Analisis Instrumen Butir Soal Asesmen Menyimak pada Latihan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13477Keywords:
Menyimak, UKBI , Taksonomi Barrett, Taksonomi Facione, Taksonomi Marzano.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi level tingkatan butir soal pada latihan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). UKBI merupakan alat ukur standar kebahasaan nasional yang telah mencakup komponen menyimak sebagai salah satu aspek yang diujikan uji seksi I (mendengarkan). Keberadaan tes keterampilan menyimak sebagai salah satu aspek yang diujikan, menandakan bahwa kegiatan menyimak menjadi indikator yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Dalam menganalisis data, penelitian ini berfokus pada pengklasifikasian level pemahaman butir soal UKBI berdasarkan 3 taksonomi menyimak reseptif, yaitu yang pertama, Taksonomi Barrett yang mengklasifikasikan level pemahaman yang terdiri atas literal comprehension, reorganization, inferential comprehension, evaluation, dan appreciation. Kedua, level pemahaman Taksonomi Facione yang mengklasifikasikan level pemahaman terdiri atas, interpretasi, analisis, evaluasi, inference, eksplanasi, dan self-regulation. Ketiga, level pemahaman Taksonomi Marzano yang mengklasifikasikan level pemahaman yang terdiri atas, knowledge utilization, analysis, comprehension, dan retrieval. Berdasarkan analisis, butir soal latihan UKBI keterampilan menyimak menunjukkan tingkatan kesulitan kognitif, dimulai dari pemahaman literal pada awal setiap stimulus. Temuan ini didukung oleh penggunaan dominan level pemahaman literal comprehension (Barrett), interpretasi (Facione), dan knowledge utilization (Marzano) dalam soal-soal UKBI.
Downloads
References
Daftar Referensi
Abdullah, M. (2021). Development of Basic Competency Assessment Instruments Assessing
Students in Islamic Cultural History (Ski) in Min 1 Pasuruan. Jurnal Mu'allim, 3(1), 122-131.
Amalia, R., Azahra, I. N., & Qolbi, S. A. N. (2025). Efektivitas Metode Simak-Respons dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak pada Siswa SMP Kelas VII. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 225-234.
Anisah, G., & Amreta, M. Y. (2023). Pengembangan instrument assessment as learning berbasis
projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 76-88
Ariani, F., Dawud, D., & Basuki, I. A. (2019). Korelasi kemampuan bernalar dengan kemampuan
menyimak kritis debat pada siswa kelas X (Doctoral dissertation, State University of
Malang).
Barrett, T. C. (1968). Taxonomy of cognitive and affective dimensions of reading comprehension.
In T. C. Barrett & E. B. Smith (Eds.), Teaching reading in the middle grades (pp. 16–26).
Newark, DE: International Reading Association.
Dewi, N. A., Jamaludin, U., Taufik, M., & Yuliana, R. (2022). Pengembangan Media Buku
Dongeng Digital untuk Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III di SDN Cilenggang 02. AT-TA`DIB, 6(2), 382–392. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19554
Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of
Educational Assessment and Instruction (The "Delphi Report"). Millbrae, CA: The
California Academic Press.
Hamid, A. H. (2020). Strategi pembelajaran menyimak. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan
Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 1-27.
Harsiati, T. (2018). Karakteristik soal literasi membaca pada program pisa. Litera, 17 (1),
90–106.
Himawan, R. (2023). Analisis Level Kritis Taksonomi Barret Pada Soal Pemantapan Asesmen
Daerah Literasi Membaca Siswa SMP Daerah Istimewa Yogyakarta. Reduplikasi: Jurnal
Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 47-61.
Hudhana, W. D., & Septriana, H. (2022). Muatan Level Kognitif dalam Soal Penugasan Mata
Kuliah Umum Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lingua
Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 203-209.
Indrawati, S. W. (2018). Rancangan Bahan Ajar Keterampilan Menyimak dan Pembelajarannya.
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.
Kharisma, N., Auzar, A., & Septyanti, E. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan
Menyimak Untuk Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 138-139.
Khotimah, A. K., & Arif Widagdo, S. (2016). Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan
Taksonomi Barrett pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar,
6(1), 1-10.
Maula, R. (2018). Pengaruh Media Hand Puppet Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 5(2), 263–272. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i02.1391
Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2007). The New Taxonomy of Educational Objectives (2nd
ed.). Corwin Press.
Puspitasari, D. A., Suyono, S., & Harsiati, T. (2021). Pengembangan Tes Menyimak Untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sasraswati, N. A., Mulyati, Y., & Damaianti, V. S. (2020). Pemetaan Kebutuhan Pengembangan
Alat Evaluasi Menyimak pada Pemelajar BIPA. In Seminar Internasional Riksa Bahasa
(pp. 37-43).
Syafrina, D., Dermawan, T., & Widiati, N. (2017). Implementasi pembelajaran menyimak di
sekolah menengah pertama(Doctoral dissertation, State University of Malang).
Tiwi, P. S. R., & Sukenti, D. (2022). Penilaian Guru Bahasa Indonesia Pada Kompetensi
Keterampilan Menyimak di Era Pandemi Covid-19 di SMP Negeri Sekecamatan Rambah Hilir. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 2(1), 42-58.
Umi Hijriyah, U. (2016). Menyimak strategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa.
Wicaksana, S., & Basuki, I. A. (2019). Analisis Soal Latihan Keterampilan Membaca Dalam
Bahan Ajar Bipa Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Basindo, 3(2), 261-270.
Yustuti, S., Masrun, M., & Hikmah, H. (2023). Development of listening skills evaluation
instruments| pengembangan instrumen evaluasi keterampilan menyimak. Mantiqu Tayr:
Journal of Arabic Language, 3(1), 1-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Nurlina Amiruddin, Imam Agus Basuki, Titik Harsiati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



