Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Memanfaatkan Multimedia pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI)

Authors

  • Nurlaili Nurlaili Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Suhirman Suhirman Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia
  • Meri Lestari Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/belajea.v8i1.6808

Keywords:

Differentiated Learning, Multimedia, PAI Learning

Abstract

The purpose of this study is to explain one of the uses of multimedia to support the PAI learning process, so that differentiated learning objectives can be achieved easily. This research uses qualitative types with a descriptive approach, which is a study that intends to understand the phenomenon of what is experienced by the research subject. The subjects in this study were a PAI teacher at SDN 215 North Bengkulu named Heri Budianto, M.Pd and 3 students grade VI named Fitratul Ikhsan, Ekha Diansyah Putra, and Anisa Saputra. The data collection techniques used in this study was interviews, documentation, and observation. The results of this study found that the use of multimedia in PAI learning can help teachers in teaching and better recognize the differences in student characteristics. Thus, students are more active, enjoy learning and can understand learning well and deeply.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, Winda, Hamengkubuwono Hamengkubuwono, و Wandi Syahindra, "Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Umum", At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 18.20 (2020), 112 <https://doi.org/10.47498/tadib.v12i02.365>

Ahmad, Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam (Bandung: Rosdakarya, 2011)

Alfabeta, Penerbit, Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan Penulis Tahun Penerbit ISBN : Munir, 2012

Ambar Sri Lestari, "2013 Vol. 6 No. 2 Juli - Desember PEMBELAJARAN MULTIMEDIA Jurnal Al-Ta’dib", Pembelajaran Multimedia, 6.2 (2013), 84–98

Andini, Dinar Westri, "Differentiated Instruction: Solusi Pembelajaran Dalam Keberagaman Siswa Di Kelas Inklusif", Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2.3 (2022), 340–49 <https://doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.725>

Ardita, Cevina Rinda, Unik Hanifah Salsabila, Alinda Syarofah, Muhammad Syafrizal Pahlevie, و Muhammad Rizky Nur Risam, "Peran Teknologi Pendidikan pada Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19", Lisyabab : Jurnal Studi Islam dan Sosial, 2.2 (2021), 173–84 <https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v2i2.89>

Ayatullah, "Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Madrasah Aliyah Palapa Nusantara", Jurnal Pendidikan dan Sains, 2.2 (2020), 206–29

Berbakat, Anak, Ùˆ Pembelajaran Berdiferensiasi, "PENDEKATAN PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERBAKAT Amin *"

Danuri, Ùˆ Siti Maisaroh, Metodologi penelitian, Samudra Biru, 2019

Dwi Surjono, Herman, Multimedia Embelajaran Nteraktif, 2017

Hartati, Afiatun Sri, "Dinamika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sekolah Dasar", Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 13.1 (2015), 87 <https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i1.323>

Herwina, Wiwin, "Optimalisasi Kebutuhan Murid Dan Hasil Belajar Dengan Pembelajaran Berdiferensiasi", Perspektif Ilmu Pendidikan, 35.2 (2021), 175–82 <https://doi.org/10.21009/pip.352.10>

Jaelani, Ahmad, Hamdan Fauzi, Hety Aisah, Ùˆ Qiqi Yulianti Zaqiyah, "PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PAI DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online)", Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8.1 (2020), 12 <https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.579>

Khoiri, Miftakul, "Strategi Pembelajaran Guru dalam Memenuhi Kebutuhan Belajar Peserta Didik Ditengah Pandemi Covid-19 Di SD Negeri 66 Gantarang Kabupaten Sinjai", Transformatif, 5.1 (2021), 75–94 <https://doi.org/10.23971/tf.v5i1.2773>

Kusuma, Y Y, S Sumianto, و ..., "Pengembangan Model Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Nilai Karakter dalam Kearifan Lokal pada perspektif Pendidikan Global di Sekolah Dasar", Jurnal …, 5 (2023), 2936–41 <http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11446>

Kusumawati, Lilis Diah, NFn Sugito, Ùˆ Ali Mustadi, "Kelayakan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Memotivasi Siswa Belajar Matematika", Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 9.1 (2021), 31 <https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v9n1.p31--51>

Lestari, Sunarsih Puji, Hayatun Nufus, و Ramon Muhandaz, "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Masalah Kontekstual Pada Materi Himpunan untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama", 05.01 (2021), 183–201

Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: Rosdakarya, 2012)

———, Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Bandung: PT Remaja Rosydakarya, 2012)

Manizar, Elly, "Optimalisasi Pendidikan Agama Islam Di Sekolah", Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3.2 (2018), 251 <https://doi.org/10.19109/tadrib.v3i2.1796>

Manurung, Purbatua, "Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19", Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14.1 (2021), 1–12 <https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33>

Marlina, "Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif", 2019, 1–58

Moleong Lexy J., Metodologi penelitian kualitatif (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018)

Muh. Fitrah, Luthfiyah, Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (Jawa Barat: CV Jejak, 2017)

Purba, Mariati, Nina Purnamasari, Sylvia Soetantyo, Irma Rahma Suwarma, Ùˆ Elisabet Indah Susanti, Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ), 2021

Putri, Nency Extise, "Aplikasi Berbasis Multimedia Untuk Pembelajaran Hardware Komputer", Edik Informatika, 1.2 (2017), 70–81 <https://doi.org/10.22202/ei.2015.v1i2.1427>

Ramli, M., "Aplikasi Teknologi Multimedia Dalam Pendidikan", Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah XI Kalimantan, 11.19 (2013), 55–65

Rayandra, Asyhar, Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran (Jakarta: Referensi Jakarta, 2012)

Siswa, Karakter, و S M A Negeri, "SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU TAHUN 2022 e-ISSN: 2829 - 3541", 2022, 105–11

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Bandung: PT Alfabet, 2016)

Sukardi, Metodologi penelitian pendidikan : kompetensi dan praktiknya (Jakarta: Bumi Aksara, 2005)

Sukma Baihaki, Egi, "Islam dalam Merespons Era Digital: Tantangan Menjaga Komunikasi Umat Beragama di Indonesia", Sangkep: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 3.2 (2020), 185–208 <https://doi.org/10.20414/sangkep.v2i2.p-ISSN>

Suwiwa, I G, I W Santyasa, I M Kirna, Undiksha Kurikulum, Pendidikan Jasmani, Rekreasi Penjaskesrek, وآخ., "PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH TEORI DAN PRAKTIK PENCAK SILAT", 4 (2014)

Syaripudin, Ahmad, Abas Asyafah, Ùˆ Udin Supriadi, "Konsep Pendidikan Pada Kisah Nabi Khidir As Dengan Nabi Musa As Dalam Alquran Dan Implikasinya Terhadap Konsep Pendidikan Islam", TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 5.2 (2019), 137 <https://doi.org/10.17509/t.v5i2.16750>

Tohirin, Metode penelitian kualitatif dalam pendidikan dan bimbingan konseling : pendekatan praktis untuk peneliti pemula dan dilengkapi dengan contoh transkrip hasil wawancara serta model penyajian data (Jakarta: Rajawali Pers, 2012)

Tsaniyatus Sa’diyah, "Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami", KASTA : Jurnal Ilmu Sosial, Agama, Budaya dan Terapan, 2.3 (2022), 148–59 <https://doi.org/10.58218/kasta.v2i3.408>

Downloads

Published

2023-08-02

Issue

Section

Articles

Citation Check