Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup

Authors

  • Ummul Khair Siti Partimah Fakar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v2i2.1271

Abstract

This research was conducted to determine the policy of school literacy movement in excellent primary school Aisyiyah Taman Harapan Curup. This research with the theory implementation Eward III namely: communication, resources, commitment, and bureaucracy structure and will describe the supporting and inhibiting factors in implementation the policy of school literacy movement. This research is a descriptive qualitative research which was carried out in a excellent primary school Aisyiyah Taman Harapan Curup in April-Juli 2018. The research subject were vice principal, head of library, and the fourth grade homeroom teacher. Technique collecting data is interview, observation, and documentation. The result of this research are as follows: (1) The policy implementation supported by: (a) implementing agencies communicate through meeting of school element such as management, parents, and teacher. (b) The resources that support this activity such as the potential of teacher funds from parent of the students as soon as goverment and sponsor. (c) commitment from implementing agencies. (d) Bureaucracy structure from part of school. (2) supporting factors in the form of the availability of means to socialize policies, book grant from parents, time and funds, teacher have a passion for learning, while the inhibiting factor teacher must be still reminded related to the policy Standard Operational Procedure and the program that still need to be done each other busy of ustadzah and ustadz which usually  make the literacy process in the library and making wall magazine whic sudden because of limited human resources too. Parent often ignore incoming message via whatsapp need for program development so that it is not monotonous and students become bored.

Keyword: School Literacy Movement, SDUA THC.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi:

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka), h.263.

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya 2002), h. 3.

Sukarman Syarnubi, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Bengkulu: LP2 STAIN CURUP, 2011), h. 29.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015), h. 6.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada Selasa hari 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa enin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa enin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa Senin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa Senin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.

Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2010), h. 28

https://pengertiandefinisi.com/pengertian-analisa-menurut-ahli/, 20 Agustus 2017

Dewi Utama Faizah, et all, Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016), h. 2

Pangesti Wiedarti, at all, Op. Cit., h. 7

Laila Zumrotin, 2017, “Skripsi: Analisis penerapan Gerakan Literasi Sekolah (Kegiatan Membaca) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup, IAIN Rejang Lebong, h. 86

Maryaai, Kun dan Juju Suryawati. 2007. Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Esis.

Downloads

Published

2019-11-30

How to Cite

Siti Partimah Fakar, U. K. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 2(2), 113–138. https://doi.org/10.29240/estetik.v2i2.1271

Issue

Section

Articles

Citation Check