Urgensi Pendidikan Humanis Religius Pada Pendidikan Dasar Islam
DOI:
https://doi.org/10.29240/jpd.v3i2.1216Keywords:
Religious humanist, Islamic basic education, Urgency anis Religius, Pendidikan Dasar Islam, UrgensiAbstract
Downloads
References
Al-Qur’an dan Terjemahannya Dilengkapi Kajian Ushul Fighi, (Jakarta: Departemen Agama, 2007).
Al-Abrasyi, M. Athiyah Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj (Jakarta: Bulan Bintang, 1970)
Al-Fandi, Haryanto Desain Pembelajaran yang Demokratis dan Humanis, (Yogyakarta, Ar-Ruzz Media, 2011)
An-Nawawi, Abd. Ar-Rahman Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam dalam Keluarga di Sekolah dan Masyarakat, Terj. Herry Noer Ali (Bandung, Diponegoro, 1989)
Azra, Azumardy Pendidikan Islam: Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, (Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999)
A. Sodiq Hibana, Sutrisno, Pengembangan Pendidikan Humanis Religius di Madrasah, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol. 3 No. 1 Juni 2015
Faisol, Gusdur dan Pendidikan Islam: Upaya Mengembalikan Esensi Pendidikan di Era Global, (Yogyakarta-Ruzz Media, 2011)
Jusuf Mudzakkir, Abdul Mujib, Ilmu Pendidikan Islam: Pengantar ke Arah Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kencana, 2006)
Makin Muh., Baharudin, Pendidikan Humanistik: teori, konsep, dan aplikasi praksis dalam dunia pendidikan, (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2009)
Ma’arif A. Syafi’i, Pendidikan Islam di Indonesia: Antara Cita
Dan Fakta (Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya, 1991)
Mas’ud, Abdurrahman Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam,(Yogyakarta: Gama Media, 2002)
Muhaimin, Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam: Pemberdayaan, Pengembangan Kurikulum, Hingga Redefinisi Islamisasi Pengetahuan, (Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia, 2003)
Muhajir, As’aril Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual (Yogyakarta:Ar-Ruzz Media,2011 )
Nata Abuddin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Gaya Media Pratama, 2005)
Nurjanah Ida, Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam: Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas’ud, Jurnal MISYKAT Vol. 03 No. 01 edisi Juni 2018
Nurkholis, “Reorientasi Dan Implementasi Pendidikan Humanis Religius,†dalam, Ta‟allum, 1 (Juni, 2010)
Rukiyati, Percikan Pemikiran Pendidikan Humanis Religius, Jurnal HUMANIKA: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum Vol. 13 NO. 1 Tahun 2013
Saehuddin, Ahmad Izzan dan Tafsir Pendidikan: Studi Ayat-Ayat Berdimensi Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Aufa Media, 2012)
Sugiharto, Bambang (ed), Humanisme dan Humaniora: Relevansinya bagi Pendidikan, (Yogyakarta: Jala Sutra, 2008)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Ar-Riayah: Jurnal Pendidikan Dasar agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).