Analisis Kelayakan Buku Tematik Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar (Perspektif Pendidikan Karakter)
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v1i2.635Keywords:
Book Feasibility, Character EducationAbstract
Downloads
References
B, Raharjo S. 2010. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia.†Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol.16 No. 3.
Creswell, John. 2015. Riset Pendidikan Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif, Penj Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Depdiknas. 2003. Undang Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.
Idi, Abdullah. 2017. Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Hamzah dkk. 2018. Pengembangan Kurikulum Rekayasa Pedagogik dalam Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Ibda, Fatimah. 2015. “Perkembangan Kognitif: Teori Jean Peagetâ€, Jurnal Intelektualita, Vol. 3 No. 1. 27-38.
Ilyas, Yunahar. 2007. Kuliah Akhlak. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam UMY.
Inung. 22 Januari 2016. Ajarkan Kekerasan pada Anak, Buku Ini Dilarang Beredar, dari http://poskotanews.com/2016/01/22/ajarkan-kekerasan-pada-anak-buku-ini-dilarang-beredar/ diakses pada tanggal 12 Oktober 2017.
Izfana, Duna & Hisyam. 8 Februari 2012. A Comprehensive Approach in Developing akhlaq, Diambil dari http://search.proquest.com pada tanggal 2 Agustus 2018.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Permendikbud No.8 tahun 2016 Tentang Buku yang Digunakan Oleh satuan Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2018. Kewajiban dan Hakku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koesoema, Doni. 2015. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: PT Kanisius.
Kuswana, Wowo Sunaryo. 2013. Taksonomi Berpikir. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lickona, Thomas. 1992. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
------------------. 2016. Mendidik untuk Membentuk Karakter. cet. V. Penerjemah Jumu Abdu Wamaungo. Jakarta: Bumi Aksara.
LN, Syamsu Yusuf. 2002. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Majid, Abdul & Andayani, Dian. 2011. Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
NHN. 18 Februari 2017. Heboh! Buku ‘Indahnya Negeriku’Terbitan Kemendikbud Mengandung Unsur Pornografi, dari https://www.edunews.id/news/heboh-buku-indahnya-negeriku-terbitan-kemendikbud-mengandung-unsur-pornografi/ diakses pada tanggal 12 Oktober 2018.
Novianto, Anwar & Mustadi, Ali. 2015. “Analisis Buku Teks Muatan Tematik Integratif, Scientific Approach, dan Authentic Assessment Sekolah Dasar.†Jurnal Kependidika, volume 45 Nomor 1 Mei 2015, 1-15.
Peraturan Pemerintah Pendidikan Nasional Nomor 2 Tahun 2008, Tentang Buku, Pasal 1 Ayat 3.
Pusat Kurikulum. 2010. Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Kemendiknas.
Sitepu. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Hendri Guntur & Tarigan, Djago. 2009. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: ANGKASA.
Tim Pengembangan MKDP Kurikulum dan Pembelajaran. 2017. Kurikulum & Pembelajaran. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
Z, Fitri A. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai & Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Zuchdi, Darmiyati. 2011. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Kultur Sekolah. Yogyakarta: UNY Press.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).