Kiprah Muhammadiyah Dalam Pembaharuan Pendidikan dan Sosial Keagamaan di Nusantara: Kajian Terhadap Pemikiran KH. Ahmad Dahlan

Authors

  • Sutarto Sutarto Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Indonesia
  • Dewi Purnama Sari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu, Indonesia, Indonesia
  • Anrial Anrial Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, Bengkulu, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/belajea.v5i1.930

Keywords:

Muhammadiyah, Pembaharuan Pendidikan, Sosial Keagamaan

Abstract

This paper aims to discuss the progress of  Muhammadiyah in the renewal of religious education and socio-religion in the archipelago, which includes the beginning of the renewal of education, philosophy, paradigms and objectives in educational renewal as well as the basic principles and guidelines for the social and religious renewal of Muhammadiyah. The method used is the Resarch library and analyzed with the reflective thinking approach by combining the deductive and inductive approaches. The results of the discussion showed that the concept of educational renewal developed by Muhammadiyah was modern-theocentric, namely modern education based on the divine values. In the socio-religious field Muhammadiyah invites Muslims to always do fastabiqul khairat, which is competing to do good in all aspects of life, both economics, health, congregation and so on.

 


Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Z. Menapaki Distingsi Geneologis Pemikiran Pendidikan (Muhammadiyah Dan Nahdlatul Ulama) Zainal Abidin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Stain) Jurai Siwo Metro. Nizham Journal of Islamic Studies, 4(2), 2015

Abuddin Nata (ed), Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2016.

Afifuddin, Sejarah Pendidikan, Bandung: Prosfect, 2017.

Ahmad Mansur Suryanegara, Api Sejarah, Bandung: Salamadina, 2010.

Alfian, Muhammadiyah dan Agenda Gerakan untuk Indonesia yang Beradab. Jurnal Muhammadiyah Studies, 1(1), 2016.

Arlen, D., Sudjarwo, S., & Sinaga, R. M, “Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan dalam Bidang Sosial dan Pendidikan,†Jurnal Studi Sosial 2(4) (2014).

Azumardi Azra, Pendidikan Islam: Tradisi dan Moderniasai di Tengah Melinim III Jakarta: UIN Press, 2012.

Bandarsyah, D. Dinamika Tajdid Dalam Dakwah Muhammadiyah. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 4(2), 2016

Basinun, B. Modernisasi Pendidikan Islam Di Indonesia: Respon Muhammadiyah Terhadap Model Pendidikan Barat. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 16(2), 2018.

Deliar Noer, Gerakan Moderen Islam di Indonesia 1900-1942 Jakarta: LP3ES, 2014.

Enung Rukiati dan Hikmawati Feti, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Bandung: Pustaka Setia, 2016.

FITRIANAH, S. Kiprah Muhammadiyah Terhadap Pendidikannya Di Gresik Tahun 1926-1942 (Doctoral Dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA). 2015.

Huda, S, “Teologi Mustad’afin di Indonesia: Kajian atas Teologi Muhammadiyah,†TSAQAFAH 7(2) , 2011.

Karel A. Steenbrink, Pesantren, Madrasah, Sekolah: Pendidikan Islam dalam Kurun Moderen, Jakarta: LP3ES, 1994.

Lenggono, W. Lembaga Pendidikan Muhammadiyah (Telaah Pemikiran KH Ahmad Dahlan tentang Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia). Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 19(1), 2018.

M. Dawam Raharjo, Intelektual Intelegensia dan Perilaku Politik Bangsa: Risalah Cendikiawan Muslim, Bandung: Mizan, 2016.

Maunah, H. B. Sejarah pemikiran dan tokoh modernisme Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.

Mayarisa, D. Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Kh. Ahmad Dahlan. Fitra, 2(1). 2018.

Muhammad Syamsu As, Ulama Pembawa Islam di Indonesia dan Sekitarnya Jakarta: Lentera, 2017.

Mustapa, L. “Pembaruan Pendidikan Islam: Studi atas Teologi Sosial Pemikiran KH Ahmad Dahlan. Jurnal Ilmiah AL-Jauhari,†Jurnal Ilmiah AL-Jauhari: Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner 2(1).2017.

Musthafa Kamal Pasha dan Ahmad Adaby Darban, Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam, Yogyakarta: LIPPI UMY, 2002.

Muttaqin, A. Pemikiran pembaharuan Pendidikan Islam: Studi komparasi atas pemikiran KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan, implementasinya dalam Pendidikan Islam di Era Global (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). 2017.

Nuris, A. Ahmad Dahlan Dan Pesantren: Gerakan Pembaharuan Pendidikan, Dakwah, Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Indonesia. Dirosat: Journal of Islamic Studies, 1(2), 2017.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Muhammadiyah (Keputusan Mukhtamar Muhammadiyah ke-44 tahun 2000 di Jakarta, Jakarta: Suara Muhammadiyah, 2012.

Rahem, Z, “Gerakan Progressif Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Menjaga Marwah Pendidikan Keislaman di Nusantara,†Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 9(1). 2017.

Ramayulis, Sejarah Pendidikan Islam: Napaktilas Pembaharuan Konsep, Filsafat dan Metodologi Pendidikan Islam dari Era Nabi SAW sampai Ulama Nusantara, Jakarta: Kalam Mulia, 2016.

Said Tuhuleley (ed), Reformasi Pendidikan Muhammadiyah Suatu Keniscayaan, Yogyakarta: SM, 2016.

Samsul Nizar dan Ramanyulis, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2016.

Slamet Abdullah & Muslich KS, Se-Abad Muhammadiyah, dalam Pergumulan Budaya Nusantara, Yogyakarta: Global Pustaka Utama, 2010.

Stepu, S. B. Pemikiran teologi KH Ahmad Dahlan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). 2016

Susiyani, A. S. Manajemen Boarding School dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal pendidikan madrasah, 2(2), 2017.

Syaifuddin, M. A., Anggraeni, H., Khotimah, P. C., & Mahfud, C.. Sejarah Sosial Pendidikan Islam Modern Di Muhammadiyah. Tadarus, 8(1). 2019

Syarif, U. Gerakan Pembaruan Pendidikan Islam: Studi Komparasi Pergerakan Islam Indonesia Antara Syekh Ahmad Surkatiy dan Kh Ahmad Dahlan. Reflektika, 12(1), 2017.

Yusra, N. Muhammadiyah: Gerakan Pembaharuan Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 4(1), 2018.

Downloads

Published

2020-05-22

Issue

Section

Articles

Citation Check