Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Karya Fiksi pada Siswa Kelas VIII SMP Kota Jambi

Authors

  • Putri Rahayu Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.10112

Keywords:

Influence, Audio Visual Media, Review Text

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual (video animasi cerita rakyat) terhadap kemampuan menulis teks ulasan karya fiksi pada kelas VIII SMP N 11 Kota Jambi. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII I SMP Negeri 11 Kota Jambi tahun ajaran 2023/2024, berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Validitas data yang diterpakan dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik inferensial yaitu untuk menguji keberhasilan dengan hasil belajar sebelum dan hasil belajar sesudah melakukan tindakan dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesisâ€. Hasil penelitian ini adalah pada hasil pretest siswa memperoleh rata-rata 74,83 dan hasil postest siswa memperoleh rata-rata 80,14. Adapun hasil analisis Paired Samples Test (uji t test) hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran menulis teks ulasan karya fiksi) menunjukkan nilai sig (2 tailed) = 0,087 > 0,05 berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan (Penggunaan media audio visual pada pembelajaran menulis teks ulasan karya fiksi siswa kelas VIII SMP N 11 Kota Jambi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hardani, A. N. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Ilmu.

Hutabarat, C. F. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan siswa dengan menggunakan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi menulis teks laporan pengamatan kelas V di MIS Qoriah Fadhillah. repository.uinsu, 14.

Kosasih. (2017). Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTS Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud.

Khotimah, Y. D., & Wini, L. O. (2023). PENGARUH MODEL SINEKTIKA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 12 No. 3.

Sanjaya, W. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta Kencana Pernada Media Gruoup.

Setyonegoro, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Pembelajaran Menulis. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 10 No. 1.

Suryadi, L. S. (2020). Pelaksanaan pembelajaran menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Kota Bengkulu. Jurnal ilmiah KORPUS, 185-186.

Wini, L.O., Atmazaki, A., & Juita, N. (2018). The multimedia development for learning writing. In I. Ifdil, & Z. Ardi (Eds.), Education, Social Sciences and Technology Application in Digital Era (pp. 384-388). Padang: Fakultas Ilmu Pendidikan UNP. https://doi.org/10.29210/2018155

Yustina. (2017). Bahasa Indonesia. Surabaya Intan Pariwara.

Downloads

Published

2025-11-30

How to Cite

Rahayu , P. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Kemampuan Menulis Teks Ulasan Karya Fiksi pada Siswa Kelas VIII SMP Kota Jambi. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(2), 365–378. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.10112

Issue

Section

Articles

Citation Check