Analisis Instrumen Butir Soal Asesmen Menyimak pada Latihan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

Authors

  • Nurlina Amiruddin Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Imam Agus Basuki Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Titik Harsiati Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13477

Keywords:

Menyimak, UKBI , Taksonomi Barrett, Taksonomi Facione, Taksonomi Marzano.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan klasifikasi level tingkatan butir soal pada latihan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI). UKBI merupakan alat ukur standar kebahasaan nasional yang telah mencakup komponen menyimak sebagai salah satu aspek yang diujikan uji seksi I (mendengarkan). Keberadaan tes keterampilan menyimak sebagai salah satu aspek yang diujikan, menandakan bahwa kegiatan menyimak menjadi indikator yang sangat penting untuk menjadi perhatian. Dalam menganalisis data, penelitian ini berfokus pada pengklasifikasian level pemahaman butir soal UKBI berdasarkan 3 taksonomi menyimak reseptif, yaitu yang pertama, Taksonomi Barrett yang mengklasifikasikan level pemahaman yang terdiri atas literal comprehension, reorganization, inferential comprehension, evaluation, dan appreciation. Kedua, level pemahaman Taksonomi Facione yang mengklasifikasikan level pemahaman terdiri atas, interpretasi, analisis, evaluasi, inference, eksplanasi, dan self-regulation. Ketiga, level pemahaman Taksonomi Marzano yang mengklasifikasikan level pemahaman yang terdiri atas, knowledge utilization, analysis, comprehension, dan retrieval. Berdasarkan analisis, butir soal latihan UKBI keterampilan menyimak menunjukkan tingkatan kesulitan kognitif, dimulai dari pemahaman literal pada awal setiap stimulus. Temuan ini didukung oleh penggunaan dominan level pemahaman literal comprehension (Barrett), interpretasi (Facione), dan knowledge utilization (Marzano) dalam soal-soal UKBI.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Imam Agus Basuki, Universitas Negeri Malang

Dosen Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Malang

Titik Harsiati, Universitas Negeri Malang

Dosen Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Malang

References

Daftar Referensi

Abdullah, M. (2021). Development of Basic Competency Assessment Instruments Assessing

Students in Islamic Cultural History (Ski) in Min 1 Pasuruan. Jurnal Mu'allim, 3(1), 122-131.

Amalia, R., Azahra, I. N., & Qolbi, S. A. N. (2025). Efektivitas Metode Simak-Respons dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak pada Siswa SMP Kelas VII. Semantik: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 3(2), 225-234.

Anisah, G., & Amreta, M. Y. (2023). Pengembangan instrument assessment as learning berbasis

projek untuk pembelajaran menyimak dan berbicara monologis dialogis bermuatan karakter Bhineka Tunggal Ika. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 9(1), 76-88

Ariani, F., Dawud, D., & Basuki, I. A. (2019). Korelasi kemampuan bernalar dengan kemampuan

menyimak kritis debat pada siswa kelas X (Doctoral dissertation, State University of

Malang).

Barrett, T. C. (1968). Taxonomy of cognitive and affective dimensions of reading comprehension.

In T. C. Barrett & E. B. Smith (Eds.), Teaching reading in the middle grades (pp. 16–26).

Newark, DE: International Reading Association.

Dewi, N. A., Jamaludin, U., Taufik, M., & Yuliana, R. (2022). Pengembangan Media Buku

Dongeng Digital untuk Keterampilan Menyimak Siswa Kelas III di SDN Cilenggang 02. AT-TA`DIB, 6(2), 382–392. https://doi.org/10.32832/at-tadib.v6i2.19554

Facione, P. A. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of

Educational Assessment and Instruction (The "Delphi Report"). Millbrae, CA: The

California Academic Press.

Hamid, A. H. (2020). Strategi pembelajaran menyimak. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan

Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 1-27.

Harsiati, T. (2018). Karakteristik soal literasi membaca pada program pisa. Litera, 17 (1),

90–106.

Himawan, R. (2023). Analisis Level Kritis Taksonomi Barret Pada Soal Pemantapan Asesmen

Daerah Literasi Membaca Siswa SMP Daerah Istimewa Yogyakarta. Reduplikasi: Jurnal

Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, 3(1), 47-61.

Hudhana, W. D., & Septriana, H. (2022). Muatan Level Kognitif dalam Soal Penugasan Mata

Kuliah Umum Bahasa Indonesia di Universitas Muhammadiyah Tangerang. Lingua

Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 11(3), 203-209.

Indrawati, S. W. (2018). Rancangan Bahan Ajar Keterampilan Menyimak dan Pembelajarannya.

Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang.

Kharisma, N., Auzar, A., & Septyanti, E. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Keterampilan

Menyimak Untuk Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(1), 138-139.

Khotimah, A. K., & Arif Widagdo, S. (2016). Kemampuan Membaca Pemahaman Berdasarkan

Taksonomi Barrett pada Siswa Kelas IV SD. Jurnal Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar,

6(1), 1-10.

Maula, R. (2018). Pengaruh Media Hand Puppet Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata

Pelajaran Bahasa Indonesia. Ibtida’i : Jurnal Kependidikan Dasar, 5(2), 263–272. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v5i02.1391

Marzano, R. J., & Kendall, J. S. (2007). The New Taxonomy of Educational Objectives (2nd

ed.). Corwin Press.

Puspitasari, D. A., Suyono, S., & Harsiati, T. (2021). Pengembangan Tes Menyimak Untuk Pelajar BIPA Tingkat Pemula (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sasraswati, N. A., Mulyati, Y., & Damaianti, V. S. (2020). Pemetaan Kebutuhan Pengembangan

Alat Evaluasi Menyimak pada Pemelajar BIPA. In Seminar Internasional Riksa Bahasa

(pp. 37-43).

Syafrina, D., Dermawan, T., & Widiati, N. (2017). Implementasi pembelajaran menyimak di

sekolah menengah pertama(Doctoral dissertation, State University of Malang).

Tiwi, P. S. R., & Sukenti, D. (2022). Penilaian Guru Bahasa Indonesia Pada Kompetensi

Keterampilan Menyimak di Era Pandemi Covid-19 di SMP Negeri Sekecamatan Rambah Hilir. J-LELC: Journal of Language Education, Linguistics, and Culture, 2(1), 42-58.

Umi Hijriyah, U. (2016). Menyimak strategi dan implikasinya dalam kemahiran berbahasa.

Wicaksana, S., & Basuki, I. A. (2019). Analisis Soal Latihan Keterampilan Membaca Dalam

Bahan Ajar Bipa Sahabatku Indonesia Tingkat A1. Basindo, 3(2), 261-270.

Yustuti, S., Masrun, M., & Hikmah, H. (2023). Development of listening skills evaluation

instruments| pengembangan instrumen evaluasi keterampilan menyimak. Mantiqu Tayr:

Journal of Arabic Language, 3(1), 1-10.

Downloads

Published

2025-12-01

How to Cite

Amiruddin, N., Basuki, I. A., & Harsiati, T. (2025). Analisis Instrumen Butir Soal Asesmen Menyimak pada Latihan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(2), 281–302. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13477

Issue

Section

Articles

Citation Check