Inovasi Pembelajaran Teks Deskripsi Menggunakan Media Wordwall pada Era Teknologi Digital
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13707Keywords:
buku panduan, inovasi pembelajaran, pembelajaran digital, teks deskripsi, WordwallAbstract
Pembelajaran teks deskripsi di sekolah masih sering menggunakan metode konvensional yang kurang melibatkan siswa secara aktif dan tidak sesuai dengan karakteristik pembelajaran abad ke-21. Untuk menjawab tantangan tersebut, media digital Wordwall hadir sebagai alternatif yang memungkinkan proses pembelajaran berlangsung lebih interaktif, menyenangkan, dan berbasis teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan media Wordwall dalam pembelajaran teks deskripsi serta mengembangkan inovasi berupa Buku Panduan Penggunaan Wordwall dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia, khususnya materi teks deskripsi, bagi guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan konseptual, melalui studi pustaka terhadap berbagai referensi teoritis dan hasil penelitian sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordwall dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami struktur dan unsur kebahasaan teks deskripsi secara lebih efektif. Produk akhir dari penelitian ini adalah buku panduan praktis yang memuat strategi penerapan Wordwall dalam pembelajaran serta contoh aktivitas edukatif yang siap digunakan di kelas. Buku panduan ini diharapkan dapat membantu guru dalam merancang pembelajaran yang lebih adaptif dan menarik sesuai tuntutan era digital.
Downloads
References
Afriani, M. A., Harjono, H. S., & Rustam, R. (2023). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek pada materi menulis teks deskripsi. Jurnal Basicedu, 7(1), 52–61.
Arsyad, A., & others. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
Faizin, N., Handayani, S., & Umaya, N. M. (2024). Penerapan media Wordwall dalam pembelajaran teks biografi. Jurnal Pembahsi (Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia), 14(2), 186-191. https://doi.org/10.31851/pembahsi.v14i2.16251
Indriani, M. A. (2018). Kelengkapan struktur teks deskripsi siswa. Repositori Unmuh Jember, 1–11.
Intaniasari, Y., Utami, R. D., Purnomo, E., & Aswadi, A. (2022). Menumbuhkan antusiasme belajar melalui media audio visual pada siswa sekolah dasar. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 4(1). https://doi.org/10.23917/bppp.v4i1.19424
Kemendikbudristek BSKAP. (2022). Salinan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendid. In Kemendikbudristek (Nomor 021). Laman litbang.kemdikbud.go.id
Marwan, I., & Solichin, M. B. (2022). Pengembangan Kurikulum Berorientasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Program Studi S1 Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 5(1), 21-42. https://doi.org/10.29240/estetik.v5i1.3934
Minarta, S. M., & Pamungkas, H. P. (2022). Efektivitas Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Man 1 Lamongan. OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, VI(Vol 6 No 2), 189–199. https://doi.org/10.23969/oikos.v6i2.5628
Nurasiah, D., Khuzaemah, E., & Mulyaningsih, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Ceramah Berbasis Internet Bagi Siswa Kelas XI. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 3(2), 151-170. https://doi.org/10.29240/estetik.v3i2.1756
Putra, R. (2020). Efektivitas Wordwall sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Media Pembelajaran, 7(4), 201–215.
Putri, D., Samhati, S., Widodo, M., Ariyani, F., & Rusminto, N. E. (2025). Efektivitas E-LKPD Berdiferensiasi dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Berbasis Project Based pada Siswa Kelas VII SMP. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 8(1), 40-51. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12683
Ramadhani, Y. (2020). Kendala dan Solusi dalam Pemanfaatan Media Digital di Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi, 6(1), 77–89.
Riana, H., Samhati, S., Rusminto, N. E., & Suyanto, E. (2025). Efektivitas penggunaan bahan ajar berdiferensiasi berbasis digital dalam pembelajaran menulis teks pidato persuasif untuk peserta didik kelas VIII SMP: indonesia. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 8(1), 52-68. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12678
Sari, N. (2019). Modul Ajar Berbasis Digital untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Kurikulum dan Pengajaran, 12(2), 150–165.
Suarmini, N. K. (2023). Pemanfaatan Media Wordwall Dalam Pembelajaran Interaktif Bahasa Indonesia Kelas Viii Smp Negeri 1 Tegallalang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 6(2), 328–339.
Sugiyono, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Suryani, W. (2021). Peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi melalui pendekatan saintifik dengan metode mind mapping. Inovasi Pendidikan, 8(1), 128–141.
Trilling, B., & Fadel, C. (2009). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Walidin, W., Saifullah, & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Wijayanti, K. S. ., T. Setyowati, & Wiyaka. (2023). 96. Improving Students’ Vocabulary on Descriptive Text by Using Word Wall Media on Seventh Grade of Junior High School. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 878–888. Retrieved from https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/view/4034
Yulianti, U. H. (2024). Analisis kebutuhan dan perancangan perangkat pembelajaran dgitalisasi bahasa indonesia bagi penutur asing tingkat pemula. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 7(1), 61-86. https://doi.org/10.29240/estetik.v7i1.8473
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Diva Ayu Riskinasih, Dina Nurmalisa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



