Penerapan Layanan Konseling Individu Melalui Pendekatan Rational Emotive Therapy Dengan Teknik Dzikir Untuk Mengurangi Perilaku Negative Siswa Broken Home
DOI:
https://doi.org/10.29240/jbk.v9i1.14514Keywords:
Bimbingan dan Konseling Islam, Dzikir, Broken HomeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru bimbingan dan konseling dalam memberikan layanan kepada siswa yang berasal dari keluarga broken home melalui pendekatan Rational Emotive Therapy (RET) yang dipadukan dengan teknik dzikir. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi di MTs Al-Luthfah Cililin. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling memiliki peran strategis dalam membantu siswa broken home melalui layanan konseling individual. Pelaksanaan konseling dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu penggalian informasi, identifikasi dan penyanggahan pikiran-pikiran irasional, pertemuan rutin sesuai jadwal, serta pembiasaan dzikir harian yang terstruktur dengan target tertentu. Pendekatan RET yang dipadukan dengan teknik dzikir terbukti mampu memberikan dampak positif dalam mengurangi perilaku negatif siswa, seperti bolos sekolah, berbohong, dan kurangnya motivasi belajar. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam penanganan masalah emosional dan perilaku siswa broken home di lingkungan sekolah.
Downloads
References
Aggrivta Sisilia Rangga Dewi, M. N. (2019). PENERAPAN KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOUR (REB) UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI POSITIF REMAJA DARI KELUARGA BROKEN HOME DI SMKN 8 SURABAYA. Unesa.
Ahsan, M. N. (2024). ‘Zikir Dan Kesehatan Mental. Seminar Nasional Festival Tafaqquh , 15-29.
Alviansyah Ilhamuddin, d. (2024). Pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy Dalam Konseling Kelompok. . Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi.
Anikoh, I. (2024). Bimbingan Konseling Melalui Pendekatan Rational Emotive Behavioral Terapi Dalam Mengatasi Perilaku Kenakalan Di Pondok Pesantren. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling.
Ariyanto, K. (2023). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Anak. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin,, 15-23.
B. A Nugroho, B. W. (2022). Regulasi Emosi Pada Pengikut Tarekat Syattariyah. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa. .
Dwi Engel, N. Z. (2024). Tinjauan Literatur: Manfaat Dzikir Dalam Regulasi Emosi. . Jurnal Pendidikan Islam Dan Sosial Agama.
Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika.
Firdha Ainil Hakim, N. N. (2024). Pentingnya Konseling Rational Emotive Behavior Dengan Teknik Dispute Kognitif Untuk Mengatasi Kecemasan Pada Remaja. Innovative : Journal Of Social Science Research.
Hamida Dewi Anggraeny, T. A. (2022). Efektivitas Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) Dalam Meningkatkan Regulasi Emosi Peserta Didik. . IDEA: Jurnal Psikologi. .
Hamida Dewi Anggraeny, T. A. (2023). EFEKTIVITAS RATIONAL EMOTIVEBEHAVIOR THERAPY (REBT)DALAM MENINGKATKAN REGULASI EMOSI PESERTA DIDIK. IDEA : Journal of Clinical, Industrial, Social and Educational Psychology.
Hidayah, R. P. (2019). ‘Metode Penelitian Kualitatif. Artikel Ilmiah Mahasiswa.
Jaelani, R. (2024). Terapi Dzikir Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Stantri. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal., 87-95.
Moleong. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo.
Murdiyanto, E. (2020). Sistematika Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Yogyakarta Press.
Mustary, E. (2021). Terapi Relaksasi Dzikir Untuk Mengurangi Depresi. Indonesian Journal of Islamic Counseling.
Rahman Wahid, d. (2022). Dampak Keluarga Broken Home Terhadap Perubahan Kepribadian Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas.
Rahmawati, S. N. (2022). Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy (Rebt) Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Remaja. . Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling,, 28-44.
Rakhmawati, E. (2023). Bimbingan Dan Konseling Dalam Perspektif Pendidikan: Aktualisasi Peran Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Indonesia. . La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam.
Roliyati, S. S. (2022). Dinamika Psikologis Siswa Korban Broken Home Pada Siswa Smk Trisakti Kelas Xi. . Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Pendidikan.
Sukatin, d. (2022). Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Anak Bunarraqa.
Suriati, M. a. (2019). Teori Dan Teknik Bimbingan Dan Konseling. Sulawesi Selatan: CV. Latinulu.
Thalha Anufia, A. B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data. Sorong: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Rita Rismayanti, Isep Zaeanal Arifin, Asep Iwan Setiawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).