Kearifan Bayan Budiman Melalui Pembelajaran Bermuatan Konservasi Budaya

Authors

  • Faizal Hadi Nugroho Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Maryaeni Maryaeni Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Roekhan Roekhan Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Martutik Martutik Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13413

Keywords:

Generasi Z, kearifan Bayan Budiman, konservasi budaya Melayu, pembelajaran hikayat

Abstract

Abstrak: Bahasa Indonesia dapat digunakan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan melalui konservasi budaya. Namun, pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan karakteristik peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kearifan Bayan Budiman dan  (2) pembelajaran bermuatan konservasi budaya dan wujud produk konservasi budaya generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, mengumpulkan data melalui observasi praktik pembelajaran, analisis hasil pekerjaan peserta didik, dan studi dokumen. Data dianalisis secara tematik melalui reduksi, kategorisasi, dan interpretasi, lalu disajikan dalam narasi temuan yang diperkuat dengan triangulasi sumber untuk memastikan validitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hikayat Bayan Budiman memiliki kearifan pada nilai budaya, sosial, agama, dan pendidikan. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa wujud konservasi budaya melalui 25 cerpen terintegrasi hikayat dan 8 cerpen secara eksplisit menyebutkan tokoh-tokoh hikayat sebagai bagian cerpen alih wahana. Konservasi budaya peserta didik menunjukkan hal yang positif dengan berbagai strategi seperti integrasi dan eksplisit, tetapi perlu adanya keberlanjutan supaya peserta didik dapat mengonservasi hikayat ke media yang lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriliana, V. A., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teks Dengan Teknologi Animasi Sebagai Internalisasi Nilai-Nilai Religius. Jurnal Onoma Pendidikan Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3180

Agustina, K. R. (2023). Pembelajaran Membandingkan Nilai-Nilai Serta Kebahasaan Teks Hikayat Dan Cerpen Dengan Menggunakan Metode Peta Pikiran Di Kelas X Sma Negeri 1 Baregbeg. Diksatrasia Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 9. https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v7i1.8291

Anifah, R. N., Atmadja, H. T., & Juhadi, J. (2022). Multicultural values in social studies learning using indirect teaching model in Junior High Schools. Journal of Educational Social Studies, 11(1), 28–35. https://doi.org/10.15294/jess.v11i1.54123

Arifah, K. A., & Saputra, M. (2023). Strategi Konservasi Nilai Kearifan Lokal Di Era Modern Oleh Masyarakat Adat Osing Kemiren. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 191–203. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8519

Arifani, F. B., Hendrawati, T., Mattarima, S., Abdul Hak, I., & Mudrikah, A. (2021). Problem of Change dari Perspektif Agama, Filosofis, Psikologis, dan Sosiologi dalam Kepemimpinan Transformasional Pendidikan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(9), 1531–1543. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i9.243

Baried, St. B., Syakir, M., Masjkoer, M., Suratno, S. C., & Sawu. (1985). Memahami Hikayat dalam Sastra Indonesia. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Berliannisa, F. (2023). Penggunaan Media Ajar Video dalam Pembelajaran Teks Hikayat Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 50–55. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.19379

Chong, A. (2018). Ethical Political Economy: Lessons From the Malay World’s Hikayat Abdullah (1849). Asian Journal of Comparative Politics. https://doi.org/10.1177/2057891117749948

Damono, S. D. (2018). Alih wahana. Gramedia Pustaka Utama.

Harjono, H. S., Hariyadi, B., Priyanto, P., & Yugo, P. (2023). Cik Upik Application as Learning Media to Identify and Describe the Hikayat Values. Journal of Education Technology. https://doi.org/10.23887/jet.v7i2.57254

Hasminur, H., Charlina, C., & Sinaga, M. (2024). Efektivitas Penggunaan Video Stop Motion Dalam Menentukan Nilai Sebagai Implementasi Pembelajaran Teks Hikayat. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 112–125. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.3111

Hudaa, S., & Bahtiar, A. (2020). Variasi Bahasa Kaum Milenial: Bentuk Akronim dan Palindrom dalam Media Sosial. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(1), 41. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i1.1470

Isyanto, A. Y., Fatimah, A. T., Thoyyibah, L., & Millah, A. S. (2023). Interdisciplinary perspectives on conservation and culture. Interdisciplinary International Journal of Conservation and Culture, 1(1), 15–30. https://doi.org/10.25157/iijcc.v1i1.3102

Masmuzidin, M. Z., Jiang, J., & Wan, T. (2012). Learning Moral Values Through Virtual Technology: The Development and Evaluation of Malaysian Virtual Folktales- Hikayat Land. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.061

Mathis, J., & Panaou, P. (2022). Exploring Malaysian Culture through the Power of Story. Bookbird: A Journal of International Children’s Literature, 60(2), 1–2. https://doi.org/10.1353/bkb.2022.0020

Morris, E. M., Qargha, G. O., & Winthrop, R. (2023). Elevating the purpose of education to achieve the spirit of SDG 4. International Journal of Educational Development, 103, 102926. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2023.102926

Naufal, H. A. (2021). LITERASI DIGITAL. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32

Nurasiah, D., Khuzaemah, E., & Mulyaningsih, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Berbasis Internet Bagi Siswa Kelas XI. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 3(2), 151. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i2.1756

Oktavia, W. (2020). Transkrip Edisi Kritis Hikayat Bayan Budiman (Br. 115). Human Narratives, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.30998/hn.v2i1.580

Purba, A., & Saragih, A. (2023). Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Bahasa Indonesia Di Era Digital. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety. https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i3.619

Purnamasari, S., & Hanifah, A. N. (2021). Education for sustainable development (ESD) dalam pembelajaran IPA. Jurnal Kajian Pendidikan IPA, 1(2), 69–75. https://doi.org/10.52434/jkpi.v1i2.1281

Purwanto, R. D. (2023). Nilai Moral Dalam Cerita Pendek Hasil Belajar Peserta Didik SMK N 6 Semarang. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 6(1), 33. https://doi.org/10.29240/estetik.v6i1.6864

Rahmat, Puspitasari, A., Masyur, U., & AgusriantoUniversitas. (2024). Penerapan Metode Speed Readingdalam Pembelajaran Membaca untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 3 Takalar. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 7(1), 109–130. https://doi.org/10.29240/estetik.v7i1.10185

Rokhmah, A. I. N., Hermawan, M. A., & Suwandi, S. (2022). Kelayakan Bahan Ajar Cerita Rakyat Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas. Lingua Jurnal Bahasa Dan Sastra. https://doi.org/10.15294/lingua.v18i2.34386

Saefullah, M. I., Wirajaya, A. Y., Costa Jesus, I. D., & Ahmad, W. (2024). Islamic Values and Morality in the Hikayat Nabi Isa Manuscript: A Textual Study. Analisa Journal of Social Science and Religion. https://doi.org/10.18784/analisa.v9i1.2107

Setyawan, A., Syarifudin, A. S., & Akrom, R. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Teks Hikayat Berbasis Ispring untuk Siswa Kelas X SMA. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 5(2), 142. https://doi.org/10.25273/linguista.v5i2.11428

Silvia, E. (2023). Pemanfaatan Media Proprofs sebagai Media Evaluasi Hasil Pembelajaran pada Materi Teks Tanggapan. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 6(1), 67. https://doi.org/10.29240/estetik.v6i1.5905

Susilawati, M., Haruna, M. J., & Suhatmady, B. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Komik Pada Pembelajaran Parafrasa Teks Hikayat Menjadi Cerpen Siswa Kelas X SMAN 10 Samarinda. Diglosia Jurnal Kajian Bahasa Sastra Dan Pengajarannya, 6(2), 597–606. https://doi.org/10.30872/diglosia.v6i2.654

Syam, E., Aris, Q. I., & Sari, Y. R. (2024). Anthropomorphism in the Tale of Bayan Budiman. Linguistica, 13(2), 81. https://doi.org/10.24114/jalu.v13i2.57913

Wahyuni, E. A., & Purnama, A. (2024). Cerita Berbingkai Dalam The Arabian Nights Entertainments dan Hikayat Bayan Budiman. The Gist, 7(2), 28--39. https://doi.org/10.53675/gist.v7i2.269

Wulandari, R., Rijadi, A., & Widjajanti, A. (2020). Kata Arkais pada Hikayat Hang Tuah I dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas X. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.32528/bb.v5i1.2445

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Nugroho, F. H., Maryaeni, M., Roekhan, R., & Martutik, M. (2025). Kearifan Bayan Budiman Melalui Pembelajaran Bermuatan Konservasi Budaya. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(2), 425–441. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13413

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.