Pengaruh Project Based Learning Berbasis Games Word Search Puzzles terhadap Pemahaman Kosakata Baku dan Motivasi Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.29240/estetik.v8i2.13847Keywords:
Project Based Learning, Word Search Puzzle, kosakata baku, Motivasi BelajarAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning (PjBL) berbasis permainan Word Search Puzzle terhadap pemahaman kosakata baku dan motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri Jatiroke I. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experimental tipe non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SD Negeri Jatiroke I, dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol, masing-masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen yang digunakan meliputi tes pemahaman kosakata baku dan angket motivasi belajar. Analisis data mencakup uji normalitas, homogenitas, uji-t, Mann-Whitney, gain ternormalisasi, serta uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL berbasis Word Search Puzzle berpengaruh signifikan dalam meningkatkan pemahaman kosakata baku siswa. Motivasi belajar siswa tidak menunjukkan pengaruh yang signifikan berdasarkan hasil uji regresi linear dengan nilai signifikansi sebesar 0,565. Permainan edukatif seperti Word Search Puzzle mendorong keterlibatan siswa dalam pembelajaran, tetapi belum mampu memberikan pengaruh statistik yang kuat terhadap motivasi belajar. Inovasi dalam penelitian ini terletak pada integrasi permainan dalam kerangka pembelajaran berbasis proyek yang menekankan pada kolaborasi, eksplorasi, dan kemandirian siswa. Model ini memberikan alternatif strategi pembelajaran yang menyenangkan sekaligus mendukung pencapaian kompetensi literasi kosakata baku. Hasil ini dapat dijadikan rujukan bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis proyek yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar. Penelitian lanjutan disarankan agar mengembangkan pendekatan yang mampu mengakomodasi dimensi afektif secara lebih menyeluruh.
Downloads
References
Afifah, R. N. (2022). Implementasi Project Based Learning dalam meningkatkan keterampilan abad 21. Jurnal Pendidikan Dasar, 13(2), 45–52.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ke-14). Rineka Cipta.
Fadli, A. (2024). Word Search sebagai media inovatif dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan motivasi. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 6(3).
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Indiana University.
Handayani, E. (2020). Project Based Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jpb.v8i1.28089
Hastuti, W. (2021). Efektivitas media Word Search dalam pembelajaran kosakata Bahasa Indonesia. Jurnal Edukasi, 12(3), 210–220. https://doi.org/10.21009/edukasi.v12i3.2147
Kemendikbudristek. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi untuk Guru SD. Kemendikbudristek.
Khafizah, N., & Sitohang, R. (2024). Pengaruh strategi Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4). https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2175
Kurniawati, S. (2019). Motivasi belajar siswa SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 11–19. https://doi.org/10.15294/jpd.v10i1.27329
Lubis, R. (2023). Penerapan Word Search Puzzle untuk meningkatkan literasi siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 14(1), 33–40. https://doi.org/10.14710/jip.v14i1.35021
Nurhayati, D. (2019). Media pembelajaran kreatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Didaktika, 7(2), 90–98. https://doi.org/10.23887/didaktika.v7i2.22901
Pramesti, F. (2020). Pengaruh PjBL terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan, 11(1), 77–83. https://doi.org/10.33369/jp.v11i1.34512
Puri, A. P., & Kristanto, Y. D. (2020). The effects of problem posing learning model on achievement and motivation. International Journal of Language and Education, 2(2). https://doi.org/10.23917/ijolae.v2i2.9981
Rahayu, A. (2020). Game edukatif untuk pembelajaran kosakata di SD. Jurnal PAUD Terpadu, 5(3), 129–135. https://doi.org/10.31227/osf.io/ytqz9
Rahmawati, E., Suhendi, T., & Hartono, W. (2023). Pengaruh Crossword Puzzle terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(4). https://doi.org/10.54066/jupendis.v2i4.2175
Ramadhani, R. (2020). Efektivitas Project Based Learning dalam meningkatkan pemahaman konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(2), 66–74. https://doi.org/10.21831/jipf.v6i2.31031
Serafina, R., & Batubara, D. (2022). Pengembangan media pembelajaran Word Search Puzzle terhadap kreativitas siswa. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan.
Setyaningsih, D. (2021). Penggunaan game dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 14–22. https://doi.org/10.31004/innovate.v9i1.1442
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sutrisna, A. (2022). Pentingnya penguasaan kosakata baku dalam keterampilan berbahasa siswa. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 17(1), 1–8. https://doi.org/10.15294/jbs.v17i1.34502
Tarigan, E. F., Siahaan, S., & Siahaan, B. L. (2024). The effect of Word Search Puzzle teaching media to the vocabulary mastery of grade seven students. Innovative Journal of Social Science Research, 4(3). https://doi.org/10.31004/innovative.v4i3.11765
Wulandari, E. (2022). Word Search Puzzle dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 41(1), 135–142. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.37040
Yulianti, N. (2018). Pentingnya penguasaan kosakata dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 5(1), 42–50.
Zainuddin, Z., Chu, S. K. W., Shujahat, M., & Perera, C. J. (2020). The impact of gamification on learning and instruction: A systematic review of empirical evidence. Educational Research Review, 30, 100326. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100326
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Hendra, Euis Eti Rohaeti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with ESTETIK : Jurnal Bahasa Indonesia agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).



