Rasch Test for Digital Learning Material Development Based on MOOCS
DOI:
https://doi.org/10.29240/jsmp.v6i1.4621Keywords:
Needs analysis, Digital Teaching Materials, MOOCS, Rasch ModelAbstract
Downloads
References
Bond, T. G., & Fox, C. M. (2007). Applying the Rasch Model : Fundamental Measurement in the Human Sciences Second Edition University of Toledo.
Danni, R., & Tauratiya, T. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Islam IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 17–22. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1191
Fathurrochman, I., Sholeha, F., Dhania, R., & Yanti, Y. F. (2022). Manajemen Madrasah Berbasis Nilai Pesantren Di Mts Alhidayah Muara Telang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1347-1362.
Fathurrochman, I., Adilah, P., Anjriyani, A., & Prasetya, A. Y. (2022). Pengelolaan Manajemen Sekolah Yang Efektif. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1363-1374.
Hardi, R. (2018). P-60 Pendekatan Baru Teknologi Mooc Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Pemrograman A New Approach In Mooc Technology As A Learning Media.
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, 4, 49–54.
Husna, J. (2019). Implementasi MOOCs di Pendidikan Ilmu Perpustakaan dan Informasi (Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 3(3), 247–256. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/anuva
Linacre, J. M. (2011). A User’s guide to WINSTEPS Ministeps; Rasch- model Computer Program. In Program Manual 3.73.
Maqbul, M. (2020). The Role Of The Massive Open Online Course ( Mooc ) In Learning Al-Quran In Indonesia Peran Massive Open Online Course ( Mooc ) Terhadap Pembelajaran Al-Quran Di Indonesia. 239–250.
Napitupulu, D. (2017). Rasch Model Analysis on Acceptance Instrument of Optical Marker for Safe Vehicle Marking. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 19, 37–48.
Nuryanti, S., Masykuri, M., & Susilowati, E. (2018). Analisis Iteman dan model Rasch pada pengembangan instrumen kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah menengah kejuruan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 4(2), 224–233.
Nuryasana, E., & Desiningrum, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Strategi Belajar Mengajar Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(5), 967–974. https://doi.org/10.47492/jip.v1i5.177
Pambudi, M. B., & Wibawa, S. C. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Massive Open Online Courses Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal IT-EDU, 5(1), 294–302.
Risdianto, E., Wachidi, W., Riyanto, R., Alexon, A., Fathurrochman, I., & Kusen, K. (2021). Blended Learning Model Based on Massive Open Online Courses (MOOCs) Assisted by Augmented Reality (BMA) Model as the Electronic Learning Media in the Pandemic Covid-19. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 228–241. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.470
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2019). Bagus-Aplikasi Rasch Model : Pengembangan Instrumen Tes Untuk Mengukur Miskonsepsi Mahasiswa. 2(1), 205–210.
Sumarsono. (2021). Peran Massive Open Online Courses dalam Pendidikan Agama Islam di era digital. 10(1), 1–3. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i1.3451
Sumintono, B. (2014). Model Rasch untuk Penelitian Sosial Kuantitatif. Makalah Kuliah Umum Di Jurusan Statistika, ITS Surabaya, 21 November 2014, November 201, 1–9. https://doi.org/10.1002/rcm.1134
Sumintono, B. dan W. (2015). Aplikasi Permodelan Rasch pada Assessment Pendidikan. (B. Trim (ed.)). Trim Komunikata.
Tyas, E. H., Hamdu, G., & Pranata, O. H. (2020). Analisis Soal Pilihan Ganda dengan Menggunakan Pemodelan RASCH untuk Mengukur Kemampuan Siswa dalam Mengurutkan Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 1–12.
Untary, H., Risdianto, E., & Kusen. (2020). Analisis Data Penelitian dengan Model Rasch dan Winstep. Halaman Moeka.
Usman, U., Azis, F., Wirana, A., & Habibuddin, R. (2017). Perancangan dan Pembuatan Trainer Penyearah Terkendali 3 Fasa. JTT (Jurnal Teknologi Terpadu), 5(1), 26. https://doi.org/10.32487/jtt.v5i1.207
Utami, N., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6300–6306.
Wibisono, S. (2016). Aplikasi Model Rasch Untuk Validasi Fundamentalisme Agama Bagi Responden Muslim. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 5(1), 729–750.