Konsep Diri Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling IAIN Bukittinggi

Authors

  • Alfi Rahmi IAIN Bukittinggi, Indonesia
  • Fadhila Yusri IAIN Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jbk.v1i2.327

Abstract

Pada dasarnya setiap individu memiliki konsep tentang dirinya. Konsep diri yang dimiliki oleh masing-masing individu itu berbeda. Konsep yang telah tertanam pada diri individu, akan mempengaruhi individu dalam berbagai aspek dikehidupannya. Konsep diri meliputi yang menyangkut fisik (materi dan bentuk tubuh), maupun psikis (sosial, emosi, moral dan kognitif) yang dimiliki seseorang.Konsep diri juga mempengaruhi individu dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup. Mahasiswa termasuk individu unik yang memiliki konsep diri yang berbeda antara satu dengan lainnya. Konsep diri yang telah tertanam dalam diri individu itulah nantinya yang akan mempengaruhi diri individu, dalam mengambil suatu tindakan untuk menghadapi permasalahannya. Banyak kemungkinan yang akan dilakukan oleh individu dalam menghadapi permasalahanya. Konsep diri akan mempengaruhi tindakan yang dilakukan individu tersebut, apakah tindakan yang berdampak baik maupun sebaliknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Muri Yusuf. 2005. Metodologi Penelitian. Padang: UNP press.

A.Suhaenah Suparno. 2000. Membangun Kompetensi Belajar. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Burns.R.B. 1993. Konsep Diri (Teori, Pengukuran, Perkembangan dan perilaku). (Alih Bahasa: Eddy). Jakarta: Arcan.

Calhoun, James. F dan Acocella, Joan Ross. 1990. Psikologi tentang Penyesuaian dan Hubungan Kemanusiaan (Alih Bahasa: R.S. Satmoko). Semarang: IKIP Semarang Press.

Davidoff, Linda.L. 1991. Psikologi Suatu Pengantar (alih Bahasa: Mari Juniati). Jakarta: Erlangga.

Djaali. 2000. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana UNJ.

Elida Prayitno.2002. Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: UNP Press.

E. Koswara. 1991. Teori-teori Kepribadian. Bandung: Eresco.

Jalaluddin Rahmat. 2001. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

M. Dimyati Mahmud. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

S. Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Wasty Soemanto. 1998. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2017-12-28

Issue

Section

Articles

Citation Check