Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia: Fokus Teks Pidato untuk Siswa Kelas VIII

Authors

  • Mentari Rara Putri UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Vebbi Andra UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Heny Friantary UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Ari Andre Rianyansa university of Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.13390

Keywords:

Pengembangan Modul Pembelajaran, Menulis Teks Pidato, Model Pembelajaran Investigasi Kelompok

Abstract

Abstrak: Dalam proses pembelajaran diperlukan sebuah bahan ajar yang menarik dan mudah dimengerti bagi siswa, salah bahan ajar yang bisa diciptakan oleh guru seperti benda yang dapat memfasilitasi proses pembelajaran agar lebih menarik. Pembuatan modul yang inovatif dibutuhkan cara penyusunan yang dapat mengembangkan modul menjadi menarik dan menyenangkan sehingga memotivasi siswa untuk belajar dan menumbuhkan minat siswa dalam belajar. Model pembelajaran investigasi kelompok ini dapat digunakan untuk melatih kemampuan berpikir siswa secara mandiri, dan keterlibatan siswa secara aktif mulai dari tahap pertama pada saat proses pembelajaran sampai dengan tahap akhir pros pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan salah satu jenis model pengembangan yakni model Borg and Gall yang dimodifikasi penulis menjadi tujuh tahapan saja dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, dokumentasi, angket/kuisioner dan tes. Hasil dari produk yang dikembangkan “Sangat Layak dan Sangat Menarik” untuk dijadikan bahan ajar, penilaian tersebut dihasilkan berdasarkan validasi produk oleh ahli materi, ahli bahasa dan ahli media/desain. Hal ini menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah berhasil menjadi sebuah bahan ajar untuk peserta didik karena modul yang dikembangkan mudah dipahami oleh peserta didik dalam kegiatan belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi menulis teks pidato.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sahir, S. H. (2021). Metodologi penelitian. Penerbit KBM Indonesia.

Arsela, Z. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Teks Ulasan Pada Siswa Kela VIII DI SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. 2(2), 163. http://repository.iainbengkulu.ac.id/10086/

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Daely, B. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Materi Menyusun Resensi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 8(2), 304–311.

Fadly, W. (2022). Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi Kurikulum Merdeka. Model-Model Pembelajaran untuk Implementasi%0AKUrikulum Merdeka

Sukma, H.H, & Amurdawati. G. (2020). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Local Wisdom pada Materi Menulis Karangan Narasi untuk Siswa SD. Jurnal Kiprah, 8(2), 143–150. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.1991

Helaluddin, & Awalludin. (2020). Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi (Vol. 42171, Issue Agustus). https://www.researchgate.net/profile/HelaluddinHelaluddin/publication/344235495_BOOK-KETERAMPILAN_MENULIS_AKADEMIK/links/5f5f17ae299bf1d43c01d285/BOOK-KETERAMPILAN-MENULIS-AKADEMIK.pdf

Julia, R. I., Nellitawati, N., Dahliana, D., Azima, N. F., & Yumna, Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 723–731. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1857

Amil A. J., Setyawan, A., & Dellia, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Negeri Se-Kabupa. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya 5, 50–55. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo

Simamora, A. B., Panjaitan, M. B., Manalu, A., Siagian, A. F., Simanjuntak, T. A., Silitonga, I. D. B., Siahaan, A. L., Manihuruk, L. M. E., Silaban, W., & Sibarani, I. (2024). Model pembelajaran kooperatif. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Noviyanti, N., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Materi Puisi Menggunakan Model Mind Mapping di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3277–3286. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1271

Rizkiani, A., & Rifdah, S. N. R. (2022). Pengaruh Media Video Terhadap Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas Xi Smk Kebon Jeruk. METAMORFOSIS | Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(1), 45–54. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i1.714

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017a). Development of literacy skills based learning modules. Inspirational Education, 6(2), 316–334. https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/5763

S.Sirate, S. F., & Ramadhana, R. (2017b). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Keterampilan Literasi. Inspiratif Pendidikan, 6(2), 316. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5763

Salamun, Widyastuti, A., Syawaluddin, Iwan, R. N. A., Simarmata, J., Simarmata, E. J., Suleman, Y. N., Lotulung, C., & Arief, M. H. (2023). Buku-Referensi-Model-Model-Pembelajaran-Inovatif.

Setyono, J. (2019). Pembelajaran Keterampilan Menulis Naskah Pidato Persuasif Mengunakan Metode Kolaborasi di SMK Negeri 2 Sragen. Stilistika, 5(1), 47–52.

Sukma, H. H., & Puspita, L. A. (2023). Keterampilan membaca dan menulis: Teori dan praktik. Penerbit K-Media.

Suprihatin, R., Apriliya, S., & Suryana, Y. (2021). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Analisis Konten Materi Teks Pidato SD dalam Aplikasi Video Pembelajaran. All Rights Reserved, 8(2), 469–483. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Bahri, A., Rahamma, T., & Idkhan, A. M. (2023). Keterampilan berbahasa dan apresiasi sastra berbasis interaktif. Haura Utama)

Yuniarti, I., Karma, I. N., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 691–697. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i4.318.

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Mentari Rara Putri, Vebbi Andra, Heny Friantary, & Ari Andre Rianyansa. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia: Fokus Teks Pidato untuk Siswa Kelas VIII. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(1), 197–222. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.13390

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.