Layanan Referensi Sebagai Literasi Informasi Bagi Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.29240/tik.v8i1.8737Keywords:
Layanan Referensi, Literasi Informasi, Anak Usia DiniAbstract
Anak usia dini membutuhkan bimbingan dan pendampingan dalam memahami dunia informasi yang semakin kompleks. Dalam dunia perpustakaan layanan yang memiliki peranan penting dalam perpustakaan sebagai penyedia layanan informasi ialah layanan referensi. Pentingnya literasi informasi menjadi sorotan utama dalam konteks pelayanan referensi, yang mencakup informasi terkait koleksi perpustakaan, layanan, dan kegiatan lainnya. Sebagai penyedia layanan informasi, layanan referensi berkaitan dengan literasi informasi bagi setiap kalangan termasuk bagi anak usia dini. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti terkait bagaimana layanan referensi sebagai literasi informasi bagi anak usai dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta membahas layanan referensi sebagai literasi informasi bagi anak usia dini. Metode dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Hasil dari penelitian ini ialah layanan referensi sebagai literasi informasi bagi anak usia dini bertujuan untuk membimbing anak-anak dalam memahami, menggunakan, dan mencari, dan mengevaluasi informasi secara efektif. Bimbingan langsung yang diberikan oleh pustakawan kepada anak bertujuan untuk membimbing mereka secara langsung dalam mencari informasi, memanfaatkan koleksi buku secara efektif, dan merespons pertanyaan yang diajukan oleh anak.
Downloads
References
Aulinda, I. F. (2020). Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Di Era Digital. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 88. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15550
Az-Zahra, A. A. (2022). Pelayanan Perpustakaan Untuk Anak Usia Dini Dalam Google Schoolar: Sebuah Narrative Literatur Review. LIBRIA, 14(2).
Batubara, A. K. (2014). Literasi Informasi Di Perpustakaan. Jurnal Iqra, 08(01), 14–22.
Fitirani, L., & Harjanty, R. (2023). Peran Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat BAca Anak Usia Dini. 4(2), 163–177.
Gusriani, M., & Masruri, A. (2023). Keterampilan Literasi Informasi di Era Digital Berdasarkan Model The Big 6. Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 7(1), 61. https://doi.org/10.29240/tik.v7i1.6128
Harefa, H. S., Sari, S. N., & Hia, N. (2022). Sosialisasi Literasi Informasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Baca Di Kalangan Anak-Anak Pada Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) Literasi Informasi. Abdimas Mutiara, 3(1), 181–187.
Husna, H., & Rahmah, E. (2015). Evaluasi Layanan Referensi Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi. Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 4(1), 101.
Igwebuike, E. U., Agbo, A. D., & Echezona, N. P. (2019). Developing Effective Library Services for Children and Young People in Public Libraries: A Structured Review. Information Impact: Journal of Information and Knowledge Management, 9(4), 14. https://doi.org/10.4314/iijikm.v9i4.2
Melfan, S. N., & Batubara, A. K. (2023). Efektivitas Program Kegiatan Layanan Anak di Perpustakaan Daerah Kabupaten Deli Serdang. Mudir: Jurnal Manajemen …, 5(Arista 2019). https://www.ejournal.insud.ac.id/index.php/MPI/article/view/32
Mustofa, M. (2015). Pentingnya Literasi Informasi Bagi Anak. In Buletin SITER. http://repository.isi-ska.ac.id/3169/
Novrani, A., Caturwulandari, De., Purwestri, D., Annisa, E., & Faridah, I. (2021). Pengembangan Literasi untuk Anak Usia 5-6 Tahun. Buku Saku, 64. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220709_130107.pdf
Perpustakaan Universitas Brawijaya. (n.d.). Belajar dari Sumber Terpercaya: Membantu Anak-anak Mengembangkan Literasi Informasi yang Kuat. Retrieved October 17, 2023, from https://lib.ub.ac.id/news/belajar-dari-sumber-terpercaya-membantu-anak-anak-mengembangkan-literasi-informasi-yang-kuat/
Prasetyawan, Y. Y. (2018). Menyoal Pentingnya Layanan Informasi dan Referensi di Perguruan Tinggi Indonesia. Anuva, 2(4), 393. https://doi.org/10.14710/anuva.2.4.393-398
Putra, I. P., & Irawati, I. (2018). Layanan referensi sebagai representasi perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(1), 77. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i1.13464
Putra, P., & Oktaria, R. (2020). Urgensi Mengembangkan Literasi Informasi dan Literasi Budaya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 2(1), 134–146. https://doi.org/Prefix 10.23960
Riady, Y. (2013). Literasi Informasi Sejak Dini Pengetahuan Baru Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 8(2), 159–165.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53.
Silalahi, K. D., & Primadesi, Y. (2014). Tinjauan Layanan Anak Di Badan Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sumatera Barat. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 3(1), 159–164.
Wahyuni, N. C. (2016). Panduan Program Literasi Informasi Perpustakaan. TOT Literasi Informasi, November, 1–9. https://www.researchgate.net/publication/310799828
Widyawan, R. (n.d.). Pelayanan Referensi, Bimbingan Pemustaka, dan Literasi Informasi (LI) - Website UPT Perpustakaan dan Percetakan. Retrieved October 17, 2023, from https://digilib.undip.ac.id/2012/05/11/pelayanan-referensi-bimbingan-pemustaka-dan-literasi-informasi-li/
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).