Pengaruh Project Based Learning Berbasis Games Word Search Puzzles terhadap Pemahaman Kosakata Baku dan Motivasi Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Hendra Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Indonesia
  • Euis Eti Rohaeti Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13847

Keywords:

Project Based Learning, Word Search Puzzle, kosakata baku, Motivasi Belajar

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis permainan Word Search Puzzle terhadap pemahaman kosakata baku dan motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Jatiroke I. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Jatiroke I, dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman kosakata baku dan angket motivasi belajar. Analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, uji-t, Mann-Whitney, gain ternormalisasi, serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL berbasis Word Search Puzzle berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman kosakata baku siswa. Motivasi belajar siswa tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan berdasarkan hasil uji regresi linear dengan nilai signifikansi sebesar 0,565. Permainan edukatif seperti Word Search Puzzle mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran, tetapi belum mampu memberikan pengaruh statistik yang kuat terhadap motivasi belajar. Inovasi dalam penelitian ini terletak pada integrasi permainan dalam kerangka pembelajaran berbasis proyek yang menekankan pada kolaborasi, eksplorasi, dan kemandirian siswa. Model ini memberikan alternatif strategi pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mendukung pencapaian kompetensi literasi kosakata baku. Hasil ini dapat dijadikan rujukan bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis proyek yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian lanjutan disarankan agar mengembangkan pendekatan yang mampu mengakomodasi dimensi afektif secara lebih menyeluruh.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, R. N. (2022). Implementasi Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 45–52.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ke-14). Rineka Cipta.

Fadli, A. (2024). Word Search sebagai media inovatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3).

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana University.

Handayani, E. (2020). Project Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jpb.v8i1.28089

Hastuti, W. (2021). Efektivitas media Word Search dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi, 12(3), 210–220. https://doi.org/10.21009/edukasi.v12i3.2147

Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi untuk Guru SD. Kemendikbudristek.

Khafizah, N., & Sitohang, R. (2024). Pengaruh strategi Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4). https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2175

Kurniawati, S. (2019). Motivasi belajar siswa SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 11–19. https://doi.org/10.15294/jpd.v10i1.27329

Lubis, R. (2023). Penerapan Word Search Puzzle untuk meningkatkan literasi siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 14(1), 33–40. https://doi.org/10.14710/jip.v14i1.35021

Nurhayati, D. (2019). Media pembelajaran kreatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didaktika, 7(2), 90–98. https://doi.org/10.23887/didaktika.v7i2.22901

Pramesti, F. (2020). Pengaruh PjBL terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 11(1), 77–83. https://doi.org/10.33369/jp.v11i1.34512

Puri, A. P., & Kristanto, Y. D. (2020). The effects of problem posing learning model on achievement and motivation. International Journal of Language and Education, 2(2). https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9981

Rahayu, A. (2020). Game edukatif untuk pembelajaran kosakata di SD. Jurnal PAUD Terpadu, 5(3), 129–135. https://doi.org/10.31227/osf.io/ytqz9

Rahmawati, E., Suhendi, T., & Hartono, W. (2023). Pengaruh Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4). https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2175

Ramadhani, R. (2020). Efektivitas Project Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 66–74. https://doi.org/10.21831/jipf.v6i2.31031

Serafina, R., & Batubara, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran Word Search Puzzle terhadap kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan.

Setyaningsih, D. (2021). Penggunaan game dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 14–22. https://doi.org/10.31004/innovate.v9i1.1442

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutrisna, A. (2022). Pentingnya penguasaan kosakata baku dalam keterampilan berbahasa siswa. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 17(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/jbs.v17i1.34502

Tarigan, E. F., Siahaan, S., & Siahaan, B. L. (2024). The effect of Word Search Puzzle teaching media to the vocabulary mastery of grade seven students. Innovative Journal of Social Science Research, 4(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11765

Wulandari, E. (2022). Word Search Puzzle dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(1), 135–142. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.37040

Yulianti, N. (2018). Pentingnya penguasaan kosakata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 42–50.

Zainuddin, Z., Chu, S. K. W., Shujahat, M., & Perera, C. J. (2020). The impact of gamification on learning and instruction: A systematic review of empirical evidence. Educational Research Review, 30, 100326. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100326

Downloads

Published

2025-12-02

How to Cite

Hendra, & Euis Eti Rohaeti. (2025). Pengaruh Project Based Learning Berbasis Games Word Search Puzzles terhadap Pemahaman Kosakata Baku dan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia, 8(2), 482–506. https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13847

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.