Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Perpustakaan Diplomasi Kementerian Luar Negeri RI
DOI:
https://doi.org/10.29240/tik.v8i1.9152Keywords:
Pengembangan, Sumber Daya Manusia, PerpustakaanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Diplomasi serta menganalisis pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Diplomasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara bersama informan secara mendalam, serta triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Evaluasi (PPE) dan 3 orang pegawai Perpustakaan Diplomasi yang telah mengikuti program pengembangan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan metode pengembangan yang dilakukan oleh pegawai Perpustakaan Diplomasi menggunakan metode off the job training dengan cara mengikuti seminar, talkshow, workshop, Diklat yang diselenggarakan oleh Perpusnas, serta kaji banding ke perpustakaan dalam negeri dan luar negeri. Hasil dari pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Diplomasi dapat dikatakan cukup baik karena telah memenuhi 5 dari 10 indikator keberhasilan pengembangan sumber daya manusia, yaitu meningkatnya prestasi pegawai, menurunnya tingkat pemborosan bahan baku, tenaga dan waktu, meningkatnya kerjasama karyawan, meningkatnya prakarsa karyawan dan pengambilan keputusan manajer yang semakin baik
Downloads
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).
Busono, G. A. (2016). Pengaruh sistem pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap kinerja karyawan pt. persada sawit mas (psm) kecamatan pampangan kabupaten ogan komering ilir. MUQTASHID Jurnal Ekonomi Syari’ah, 1(1), 81–114.
Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
Mangundjungi, H., Ismail, I., & Sore, U. B. (2021). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 4(1), 28–35.
Purnamayanti, A., & Setyowati, T. (2022). Strategi Peningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. JEVIEF: Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung, 1(2).
Rusby, Z. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Pers.
Saputro, B. I., & Amir, C. (2018). Kompetensi pustakawan perpustakaan khusus: studi kasus di perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 207–2018.
Solong, H. A. (2020). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Menunjang Kinerja Aparatur Berkualitas. Deepublish.
Terry, G. R., & Rue, L. W. (2019). Dasar-Dasar Manajemen (B. S. Fatmawati, Ed.). Bumi Aksara.
Umam, K., & Atho’illah, Y. (2021). Strategi pengembangan sumber daya manusia karyawan commanditaire vennootschap dalam meningkatkan efektivitas kinerjanya. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(1), 68–83.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).