Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Dasar Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v2i2.1271Abstract
This research was conducted to determine the policy of school literacy movement in excellent primary school Aisyiyah Taman Harapan Curup. This research with the theory implementation Eward III namely: communication, resources, commitment, and bureaucracy structure and will describe the supporting and inhibiting factors in implementation the policy of school literacy movement. This research is a descriptive qualitative research which was carried out in a excellent primary school Aisyiyah Taman Harapan Curup in April-Juli 2018. The research subject were vice principal, head of library, and the fourth grade homeroom teacher. Technique collecting data is interview, observation, and documentation. The result of this research are as follows: (1) The policy implementation supported by: (a) implementing agencies communicate through meeting of school element such as management, parents, and teacher. (b) The resources that support this activity such as the potential of teacher funds from parent of the students as soon as goverment and sponsor. (c) commitment from implementing agencies. (d) Bureaucracy structure from part of school. (2) supporting factors in the form of the availability of means to socialize policies, book grant from parents, time and funds, teacher have a passion for learning, while the inhibiting factor teacher must be still reminded related to the policy Standard Operational Procedure and the program that still need to be done each other busy of ustadzah and ustadz which usually make the literacy process in the library and making wall magazine whic sudden because of limited human resources too. Parent often ignore incoming message via whatsapp need for program development so that it is not monotonous and students become bored.
Keyword: School Literacy Movement, SDUA THC.
Downloads
References
Referensi:
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka), h.263.
Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya 2002), h. 3.
Sukarman Syarnubi, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, (Bengkulu: LP2 STAIN CURUP, 2011), h. 29.
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2015), h. 6.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada Selasa hari 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa enin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa enin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa Senin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa Senin 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Enilawati S.Pd.I, wakil kepala sekolah, hari Selasa 8 Mei, pukul 11.30 WIB
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Wawancara dengan ibu Miki Famela S.Pd.I, kepala perpustakaan, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 07.30 WIB.
Wawancara dengan ibu Ani Wahyuni S.Pd.I, wali kelas IV, pada hari Selasa 8 Mei 2018, pukul 09.00 WIB.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka, 2010), h. 28
https://pengertiandefinisi.com/pengertian-analisa-menurut-ahli/, 20 Agustus 2017
Dewi Utama Faizah, et all, Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Dasar, (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016), h. 2
Pangesti Wiedarti, at all, Op. Cit., h. 7
Laila Zumrotin, 2017, “Skripsi: Analisis penerapan Gerakan Literasi Sekolah (Kegiatan Membaca) dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa di SD Unggulan Aisyiyah Taman Harapan Curup, IAIN Rejang Lebong, h. 86
Maryaai, Kun dan Juju Suryawati. 2007. Sosiologi untuk SMA dan MA Kelas XII. Jakarta: Esis.
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).