Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Dalam Media Sosial Terhadap Pemahaman Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v8i1.12717Keywords:
Bahasa gaul, Media sosial, Pemahaman Bahasa Indonesia, Sekolah DasarAbstract
Fokus dari penelitian ini untuk menganalisis penggunaan bahasa gaul dalam media sosial terhadap pemahaman Bahasa Indonesia dikalangan siswa kelas 5 SDN Kenjeran 248 Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek 26 siswa kelas 5 SDN Kenjeran 248 Surabaya. Data dalam penelitian dikumpulkan melalui observasi, angket dan dokumentasi. Peneliti menetapkan model etnografi (spradley) sebagai teknik analisis data. Penelitian mengemukakan bahwa penggunaan bahasa gaul di media sosial berdampak signifikan terhadap pemahaman bahasa Indonesia. Bahasa gaul di media sosial seperti TikTok, Instagram, dan WhatsApp umum di kalangan siswa, memengaruhi pola komunikasi mereka. Meski lebih sering menggunakan bahasa gaul, mereka tetap menyesuaikan bahasa dalam konteks formal di sekolah. Namun, ada dampak negatif seperti menurunnya pemahaman tata bahasa dan pencampuran bahasa formal-informal. Di sisi lain dampak positifnya yaitu peningkatan kreativitas dalam berbahasa dan kemampuan untuk menciptakan variasi dalam komunikasi. Pada penelitian ini ditekankan bahwa guru dan orang memegang peran yang penting dalam memberikan pengawasan kepada siswa dalam menggunakan media sosial. Selain itu, diperlukan juga strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan pemahaman Bahasa Indonesia di era digital.
Downloads
References
Andini, N. (2023). Pengaruh Bahasa Di Media Sosial Terhadap Penggunaan Bahasa Sehari-Hari Pada Remaja. Academia, 1–8.
Antari, L. P. S. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Indonesia. Jurnal Jisipol, 8(1), 92–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.3903959
Cindana, & Sutarini. (2022). Analisis Penggunaan Kosakata Bahasa Indonesia di Kalangan Generasi Alpha. Ability: Journal of Education and Social Analysis, 3(3), 43–54. https://doi.org/10.51178/jesa.v3i3.680
Daniati, N. S., Priyatno, A., & Muhdiyati, I. (2024). Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Moralitas Pada Era Digitalisasi di SDN Caringin 02. Karimah Tauhid, 3(4), 4091–4106. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i4.12812
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Gusnayetti. (2021). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul Di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Ensiklopedia Sosial Review, 3(3), 275–281. https://doi.org/10.33559/esr.v3i3.971
Huberman, & Miles. (2022). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 2, 1–11.
Jadidah, I. T., Canavallia, B. G., Anggraini, E. A., Putri Anjani, A., & Awaliyah, A. N. (2023). Analisis Dampak Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengetahuan Kosakata Bahasa Indonesia Dan Kosakata Bahasa Asing Di Kalangan Siswa Sekolah Dasar. JIMR : Journal Of International Multidisciplinary Research, 2(1), 74–83. https://doi.org/10.62668/jimr.v2i01.635
Jadidah, I. T., Tazkia, N., Agustin, D., Isnaini, F., & Dita, E. N. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Gaul Ke Dalam Bahasa Indonesia Dikalangan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 2(2), 132–138. https://doi.org/10.62668/kapalamada.v2i02.409
Juwita, S. R., Minto, D. W., Nugroho, O. F., & Febrianti, N. (2023). Campur Kode Bahasa Gaul Mahasiswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(2), 157–172. https://doi.org/10.33369/diksa.v8i2.26670
Nurindah, & Fitri. (2022). Analisis Data Penelitian Kualitatif. Sekolah Tinggi Ilmu Terbiyah Batu Bara.
Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Saputra, D. N., Mardianto, D., Hafrida, L., Bano, V. O., Susanto, E. E., Mahardhani, A. J., Amruddin, Alam, M. D. S., Lisya, M., Ahyar, D. B., & Sinthania, D. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.
Rosidah, C. H., Azmy, B., & Hanindita, A. M., (2022). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Jejak Publisher. Jawab Barat.
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18
Safrudin, R., Zulfamanna, Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Kualitatif. Journal Of Social Science Research, 3(2), 1–15.
Saihu, M. (2021). Dampak Negatif Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Peserta Didik. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam, 4(2), 418–434.
Triafida, F., Prameswari, C., Rustianik, N., Ila, F. S., Ghozali, T., & Nurhayati, E. (2023). Eksistensi Penggunaan Bahasa Gaul Pada Media Sosial X Yang Mempengaruhi Gaya Bahasa Gen-Z. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 6038–6051. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.12017
Waafyah, N. W., & Umam, N. K. (2024). Analisis Pengaruh Media Sosial Terhadap Bahasa Komunikasi Anak Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 855–863. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3379
Wijaya, H. (2018). Data Analysis Spradley (Etnografi). Research Gate, 1–9.
Yuliana, Y. (2022). Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia pada Remaja Milenial. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 39–48. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.75
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Riza Yana Novita, Cholifah Tur Rosidah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).