Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia: Fokus Teks Pidato untuk Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.13390Keywords:
Pengembangan Modul Pembelajaran, Menulis Teks Pidato, Model Pembelajaran Investigasi KelompokAbstract
Abstrak: Dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah bahan ajar yang menarik dan mudah dimengerti bagi siswa, salah bahan ajar yang bisa diciptakan oleh guru seperti benda yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran agar lebih menarik. Pembuatan modul yang inovatif dibutuhkan cara penyusunan yang dapat mengembangkan modul menjadi menarik dan menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk belajar dan menumbuhkan minat siswa dalam belajar. Model pembelajaran investigasi kelompok ini dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir siswa secara mandiri, dan keterlibatan siswa secara aktif mulai dari tahap pertama pada saat proses pembelajaran sampai dengan tahap akhir pros pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan salah satu jenis model pengembangan yakni model Borg and Gall yang dimodifikasi penulis menjadi tujuh tahapan saja dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, dokumentasi, angket/kuisioner dan tes. Hasil dari produk yang dikembangkan “Sangat Layak dan Sangat Menarik” untuk dijadikan bahan ajar, penilaian tersebut dihasilkan berdasarkan validasi produk oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media/desain. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah berhasil menjadi sebuah bahan ajar untuk peserta didik karena modul yang dikembangkan mudah dipahami oleh peserta didik dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis teks pidato.
Downloads
References
Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.
Arsela, Z. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Ulasan Pada Siswa Kela VIII DI SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. 2(2), 163. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10086/
Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Daely, B. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Menyusun Resensi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 304–311.
Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi%0AKUrikulum Merdeka
Sukma, H.H, & Amurdawati. G. (2020). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Local Wisdom pada Materi Menulis Karangan Narasi untuk Siswa SD. Jurnal Kiprah, 8(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.1991
Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Vol. 42171, Issue Agustus). https://www.researchgate.net/profile/HelaluddinHelaluddin/publication/344235495_BOOK-KETERAMPILAN_MENULIS_AKADEMIK/links/5f5f17ae299bf1d43c01d285/BOOK-KETERAMPILAN-MENULIS-AKADEMIK.pdf
Julia, R. I., Nellitawati, N., Dahliana, D., Azima, N. F., & Yumna, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 723–731. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1857
Amil A. J., Setyawan, A., & Dellia, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Negeri Se-Kabupa. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya 5, 50–55. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo
Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model pembelajaran kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.
Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997
Noviyanti, N., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Materi Puisi Menggunakan Model Mind Mapping di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3277–3286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1271
Rizkiani, A., & Rifdah, S. N. R. (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Xi Smk Kebon Jeruk. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 45–54. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.714
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017a). Development of literacy skills based learning modules. Inspirational Education, 6(2), 316–334. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/5763
S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017b). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763
Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R. N. A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Buku-Referensi-Model-Model-Pembelajaran-Inovatif.
Setyono, J. (2019). Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Pidato Persuasif Mengunakan Metode Kolaborasi di SMK Negeri 2 Sragen. Stilistika, 5(1), 47–52.
Sukma, H. H., & Puspita, L. A. (2023). Keterampilan membaca dan menulis: Teori dan praktik. Penerbit K-Media.
Suprihatin, R., Apriliya, S., & Suryana, Y. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Konten Materi Teks Pidato SD dalam Aplikasi Video Pembelajaran. All Rights Reserved, 8(2), 469–483. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Bahri, A., Rahamma, T., & Idkhan, A. M. (2023). Keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra berbasis interaktif. Haura Utama)
Yuniarti, I., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 691–697. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.318.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Mentari Rara Putri, Vebbi Andra, Heny Friantary, Ari Andre Rianyansa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).