Membangun Keterampilan Interpersonal Pustakawan
DOI:
https://doi.org/10.29240/tik.v8i1.8645Keywords:
keterampilan interpersonal, pustakawan, komunikasiAbstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui aspek-aspek keterampilan interpersonal bagi pustakawan dan bagaimana caranya membangun keterampilan interpersonal yang baik. Sementara keterampilan interpersonal merupakan kemampuan berinteraksi secara efektif dan efisien. Oleh karena itu keterampilan interpersonal mutlak dibutuhkan oleh setiap individu dalam menjalani kehidupan, terlebih di dunia akademik dan pekerjaan. Salah satu profesi yang sering berhadapan dengan orang lain adalah pustakawan. Untuk itu pustakawan harus membekali dirinya dengan keterampilan interpersonal meliputi keterampilan berkomunikasi, kecerdasan emosional, kerja tim, negoisasi, resolusi konflik dan mediasi, pemecahan masalah serta pengambilan keputusan. Pada dasarnya setiap individu terlahir dengan keterampilan interpersonal dan hal ini dapat dikembangkan dengan cara menjadi pendengar yang aktif, menghargai orang lain, senantiasa tersenyum, dll.
Downloads
References
Bariyyah, K. (2021). Problem Solving Skills: Esssential Skills Challenges for the 21st Century Graduates. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(1), 71. https://doi.org/10.29210/120212843
Chebet, W. T., Phil, M., Rotich, J. K., & Kurgat, A. (2015). Negotiation Skills: Keys to Business Excellence in the 21st Century? European Journal of Research and Reflection in Management Sciences, 3(3), 23–31.
Ekotama, S. (2018). I Want You: 8 Interpersonal Skills Karyawan yang Dibutuhkan Big Boss. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Fahri, L. M. (2021). Mediator dan Peranannya dalam Resolusi Konflik. PENSA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 114–125.
Goleman, D. (2006). Emotional Intelligence (10th ed.). New York: Bantam Dell.
Hapsari, A., & Christiani, L. (2016). Kompetensi Keterampilan Interpersonal Pustakawan Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 5(1). Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/15298
Hayes, J. (2005). Interpersonal Skills at Work. In Taylor & Francis (United Kin). East Sussex: Taylor & Francis. https://doi.org/10.1049/et.2009.0803
Herwanto, E. (n.d.). Meningkatkan Profesionalisme Pustakawan dalam Layanan Informasi Ilmiah Terhadap Kinerja Pustakawan Perpustakaan. Retrieved November 6, 2022, from unja.ac.id website: https://www.unja.ac.id/meningkatkan-profesionalisme-pustakawan-dalam-layanan-informasi-ilmiah-terhadap-kinerja-pustakawan-perpustakaan/
Idrus, M. (2009). Kompetensi Interpersonal Mahasiswa. UNISIA, 32(72), 171–184. https://doi.org/10.20885/unisia.vol32.iss72.art5
Juhrodin, U. (2020). Interpersonal Skill. Retrieved from https://www.academia.edu/43889599/INTERPERSONAL_SKILL
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Retrieved from https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Koprowska, J. (2008). Communication and Interpersonal Skills in Social Work. In Learning Matters. Glasgow: Learning Matters. https://doi.org/10.1080/02650533.2021.2000949
Krismayani, I. (2017). Kemampuan Komunikasi Interpersonal Pustakawan (Studi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung). ANUVA, 1(2).
Learn and Grow: How Teamwork Makes the Dream Work. (2022). Retrieved November 6, 2022, from Yale website: https://your.yale.edu/learn-and-grow-how-teamwork-makes-dream-work
Lestari, E. P. (2015). Urgensi Kemampunan Komunikasi Interpersonal Bagi Pustakawan. IAIN Ponorogo, 29–42.
Maxwell, J. (2002). Teamwork Makes the Dream Work. USA: Thomas Nelson.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Monica, A., Ritonga, S., & Suhairi, S. (2021). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Skill terhadap Dunia Kerja. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 1(1), 46–55. https://doi.org/10.56146/dakwatussifa.v1i1.15
Reachivy. (2016). Why Are Interpersonal Skills Important? Reachivy.Com.
Rifauddin, M. (2017). Keterampilan Sosial Pustakawan dalam Memberikan Pelayanan Bermutu di Perpustakaan. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 5(1), 102–112. https://doi.org/10.24252/kah.v2i2a9
Sabee, C. M. (2016). Interpersonal Communication Skill/ Competence. In The Internasional Encyclopedia of Interpersonal Communication. USA: John Wiley & Sons.
Sabnita, N. (2022). Komunikasi Nonverbal. Retrieved November 5, 2022, from Kemenkeu Learning Center website: https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/komunikasi-nonverbal-00d4e693/detail/
Sari, A. W. (2016). Pentingnya Ketrampilan Mendengar dalam Menciptakan Komunikasi yang Efektif. Jurnal EduTech, 2(1).
Selviana, D., Nadjib, M., & Bahfiarti, T. (2017). Kompetensi Komunikasi Interpersonal Pustakawan Dalam Meningkatkan Pelayanan Kepada Pemustaka. Jurnal Komunikasi KAREBA, 6(1), 72–79.
Siregar, F. R. (2020). Pentingnya Pengambilan Keputusan dalam Pemecahan Masalah Asuhan Keperawatan.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwarno, W. (2019). Dekonstruksi Peran Pustakawan. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 3(1), 101. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v3i1.101-111
Teamwork Makes the Dream Work. (2021). Retrieved November 6, 2022, from Collins website: https://www.collinsdictionary.com/submission/23772/teamwork+makes+the+dream+work
ZHANG, L.-N. (2018). Importance of Interpersonal Skills at Work towards Managing People in an Educational Context. MSMI, 54, 29–34. https://doi.org/10.2991/msmi-18.2018.6
Zohar, I. (2015). The Art of Negotiation Leadership Skills Required for Negotiation in Time of Crisis. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 3(4).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).