Strategi Pengelolaan Perpustakaan Sekolah dalam Mengembangkan Minat Membaca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3557Keywords:
Management Strategy, School Library, Reading InterestAbstract
Downloads
References
Adithama, Stephanie Pamela, And Martinus Maslim, ‘Pembangunan
Sistem Informasi Perpustakaan Sekolah Dasar Berbasis Web’,
Dinamisia - Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3.2 2019
Anggraeni, Intan, And Desi Nurhikmahyanti, ‘Strategi Kepala Sekolah
Untuk Meningkatkan Gemar Membaca Siswa Di SMP Negeri 2
Balongbendo Sidoarjo’, Inspirasi Manajemen Pendidikan, 4.1 2017
Arikunto, suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Ashim, M. Fauzil. Membuat Anak Gila Membaca, Yogyakarta: Pro-U
Media, 2015.
Bramasta, Dhi, And Dedi Irawan, ‘Persebaran Sarana Dan Prasarana
Perpustakaan Sekolah Dasar Berbasis Sistem Informasi Geografis’,
Khazanah Pendidikan, 11.1 2018
Delvalina, ‘Teknik Dan Strategi Dalam Membangun Dan Meningkatkan
Minat Baca Siswa Di Lingkungan Perpustakaan Sekolah’, Kajian
Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 1.2 2017
Desi Apriyani, Edi Harapan, Hotman, ‘Manajemen Perpustakaan
Sekolah Dasar’, Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi
Pendidikan, 6.1 2021
Elendiana, Magdalena, ‘Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah
Dasar’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2.1 2020
Hartono. Manajemen Perpustakaan Sekolah, Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media, 2020.
Hoiri, W, ‘Pengelolaan Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca
Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Al Falah Desa Malapari Kecamatan
Muara Bulian Kabupaten …’, Jurnal Pendidikan Dosen Dan Guru,
01 2020
Indah Resti Handayani, Nyoman Dantes, I Ketut Gading, ‘Upaya
Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah Melalui Pengolahan
Yang Profesional’, Bisma The Journal Of Counseling, 2.2 2018
Johansyah, Arizal Eka Putra, Anggi Septia Nugroho, ‘Manajemen
Perpustakaan Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik’,
Ta’lim JIAI, 1.2 2019
Kuntarto, Eko, And Sari N, ‘Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan
Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Siswa Sekolah Dasar’,
Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2.2 2017
Muslih, Yuyun Nuriyah, Mungin Eddy Wibowo, And Edy Purwanto,
‘Konseling Behavioral Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku
Dengan Students’ Logbook Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa’, Jurnal Bimbingan Konseling, 6.1 2017
Naruliza, Esty, And Faradillah Sandhy Purwaningsih, ‘Kualitas
Pelayanan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pengunjung
Perpustakaan’, Jemasi: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi,
2 2017
Nurhadi. Teknik Membaca, Jakarta: Bumi Aksara, 2018.
Pawit, M. Yusuf Dan Yaya Suhendar. Pedoman Penyelenggaraan
Perpustakaan Sekolah, Jakarta: Kencana Perdana Media Grup,
Rahmawati, Dhina Cahya Rohim & Septina, ‘Peran Literasi Dalam
Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar’, Kajian
Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6.3 2020
Rodin, Rhoni. Teknologi Informasi Dan Fungsi Kepustakawanan;
Pemikiran Tentang Perpustakaan Dan Kepustakawanan Indonesia,
Yogyakarta: Calpulis, 2017.
Saadati, Baiq Arnika, And Muhamad Sadli, ‘Analisis Pengembangan
Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di
Sekolah Dasar’, Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar,
2 2019
Safitri, Laela, Aji Heru Muslim, And Santhy Hawanti, ‘Pengaruh
Membaca 15 Menit Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar’,
Jurnal Cakrawala Pendas, 5.2 2019
Shintawati, Yanuastrid, ‘Pengaruh Ketersediaan Koleksi Buku
Penunjang Bagi Kebutuhan Belajar Siswa: Studikasus Di
Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri Larangan Tokol 1 Kecamatan
Tlanakan Pamekasan Madura’, Tibanndaru : Jurnal Ilmu Perpustakaan
Dan Informasi, 2.2 2018
Sriwahyuni, Eci, ‘Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Minat
Baca Siswa Melalui Perpustakaan Sekolah’, JMKSP (Jurnal
Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3.2 2018
Suryani, Irma, ‘Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber
Belajar Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2.2
Syahidin, Syahidin, ‘Meningkatkan Minat Membaca Melalui Gerakan
Literasi Sekolah’, ASATIZA: Jurnal Pendidikan, 1.3 2020
Tantri, Ade Asih Susiari, And I Putu Mas Dewantara, ‘Keefektifan
Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat
Baca’, Journal Of Education Research And Evaluation, 1.4 2017
Yunus, dkk. Manajemen Perpustakaan Sekolah; Sebuah Panduan
Pengelolaan Perpustakaan Sekolah, Malang: Madani, 2018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).