Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Edensor (Novel Ketiga dari Tetralogi Laskar Pelangi) Karya Andrea Hirata

Authors

  • Dwi Pulsha Apriliande Universitas Islam An Nur Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8348

Keywords:

Novel, Edensor, Nilai Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 9 pilar nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Edensor karya Andrea Hirata. Beberapa langkah yang dilakukan dalam menganalisis penelitian ini adalah (1) membaca novel, (2) berusaha memahami, (3) menganalisis cerita novel yang dapat diketahui, (4) melakukan diskusi, dan (5) menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 9 pilar nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Edensor (1) terdapat 18 kutipan pada tingkat sekolah dasar, (2) terdapat 9 kutipan pada tingkat sekolah menengah pertama, (3) terdapat 15 kutipan pada tingkat sekolah menengah atas, dan (4) terdapat 46 kutipan pada tingkat perguruan tinggi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa setelah diuji melalui analisis novel Edensor, diharapkan karya ilmiah ini dapat memberikan informasi yang akurat dan relevan tentang nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyono. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMA Kelas XII. Jakarta: Erlangga.

Darmadi, Hamid. (2012). Dasar Konsep Pendidikan Moral. Bandung: Alfabeta.

Elmubarok, Zaim. (2009). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Fathurrohman, Pupuh, dkk. (2013). Perkembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Fuadi, A. (2013). “Negeri 5 Menaraâ€. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hirata, Andrea. (2013). “Edensorâ€. Yogyakarta: Bentang Pustaka.

Ihsan, Fuad.(2008). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hafid, Anwar, dkk. (2013). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Kosasih, E. (2012). Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. Bandung: Yrama Widya.

Kurinasih, Imas dan Sani, Berlin. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Memahami Berbagai Aspek Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Kata Pena.

Lubis, Mawardi. (2011). Evaluasi Pendidikan Nilai. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mudyahardjo, Redja. (2010). Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Ndraha, Taliziduhu. (2010). Budaya Organisasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Purba, Antilan (2012). Sastra Indonesia Kontemporer. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Prasetyo, Agus. (2011). Landasan, Tujuan, Visi, Misi, dan Kompetensi Penyelenggaraan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Diakses http://m.kompasiana.com/post/read/396563/2/landasan-tujuan-visi-misi-dan-kompetensi-penyelenggaraan-pendidikan-kewarganegaraan-di-perguruan-tinggi.html

Priyatni, Endah Tri. (2010). Membaca Sastra dengan Ancangan Literasi Kritis. Jakarta: Bumi Aksara.

Salahudin, Anas. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Suyitno. (2014). Kajian Novel dalam Spektroskop Feminisme dan Nilai Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wicaksono, Andri. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Bandar Lampung: Garudhawaca.

Downloads

Published

2024-01-18

How to Cite

Apriliande, D. P. (2024). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Novel Edensor (Novel Ketiga dari Tetralogi Laskar Pelangi) Karya Andrea Hirata. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 6(2), 123–140. https://doi.org/10.29240/estetik.v6i2.8348

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.