A Respons Guru dan Siswa Terhadap Penggunaan Novel Daring dalam Pembelajaran Menulis Teks Drama Pada kelas XI
Pada judul ini menjelaskan tentang respons guru dan siswa terhadap penggunaan Novel Daring dalam pembelajaran menulis teks drama
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12789Keywords:
Respons guru dan siswa, novel daring, menulis teks dramaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respons guru dan siswa terhadap penggunaan novel daring dalam pembelajaran menulis teks drama. Pada sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas sudah diminta untuk membuat naskah drama. Guru dan siswa merasa terbantu dengan adanya novel daring saat ini dikarenakan memudahkan guru dan siswa dalam proses pembelajaran menulis teks drama. Penelitian ini dilakukan di SMAN Colomadu pada kelas 11a, 11b, dan 11c. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 103 siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan efektivitas respons guru dan siswa terhadap penggunaan Novel Daring dalam pembelajaran menulis teks drama pada kelas 11 yang dibuktikan melalui uji reliabilitas dengan nilai sebesar 0,813, sehingga data dinyatakan reliabel. Pada hasil uji normalitas menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,006, sehingga data dinyatakan berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,815 > 0,005, sehingga dinyatakan homogen. Pada tahap terakhir hasil uji hipotesis menunjukkan nilai Asymp.Sig. (2-sided) sebesar 0,000, sehingga hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analiss data, penggunaan Novel Daring yang berupa Wattpad, Webtoon, dan Fizzo Novel efektif dalam pembelajaran menulis teks drama.
Downloads
References
Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022, June). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).
Widyaningsih, L., & Assidik, G. K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa Berbasis Pembelajaran Multimodal di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(2), 2157-2172.
Pratiwi, D. R., Assidik, G. K., & Rahmawati, L. E. (2025). Pembelajaran Keterampilan Membaca Cerpen Profetik Menggunakan Strategi Ganda melalui Bahan Ajar Manual. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 4(1), 61-72.
Sitio, C. E., & Sisilia, N. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS IX DI SMP RIYADLUL MUBTADIIN: PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS IX DI SMP RIYADLUL MUBTADIIN. E-Jurnal Pendidikan Mutiara, 8(2).
Hevryka, H., Sirait, J., & Tambunan, M. A. (2023). Pengaruh Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 7376-7391.
Olang, Y., Suryadi, T., Meo, F. I., & Ignasius, I. (2023). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SEKADAU HULU. Jurnal Kansasi: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra Indonesia, 8(2), 151-161.
Sulastiani, Y., Sholih, S., & Rusdiyani, I. (2023). ANALISIS RESPON GURU DAN SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF APLIKASI TEACHMINT PADA MATERI SISTEM ORGANISASI SEL KELAS VII DI SMPN 5 RANGKASBITUNG DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intructional Research Journal, 10(1).
Ramadani, A. N., Kirana, K. C., Astuti, U., & Marini, A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap dunia pendidikan (studi literatur). Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(6), 749-756.
Cahyaningsih, E., & Assidik, G. K. (2021). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan minat belajar pada materi teks berita. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(1).
Atiah, A. (2021). Penggunaan Media Film Pendek Dalam Keterampilan Menulis Naskah Drama Kelas Xi Ma Al-Ittihad Pedaleman, Serang Tahun Pelajaran 2020/2021 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Janah, M., Prabawa, A. H., Wahyudi, A. B., & Assidik, G. K. (2023, August). Flipbook-Based Digital Teaching Material for Preparation of Creative Writing Fiction at SMP Negeri 1 Tangen. In International Conference on Learning and Advanced Education (ICOLAE 2022) (pp. 1324-1338). Atlantis Press.
Sarmila, B., Madeamin, S., & Herdiana, B. (2022). Peningkatan menulis cerpen melalui aplikasi wattpad pada siswa kelas XI SMA Negeri 3 Luwu Timur. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 2(3), 266-272.
Nurfadli, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Pemanfaatan Aplikasi Fizzo untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tarik Mahasiswa dalam Menulis pada Pembelajaran Abad 21. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1086-1093).
Layinah, S. (2023). Penggunaan Media Wattpad dalam Pembelajaran Daring Menulis Cerita Pendek di Kelas XI IPA SMAN 1 Abiansemal (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).
Indriani, P., Jaja, J., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Utilization of the Wattpad application to improve short story writing skills for students. MEDIASI Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi, 3(3), 323-337.
Haris, M. A., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi fizzo novel untuk meningkatkan keterampilan membaca di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 122-130).
Nurfadli, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Pemanfaatan Aplikasi Fizzo untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tarik Mahasiswa dalam Menulis pada Pembelajaran Abad 21. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1086-1093).
Sari, R. W., Firmansyah, D., & San Fauziya, D. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN WATTPAD TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ULASAN. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(1), 45-66.
Sastromiharjo, A., Cahyani, I., & Evaline, F. P. (2024). MEDIA POWTOON PADA TEKS EKSPLANASI. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 7(1), 19-30.
Hasan, R. (2024). Penerapan Metode Speed Reading dalam Pembelajaran Membaca untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa di SMKN 3 Takalar. ESTETIK: Jurnal Bahasa Indonesia, 7(1), 109-130.
Kastiyawan, M. A., Hudiyono, Y., & Ahmad, M. R. (2017). Pengembangan media Levidio Storyboard dalam pembelajaran menulis teks ulasan film/drama pada siswa kelas XI Smk. CaLLs (Journal of Culture, Arts, Literature, and Linguistics), 3(1), 15-30.
Ningrum, D. M. F., Ristiyani, R., & Roysa, M. (2023). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Menggunakan Aplikasi Wattpad. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(1), 26-32.
Purba, W. R. D. B., & Lubis, M. J. (2023). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Fizzo Novel Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 4 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 3(4), 169-181.
Sri Rahayu, D., & San Fauziya, D. (2020). PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA PADA SMP KELAS VIII MENGGUNAKAN MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE MEDIA KOMIK BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 455-464.
Dewi, C. R. C., & Hasanudin, C. (2023, November). Peran Aplikasi wattpad pada Pembelajaran Menulis Cerpen di Sekolah Menengah Atas. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 153-159).
Rosanti, A. A., & Puspasari, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Visual Novel pada Materi Penyelenggaraan Rapat Teleconference di SMK IPIEMS Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 1444-1457.
Simanjuntak, N., Naibaho, P., & Arif, S. (2021, July). Pemanfaatan wattpad sebagai media pembelajaran menulis cerita pendek. In Prosiding Seminar Nasional PBSI-IV Tahun 2021 Tema: Pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berbasis digital guna mendukung implementasi merdeka belajar (pp. 223-228). FBS Unimed Press.
Ulfaida, N., & Hasanudin, C. (2022, June). Pemanfaatan aplikasi wattpad sebagai penunjang pembelajaran menulis cerpen di SMA untuk mendukung gerakan merdeka belajar. In Prosiding Seminar Nasional (Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri) (Vol. 1, No. 1, pp. 1-9).
Dewi, T. I. A., Triyadi, S., & Setiawan, H. (2022). Penggunaan Media Line Webtoon Dalam Pembelajaran Menulis Teks Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Purwasari. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(1), 100-111.
Darmawanti, A. A. S. (2022). Aplikasi Webtoon sebagai media pembelajaran membaca. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 201-209.
Masrul, H. (2024). PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA KOMIK ONLINE BERBASIS WEBTOON TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMP NEGERI KABUPATEN KUANTAN SINGINGI (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Suhada, D., Fauziyyah, S. G., Kurnia, M. D., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Webtoon untuk Meningkatkan Minat Baca bagi Peserta Didik. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 9-16.
Ramadhani, A. A., & Yunus, A. F. (2021). Pengembangan model pembelajaran menulis teks cerita fantasi berbasis media webtoon. INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 46-51.
Haris, M. A., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan aplikasi fizzo novel untuk meningkatkan keterampilan membaca di SMA. In Prosiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Vol. 2, No. 1, pp. 122-130).
Yusuf, M. (2023). Penggunaan Aplikasi Fizzo Novel Dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Novel Siswa SMA Negeri 1 Caringin Kabupaten Bogor Jawa Barat Tahun Pelajaran 2022/2023 (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah jakarta).
Nurfadli, M., & Hasanudin, C. (2023, November). Pemanfaatan Aplikasi Fizzo untuk Meningkatkan Pemahaman dan Daya Tarik Mahasiswa dalam Menulis pada Pembelajaran Abad 21. In Seminar Nasional Daring Sinergi (Vol. 1, No. 1, pp. 1086-1093).
Andriana, W. D., Ahmadi, A., & Raharjo, R. P. (2024). Pemanfaatan Novel Berbasis Digital Sebagai Tolok Ukur Literasi Siswa SMKN 2 Probolinggo. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 31-43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Niken Dyah Niken Dyah Ayu Ananda, Gallant Karunia Assidik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).