Pelayanan Sosial dan Keagamaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan WPKNS ABH di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Curup
DOI:
https://doi.org/10.29240/jbk.v3i1.798Keywords:
WPKNS, Lapas II A Curup, Guidance and CounselingAbstract
The article is the result of actions taken in research to improve the WPKNS ABH. The method used in this paper is descriptive analysis, by presenting the results of the study and analyzing the results obtained in the study. The WPKNS ABH is giving donations to Curup Class II Lapas. By coordinating with the Lapas and Stakeholders, in the form of Islamic material, general education material, soft skills, national knowledge and insights, providing counseling services and holding an Islamic Competition. The results of the study and actions showed the insight, knowledge, skills, values and attitudes of the ABH in Class II A Curup Prison, before and after the action: ABH insights increased by 52.5% from the total score before the action amounted to 28 (35%) increased to a total of 75 (87.5%) after the action. ABH's knowledge increased by 41.25%, the overall total score before carrying out the actions amounted to 62 (38.75%) increased to 128 (80%) after the action. ABH's skills experienced an increase of 52.5% from a total score of 28 (35%) before the action became 75 (87.5%) after the action was taken. The aspect of ABH value increased by 58.75% from the initial total score of 26 (32.5%) to 73 (91.25%) after the action was taken. The attitude aspect of ABH increased by 43.75% from the total score of 35 (43.75%) to 75 (87.5%) after the action was taken.
Downloads
References
Aditia. D. K., & Pujiyono. A. M. (2016). Analisis Yuridis Penjatuhan Sanksi Pidana terhadap anak yang Berkonflik dengan Hukum(Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Tegal No. 32/Pid. Sus-ank/2014/ PN TGL). Diponegoro Law Journal. 5
Anam, Khiyarul. 2014. Meningkatkan Ketrampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-pias kata pada Siswa Kelas I di MI Matholibul Huda Ruwit Wedung Demak Tahun Pelajaran 2014-2015,Skripsi. Fak, Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, IAIN Walisongo.
Aro, S., & Sanur, Y. T. 2013. Sikap Pemuda Terhadap Budaya Daerah Jatilan Di Desa Rejomulyo Lampung Selatan.
Ardiyan, Rendi, “Pengertian Sikap”,Rendi_Ar@yahoo.com, tanggal 25 November 2018
Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo
______. 2015. Media Pembelajaran.Jakarta: Rajawali pers
Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pelajaran. Jakarta: Ciputat Pers
Desi Susanti, dkk. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Video Drama Berbasis Audio Visual Mata Pelajaran IPS Terpadu. Pascasarjana Pendidikan IPS.
Djamil, M. Nasir. 2013. Anak Bukan Untuk di Hukum. Jakarta: Sinar Grafika
Erpan, Erik. 2016. Gambaran Keterampilan Pemasangan Infus pada Perawat Vakasional dan Perawat Profesional Rumah Sakit PKU Muhammaddiyah di Wilayah Yogyakart. Skripsi. Fak. Kedokteran, UMY
Fatah Syukur NC, 2005. Teknologi Pendidikan. Semarang: Rasail
Febry Hizba Ahshaina Suharto, d. ,. (n.d.). Interaksi didalam Keluarga dengan Anak Berhadapan dengan Hukum di Panti Sosial Masurdi Putra Bambu Apus Jakarta. Share Social Work Jurnal, Volume: 5 Nomor: 1, Hal. 35-45.
Fitriani, I. 2014. Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel “Bumi Cinta” Karya Habiburrahman El-Shirazy (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Gay, L. 1983. Educational Research Competencies for Analysis & Application (2nd Edition ed.). Ohio: A Bell & Howell Company.
Gottman, John & Joan DeClaire. 1997. Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional, terj. T. Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1997
Hidayatpulo, Cara memdapatkan Wawasan yang Luas hidayatpulo@gmail.com, tanggal 25 November 2018
http://dosensosiologi.com/macam-macam-nilai diakses tanggal 25 November 2018
http://kerajaan-semut.blogspot.com/2010/04/tinjauan-dan-pengertianpengetahuan-dan.html di akses tanggal 25 November 2018
https://www.matabaraja.com/2017/09/keterampilan.html, diakses pada tanggal 25 November 2018
https://www.matabaraja.com/2017/09/keterampilan.html, diakses pada tanggal 25 November 2018
Indahyani,Fauziyah. 2015. Studi Deskriptif Kuantitatif Pengetahuan Guru Sekolah Dasar Tentang Bullying di Kecamatan Sokaraja Kabupaten Banyumas Skripsi, Fak. Psikologi UMP.
Jatmiko Sidi, Mukminan. Juni 2016. Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil belajar IPS di SMP. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosia, Volume 15. No.1, Hal. 53-72.
Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 Tentang Konvensi Hak Anak.
Khairunissa, Nurul. Wawasan dan Pengetahuan, Nurul Khairunissa@yahoo.com, tanggal 25 November 2018
Kurniawan Rasmen, Anak Yang Berhadapan dengan Hukum diakses pukul 15.00 WIB 15 Oktober 2018
Meilyana Megasari,Nyoman Dewa Rai Asmara Putra. 2017. Tinjauan Yuridis Terkait Faktor dan Upaya Menanggulangi Kenakalan Anak yang Berkonflik dengan Hukum. Universitas Udayana.
Murfiah, U. April 2017. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Pesona Dasar , Vol. 1 No. 5, hal. 57 – 69.
Puspita, Wulan, Macam-macam Keterampilan, Wulanpuspita@gmail.com, tanggal 25 November 2018.
Purwanto, Heri. 1998 Pengantar Perilaku Manusia Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC
Rahmawati, Fitria, 2016, Hubungan Pengetahuan Ibu, Pola Pemberian Makan, dan Pendapatan Keluarga terhadap Status Gizi Balita di Desa Pajerukan Kecamatan Kalibagor, Skripsi, Fak. Ilmu Kesehatan UMP
Rinanto, A. 1982. Peranan Media Audiovisual dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Ruman, Y. S. 2016. Keteraturan Sosial, Norma dan Hukum: Sebuah Penjelasan Sosiologis. PRIORIS, 2(2), 106-116.
Sadirman, Arif. 1996. Media Pembelajaran. Jakarta: RaiawalI Pers
Soetodjo, W. 2006. Hukum Pidana Anak. Bandung: PT. Refika Aditama.
Staf MRPK, Arti Kata Wawasan Makna Pengertian Dan Definisi Dari Wawasan, ddmrpk@gmail.com, 15 November 2018.
Sudjana, Nana. 1978. Media Pengajaran. Surabaya:Pustaka Dua, 1978
______. 1989. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru
Suprijanto. 2005. Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara
Suryoputro, A., Ford, N. J., & Shaluhiyah, Z. 2006. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perilaku Seksual Remaja di Jawa Tengah: Implikasinya terhadap Kebijakan dan Layanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi.Makara Kesehatan, 10(1), 29-40.
Taufik, Imam. 2013. Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Presentasi Belajar Bahasa Arab. Yogyakarta : UIN Sunan Kali Jaga
Tim Pengembang , P. G. S. D 1997. Pembelajaran terpadu d-ii dan s-2 pendidikan dasar . Depatermen Pendidikan dan Kebudayaan
Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP).
Undang-undang Nomor 8 Tahun 1981 Tentang Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP).
Undang-undang Nomor 3 Tahun 1997 Tentang Pengadilan Anak.
Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999 Tentang Hak Asasi Manusia.
Undang-undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Anak.
Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.
Wati. V. A. 2010. Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mata Kuliah Pembelajaran Terpadu. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta
Widodo, S. Januari 2017. Diversi sebagai Bentuk Perlindungan Hak Asasi Anak yang Berhadapan dengan Hukum(Studi di Pengadilan Negeri Purwokerto). Jurnal Kosmik Hukum, Vol. 17 No. 1.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).