Strategi Kesantunan Tuturan Interogatif Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN Ambon

Authors

  • Firman Wally Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Imam Suyitno Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Gatut Susanto Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13891

Keywords:

Strategi kesantunan, interogatif, pembelajaran, MAN Ambon

Abstract

Belum banyak studi yang secara spesifik menelaah strategi kesantunan dalam tuturan interogatif, padahal tuturan ini sering muncul dalam proses pembelajaran sebagai bagian dari interaksi aktif siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan strategi kesantunan tuturan interogatif siswa dalam interaksi pembelajaran bahasa Indonesia di MAN Ambon. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat yang mencerminkan strategi kesantunan tuturan interogatif siswa dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X MAN Ambon. Sumber data dalam penilitian ini diperoleh dari hasil perekaman dan catatan lapangan tentang interaksi siswa dengan guru maupun antara sesama siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas X MAN Ambon. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara  perekaman, elisitasi data, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kesantunan tuturan interogatif yang digunakan siswa dalam interaksi pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN Ambon terdiri atas empat jenis yaitu strategi terus terang, strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, dan strategi tidak langsung. Keempat strategi ini menunjukkan bahwa siswa berusaha menjaga kesantunan dan keharmonisan dalam berkomunikasi saat belajar di kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhari, S., Yendra, & Sesmiyanti, S. (2022). Positive Politeness Strategies In Classroom Interaction at EFL Class. Journal of Language, Literature, and English Teaching (JULIET), 3(2), 43–55. https://doi.org/10.31629/juliet.v3i2.4172

Aprika, Y., Siti Rukiyah, & Achmad Wahidy. (2022). BENTUK DAN JENIS TINDAK TUTUR BAHASA DALAM KOMUNIKASI SISWA SMP NEGERI 4 PENUKAL UTARA KABUPATEN PALI. Bahtera Indonesia; Jurnal Penelitian Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2), 476–485. https://doi.org/10.31943/bi.v7i2.263

Aulia Febriani, Aidil Syah Putra, & Fauzan Rofiqi. (2024). A Pragmatics Analysis of Positive Politeness Strategies on Nwal Hadaki Speech in TED TALKS. Pubmedia Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 1(4), 8. https://doi.org/10.47134/jpbi.v1i4.779

Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness Some Universals in Language Usage. Cambridge University Press.

Chaer, Abdul. (2010). Kesantunan Berbahasa. PT. Rineka Cipta.

Damayanti, A., & Mubarak, Z. H. (2021). POSITIVE POLITENESS IN “OPRAH’S 2020 VISION TOUR” HOW REASONS AND FACTORS INFLUENCED THE CHOOSING OF STRATEGY. JURNAL BASIS, 8(1), 13–22. https://doi.org/10.33884/basisupb.v8i1.2790

Dewi, R., Suwandi, S., & Sulistyo, E. T. (2019). Kesantunan Berbahasa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Bilingual Politeness in Indonesian Language Class at Bilingual High School. Madah: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 10(1), 19–36. https://doi.org/10.26499/madah.v10i1.823

Faulu, F. B. (2024). KESANTUNAN BERBAHASA SISWA KELAS XI IPA-1 SMA NEGERI 1 AMANDRAYA. FAGURU: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Keguruan, 3(2), 45–60. https://doi.org/https://doi.org/10.57094/faguru.v3i2.1264

Febriyani, N. P. W., Sutjiati Beratha, N. L., & Sukarini, N. W. (2023). Positive Politeness Strategy in the Conversation of “Me Before You” Movie. Stilistika : Journal of Indonesian Language and Literature, 2(2), 81. https://doi.org/10.24843/STIL.2023.v02.i02.p08

Ghufron, W., & Sudaryanto, S. (2022). Kalimat Retoris dalam Rubrik “Tajuk” Majalah Suara Muhammadiyah. Kode : Jurnal Bahasa, 11(1). https://doi.org/10.24114/kjb.v11i1.33497

Ginting, K. L. V. B., & Pasaribu, A. N. (2023). Politeness Strategies in Classroom Interaction between Teacher and Students and among Students at Senior High School. IDEAS: Journal on English Language Teaching and Learning, Linguistics and Literature, 11(1), 289–297. https://doi.org/10.24256/ideas.v11i1.3799

Gunawan, F. (2017). Representasi Kesantunan Brown dan Levinson dalam Wacana Akademik. Jurnal-El Badan Bahasa , 1(10), 16–27. https://doi.org/https://doi.org/10.26499/JK.V10I1.309

Hidayat, R., & Pangesti, H. W. (2024). Motivasi Keakraban dalam Pelanggaran Kesopanan Pada Iklan Sampo Head and Shoulders: Kajian Pragmatik. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 7(1), 87–108. https://doi.org/10.29240/estetik.v7i1.9853

Hikmah, N., Mazhud, N., & Puspitasari, A. (2024). Analisis Kesantunan Berbahasa Siswa Kepada Guru dan Siswa terhadap Siswa dalam Proses Pembelajaran di SMAN 1 Takalar. Journal on Education, 06(03), 17020–17029. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i3.5627

Jauhari, A. (2024). ANALISIS KESANTUNAN BERBAHASA MAHASISWA DI LINGKUNGAN KAMPUS STITNU AL-MAHSUNI LOMBOK TIMUR. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 7(2), 143–160. https://doi.org/10.29240/estetik.v7i2.11204

Juwita Pakri, Azis, & Idawati Garim. (2023). Realisasi Prinsip Kesantunan Berbahasa Siswa Madrasah Aliyah Arifah Gowa Kelas X pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 9(2), 751–759. https://doi.org/10.30605/onoma.v9i2.2509

Kusuma, E. R. (2018). Kesalahan Semantik dalam Tuturan Mahasiswa Asal Thailand. Jurnal Basindo, 2(2).

Lindawati, L. (2022). Fungsi Tutur Kalimat Tanya Bahasa Indonesia. Litera, 2(11). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/ltr.v11i2.1067

Maslucha, S., Wachidaturrohmah, W., & Daulay, I. K. (2024). Politeness Strategies in EFL Classroom Interactions: A Study from a Junior High School in the Southeast Asian Context. ELT Worldwide: Journal of English Language Teaching, 11(2), 461. https://doi.org/10.26858/eltww.v11i2.67024

Munir, M., Anwar, M., & Nuruddin, N. (2021). Strategi Kesantunan Masyarakat Multikultural. SUAR BETANG, 16(1). https://doi.org/10.26499/surbet.v16i1.229

Ningsih, N. A., & Alber, A. (2023). Kesantunan Tuturan Interogatif dalam Talkshow Kick Andy Ketakutan Dibalik Bebasnya Umar Patek. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 89–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i2.70862

Nisa, H. K., Uswati, T. S., & Itaristanti, I. (2020). KESANTUNAN BERBAHASA PADA PERIBAHASA INDONESIA BERMAKNA SINDIRAN: KAJIAN PRAGMATIK. HUMANIKA, 27(1), 44–58. https://doi.org/10.14710/humanika.v27i1.31020

Nisa, K. (2018). Tuturan Ambiguitas Dalam Wacana Humor Waktu Indonesia Bercanda: Kajian Pragmasemantik. Jurnal Bapala, 1(5).

Novriyani. (2024). POLITENESS STRATEGIES USED BY SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS IN LEARNING ENGLISH IN CENTRAL LAMPUNG. Teaching English as Foreign Language, Literature and Linguistics, 4(2), 59–64. https://doi.org/10.33752/teflics.v4i2.7501

Nuramdani, H., Wahyuni, S., & Sutopo, D. (2023). The Use of Politeness Strategies in Online Teacher-Students’ Virtual Classroom Interaction Article Info. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej

Nurmawati, Atmowardoyo, H., & Weda, S. (2019). An Analysis of Positive Politeness Strategies to Promote Effective Interaction in The Classroom. ELS Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 2(2), 171–181. https://doi.org/10.34050/els-jish.v2i2.6340

Nurzafira, I. (2021). Tuturan Pertanyaan guru dalam Interaksi Kelas. Universitas Negeri Malang.

Park, I., & Kline, J. (2020). Incomplete utterances as critical assessments. Discourse Studies, 22(4), 441–459. https://doi.org/10.1177/1461445620914669

Priswantiningtyas, A., & Aulia, H. R. (2022). KESANTUNAN BERBAHASA GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING DI SMK GONDANG. 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24905/sasando.v5i2.183

Santrock, J. W. (2007). Remaja jilid I . Erlangga.

Surjowati, R. (2021). Politeness Strategies used by the Students with Regional Multicultural Background. NOBEL: Journal of Literature and Language Teaching, 12(1), 112–135. https://doi.org/10.15642/nobel.2021.12.1.112-135

Wahyuni, I. T., Gatut Susanto, Martutik, & Roekhan. (2025). Problematika Mahasiswa dalam Berkomunikasi Tulis Kepada Dosen Sebuah Kajian Kesantunan Berbahasa. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(1), 170–183. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.13088

Wardana, S. E. (2024). IMPLIKATUR DAN MAKSUD TUTURAN BERBAHASA JAWA DALAM ANTOLOGI CERKAK SIMBAR MENJANGAN KARYA IMPIAN NOPITASARI. PRASASTI: Journal of Linguistics, 9(1), 91. https://doi.org/10.20961/prasasti.v9i1.71490

Wiranty, W., & Ramaniyar, E. (2023). Strategi Kesantunan Brown and Levinson pada Tindak Tutur Bahasa Melayu Pontianak Kajian Pragmatik. Jurnal Pendidikan Bahasa, 12(1), 248–261. https://doi.org/10.31571/bahasa.v12i1.4739

Zaiim Muhtadi, M., Pratama, H., & Faridi, A. (2022). The Realization of Positive Politeness Strategies on the Tonight Show Starring Jimmy Fallon. EEJ, 12(4), 559–568. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej

Downloads

Published

2025-12-03

How to Cite

Wally, F., Imam Suyitno, & Gatut Susanto. (2025). Strategi Kesantunan Tuturan Interogatif Siswa dalam Interaksi Pembelajaran Bahasa Indonesia di MAN Ambon. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(2), 545–573. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13891

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.