Komposisi. Ende-Flores: Nusa Indah, 1984.

Moore, Kenneth D. Instructional Strategies. London: Sage Publications, Inc, 2005.

Richey, Barbara B. Seels and Rita C. Instructional Technology: The Devinitionand Domain of the Field. Washington DC: Publication Sales Department, Association for Educational Communications and Technology, 1994.

Wingo, William C. Morse and G. Psychology and Teaching. Michigan: Acott Foresman and Company, 1969.

Yunus, Suparno dan Mohammad. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2003.

Downloads

Published

2018-07-13

How to Cite

Iskandar, Z. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Keterampilan Menulis Argumentasi (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Lengayang). ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 1(1), 55–68. https://doi.org/10.29240/estetik.v1i1.416

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.