Motivasi Keakraban dalam Pelanggaran Kesopanan Pada Iklan Sampo Head and Shoulders: Kajian Pragmatik

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Gadjah Mada, Indonesia
  • Hestyana Widya Pangesti UIN Sunan Kalijaga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v7i1.9853

Keywords:

Prinsip kesopanan, Pragmatik, Tuturan Iklan Sampo

Abstract

Iklan merupakan sarana promosi produk yang digunakan suatu lembaga untuk memikat minat konsumen. Suatu iklan yang efektif akan memuat tuturan yang sopan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan bentuk, pelanggaran, kepatuhan dan fungsi dalam tuturan iklan sampo Head and Shoulders. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan dari tuturan dalam percakapan antara aktor iklan Joe Taslim dan Fadil Jaidi pada akun youtube@head and shoulders. Tuturan mereka didengarkan, ditranskripsikan, dan kemudian diidentifikasi kata-kata  dan frasa-frasa yang serupa. Setelah diidentifikasi, data yang terkumpul dianalisis dengan pendekatan pragmatik, yaitu prinsip kesopanan Leech. Hasil Penelitian menunju

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ana, M. (2022). Tindak Tutur Ekspresif dalam Podcast Close The Door Deddy Corbuzier Pada Episode “Coba Ibu Jawab JHT Gimana.†ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 5(2), 113. https://doi.org/10.29240/estetik.v5i2.5080

Enggarwati, A., & Utomo, A. P. Y. (2021). Fungsi, Peran, dan Kategori Sintaksis Bahasa Indonesia dalam kalimat Berita dan Kalimat Seruan pada Naskah Pidato Bung Karno 17 Agustus 1945. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 4(1), 37. https://doi.org/10.29240/estetik.v4i1.2209

Ferdiana, M., & Rahman, Y. (2018). Maksim Kesopanan dalam Drama Kabale Und Liebe Karya Friedrich Schiller. Identitaet, 7(4).

Fitriyah, T., & Firdausah, I. (2023). Pemerolehan Sintaksis Pada Anak Usia Dini. LINGUISTIK: Jurnal Bahasa & Sastra, 8(4).

Hakim, B. (2007). Ngobrolin Iklan Yuk!. Yogyakarta; Galang Press.

Hermawan, H., & Hamzah, R. E. (2017). Objektifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi: Analisis Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Jurnal Kajian Media, 1(2). https://doi.org/10.25139/jkm.v1i2.721

Hermawan, N. F. (2015). Bahasa dalam Iklan Layanan Masyarakat. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 3(1).

Kurniawati, W. (2018). LARANGAN MEMBUANG SAMPAH: POTRET BUDAYA MASYARAKAT MELALUI PEMAKAIAN BAHASA INDONESIA DI RUANG PUBLIK. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/10057

Leech, G.. Principles of Pragmatics. (Cambridge; Longman, 1983).

Liliweri, A. (1997). Dasar-Dasar Komunikasi Periklanan. Ultra Aditya Bakti.

Misriani, A. (2019). Campur Kode dan ALih Kode pada Komunikasi Sehari-hari Masyarakat di Sekitar Tahura Bengkulu Tengah. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 2(1), 68. https://doi.org/10.29240/estetik.v2i1.900

Nisa, A. K., & Rahmawati, F. (2022). PRINSIP KERJA SAMA DAN KESOPANAN DALAM NOVEL PERGI KARYA TERELIYE: KAJIAN PRAGMATIK. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 3(01), 45–57. https://doi.org/10.22515/tabasa.v3i01.5371

Putrayasa, & Bagus, I.(2014). Pragmatik. Yogyakarta; Graha Ilmu.

Rohma, W. S. T., & Prihatini, A. (2022). Tuturan Perintah Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Ceramah Plus Tanya Jawab dan Tugas (CPTT) di SD Negeri 01 Maguan. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 5(1), 89. https://doi.org/10.29240/estetik.v5i1.4121

Rohmadi, M., & Wijana, I.(2011). D. P. Analisis Wacana Pragmatik. Surakarta; Yumna Pustaka.

Sukmawati, D. (2020). Penggunaan Gaya Bahasa Pada Iklan Produk Kecantikan Berbahasa Mandarin. Jurnal Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa, 3(2).

Winarsih, & Indrarini, R. (2021). Hubungan Antara Kualitas Produk Islami dan Selebriti Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampo Sunsilk Hijab. REVENUE : Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(2).

Yule, G. (2014). Pragmatik. Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Hidayat, R., & Pangesti, H. W. (2024). Motivasi Keakraban dalam Pelanggaran Kesopanan Pada Iklan Sampo Head and Shoulders: Kajian Pragmatik. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 7(1), 87–108. https://doi.org/10.29240/estetik.v7i1.9853

Issue

Section

Articles

Citation Check