ANALISIS KEBUTUHAN DAN PERANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DGITALISASI BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING TINGKAT PEMULA
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v7i1.8473Keywords:
perangkat pembelajaran, BIPA, digitalAbstract
Pemanfaatan teknologi informasi dan perangkat lunak pendidikan yang interaktif dikemas ke dalam digitalisasi pembelajaran. Saat ini perangkat pembelajaran masih dibuat secara tradisional belum terdigitalisasinya perangkat pembelajaran. Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing atau biasa disingkat BIPA merupakan sebuah program pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia bagi penutur asing. Saat ini masih terbatas perangkat pembelajaran yang sudah terdigitalisasi. Perangkat pembelajaran belum bisa diakses oleh pengajar, pemelajar BIPA secara terbuka. Hal ini dikarenakan belum ada e-learning yang digunakan untuk mendigitalisasi perangkat pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsi kebutuhan dan prototipe pengembangan perangkat pembelajaran digital bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat pemula untuk pembelajar dan pemelajar BIPA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan research & development (R&D). Model penelitian yang digunakan mengacu pada desain model ADDIE terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Upaya kebutuhan penelitian ini disesuaikan dengan tujuan dan kondisi penelitian yang sebenarnya. Hasil observasi, wawancara, pengisian angket, dan FGD (Focus Group Discusion). Hasil dari penelitian: 1) kebutuhan perangkat pembelajaran digital bahasa Indonesia bagi penutur asing tingkat pemula, 2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa RPP, sumber belajar, instrumen dan penilaian. Dari hasil angket menyatakan perlunya perangkat pembelajaran BIPA yang sudah terdigitalisasi.
Downloads
References
Hamzah, Amir. Metode Penelitian & Pengembangan Penelitian & Pengembangan . Batu: Literasi Nusantara, 2020.
jendelakemdibud.go.id. “Digitalisasi Sekolah Akan Mampu Tingkatkan Kualitas Pembelajaran Siswa.†https://jendela.kemdikbud.go.id/v2/fokus/detail/digitalisasi-sekolah-akan-mampu-tingkatkan-kualitas-pembelajaran-siswa. (Diunduh 2 Desember 2022), 2022
Kusmiatun, A., Suyitno, I., HS, Widodo., & Basuki, IA. “Identifying Features of Indonesian for Speakers of Other Languages (BIPA) Learning for Academic Purposes.†International Journal of Social Sciences & Educational. (2017)
Faznur, Lutfi Syauki , Ahmad Fadly, dan Fadhia Alfiana Nufus . “ Pengembangan Buku Digital BIPA Berbasis Nilai Moderasi Islam.†Jurnal Pena Literasi . Jilid. 4, No.2. (2021).
Muliastuti, Liliana. BIPA Pendukung Internasionalisasi Bahasa Indonesia. Makalah disajikan pada seminar Nasional Politik Bahasa di Universitas Tidar Magelang. Magelang: Untidar, 2016
Murtiansih, Andayani, dan Muhammad Rohmadi. Text Book As a Java Culture Recognıtıon Medıa in Indonesıan Learnıng For Foreıgn Speaker (BIPA) in Sebelas Maret University. International Journal of Educational Research Review, Vol 4, Issue 3, hal 427-434. (2019)
Muzaki, Lubis, Slamin, dan Dafik. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Metode Guided Discovery Learning Berbantuan E-Learning Dengan Aplikasi Atutor Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP.†Jurnal Pancaran, Vol. 3, No. 2, hal 25-34. (2014).
Nurchaili. “Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Digital Perangkat Pembelajaran Guru 4.0.†Madaris: Jurnal Guru Inovatif , Volume 1, Nomor 1, hal: 12-23. (2020).
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group, 2006.
Saddhono, K. Manajemen kelas multikultural dalam pembelajaran Bahasa Indonresia bagi Penutur Asing (BIPA) di Indonesia. In Conference on Language and Language Teaching (pp. 561-567), 2017.
Septriani , H. Pemanfaatan Media Digital G Suite Untuk Pendidikan dalam Pembelajaran BIPA Jarak Jauh di University Of Vienna. Jurnal Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (JBIPA), 3(1), 70–77. (2021).
Suyitno, I. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) Berdasarkan Hasil Analisis Kebutuhan Belajar. Wacana Journal, 9 (1), pp. 62-78. (2007).
Suyitno, I., Susanto, G., Kamal, M., dan Fawzy, A. Cognitive Learning Strategy of BIPA Students in Learning the Indonesian Language. IAFOR Journal of Language Learning Volume 3–Issue 2–Winter 2017, 175-190. (2017b).
Yusuf, Iyus . “ Capaian Keberhasilan BIPA Meningkatkan Fungsi Bahasa Indonesia di Kancah Dunia â€. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/09/capaian-keberhasilan-bipa-Tingkatkan-fungsi-bahasa-indonesia-di-kancah-dunia . ( Diunduh 29 September 2022), 2021
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).