Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Terhadap Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Riza Yana Novita Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Cholifah Tur Rosidah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12717

Keywords:

Bahasa gaul, Media sosial, Pemahaman Bahasa Indonesia, Sekolah Dasar

Abstract

Fokus dari penelitian ini untuk menganalisis penggunaan bahasa gaul dalam media sosial terhadap pemahaman Bahasa Indonesia dikalangan siswa kelas 5 SDN Kenjeran 248 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek 26 siswa kelas 5 SDN Kenjeran 248 Surabaya. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Peneliti menetapkan model etnografi (spradley) sebagai teknik analisis data. Penelitian mengemukakan bahwa penggunaan bahasa gaul di media sosial berdampak signifikan terhadap pemahaman bahasa Indonesia. Bahasa gaul di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan WhatsApp umum di kalangan siswa, memengaruhi pola komunikasi mereka. Meski lebih sering menggunakan bahasa gaul, mereka tetap menyesuaikan bahasa dalam konteks formal di sekolah. Namun, ada dampak negatif seperti menurunnya pemahaman tata bahasa dan pencampuran bahasa formal-informal. Di sisi lain dampak positifnya yaitu peningkatan kreativitas dalam berbahasa dan kemampuan untuk menciptakan variasi dalam komunikasi. Pada penelitian ini ditekankan bahwa guru dan orang memegang peran yang penting dalam memberikan pengawasan kepada siswa dalam menggunakan media sosial. Selain itu,  diperlukan juga  strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman Bahasa Indonesia di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andini, N. (2023). Pengaruh Bahasa Di Media Sosial Terhadap Penggunaan Bahasa Sehari-Hari Pada Remaja. Academia, 1–8.

Antari, L. P. S. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Indonesia. Jurnal Jisipol, 8(1), 92–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.3903959

Cindana, & Sutarini. (2022). Analisis Penggunaan Kosakata Bahasa Indonesia di Kalangan Generasi Alpha. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(3), 43–54. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i3.680

Daniati, N. S., Priyatno, A., & Muhdiyati, I. (2024). Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Moralitas Pada Era Digitalisasi di SDN Caringin 02. Karimah Tauhid, 3(4), 4091–4106. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12812

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Gusnayetti. (2021). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Sosial Review, 3(3), 275–281. https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971

Huberman, & Miles. (2022). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 2, 1–11.

Jadidah, I. T., Canavallia, B. G., Anggraini, E. A., Putri Anjani, A., & Awaliyah, A. N. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengetahuan Kosakata Bahasa Indonesia Dan Kosakata Bahasa Asing Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.62668/jimr.v2i01.635

Jadidah, I. T., Tazkia, N., Agustin, D., Isnaini, F., & Dita, E. N. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Ke Dalam Bahasa Indonesia Dikalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(2), 132–138. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v2i02.409

Juwita, S. R., Minto, D. W., Nugroho, O. F., & Febrianti, N. (2023). Campur Kode Bahasa Gaul Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 157–172. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i2.26670

Nurindah, & Fitri. (2022). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Sekolah Tinggi Ilmu Terbiyah Batu Bara.

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., Ahyar, D. B., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Rosidah, C. H., Azmy, B., & Hanindita, A. M., (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Jejak Publisher. Jawab Barat.

Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.

Saihu, M. (2021). Dampak Negatif Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Peserta Didik. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(2), 418–434.

Triafida, F., Prameswari, C., Rustianik, N., Ila, F. S., Ghozali, T., & Nurhayati, E. (2023). Eksistensi Penggunaan Bahasa Gaul Pada Media Sosial X Yang Mempengaruhi Gaya Bahasa Gen-Z. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6038–6051. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12017

Waafyah, N. W., & Umam, N. K. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Bahasa Komunikasi Anak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 855–863. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3379

Wijaya, H. (2018). Data Analysis Spradley (Etnografi). Research Gate, 1–9.

Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia pada Remaja Milenial. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 39–48. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.75

Downloads

Published

2025-05-02

How to Cite

Riza Yana Novita, & Cholifah Tur Rosidah. (2025). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Terhadap Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(1), 69–85. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12717

Issue

Section

Articles

Citation Check