Implementasi Bimbingan Karier Islami Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Pengembangan Soft Skills Gen Z

Authors

  • R. Rindoe Devianty Atmaja Kusumah UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Isep Zaeanal Arifin UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Asep Iwan Setiawan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jbk.v9i1.13680

Keywords:

bimbingan, karir, skill

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi bimbingan karier Islami melalui layanan bimbingan kelompok sebagai upaya pengembangan soft skills pada generasi Z. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kebutuhan akan pendekatan bimbingan yang tidak hanya memperhatikan aspek kognitif dan keterampilan teknis, tetapi juga nilai-nilai spiritual dan etika Islami yang relevan dengan karakteristik Gen Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap pelaksanaan bimbingan kelompok di lingkungan pendidikan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Islami dalam bimbingan karier dapat membentuk pola pikir yang lebih holistik, memperkuat karakter, dan meningkatkan keterampilan interpersonal serta komunikasi Gen Z. Bimbingan kelompok menjadi sarana efektif untuk membangun empati, kerja sama, serta kesadaran diri dalam menghadapi tantangan dunia kerja modern. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya pengembangan model bimbingan karier Islami yang sistematis untuk memperkuat kesiapan karier generasi muda secara spiritual dan profesional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baskara. (2002). Penggolongan Soft Skills ke dalam self-awareness, thinking skill, dan social skill.

Bencsik, A. C. (2016). “Y and Z Generations at Workplace. Journal of Competitiveness.

Farzna Zahid Sahito, Z. H. (2025). The Effectiveness of Career Guidance and Counseling Services in Secondary Schools: Evaluating Their Role in Enhancing Student Career Choices and Academic Success. Voyage Journal of Educational Studies (VJES) .

Fathmah, L. W. (2019). Bimbingan Karier Islami. Jakarta: Kencana.

Kadafi, A. (2016). Efektivitas Bimbingan Kelompok Islamiuntuk Meningkatkan Aspirasi Karir Mahasiswa. PSIKOPEDAGOGIA.

Luiz Fernando Capretz, F. A. (2018). A Call to Promote Soft Skills in Software Engineering. Psychology and Cognitive Science.

Maihailaikshmi, K. &. (2013). Soft Skills An Important Key for Employability in the "Shift to a Service Driven Economy" Era. International Journal of e-Education e-Business e-Management and e-Learning.

Pamungkas, B. (2019). Bimbingan dan Konseling: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Purwanto, E. (2024). Edy PurwantoPEMBELIANIPHONEPADAKONSUMENGENERASIZ, PERAN HARGA DAN PENDAPATAN DALAM MEMODERASIPENGARUH GAYA HIDUP TERHADAP KEPUTUSAN. ournal MISSY (Management and Business Strategy).

Ramlall, S. &. (2014). The Value of Soft Skills in the Labor Market 4. International Journal of Management & Business Studies.

Robles, M. M. (2012). Executive Perceptions of the Top 10 Soft Skills Needed in Today’s Workplace. Business Communication Quarterly.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2020). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suyitno. (2020). Tantangan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 78-85.

Downloads

Published

25-05-2025

How to Cite

Atmaja Kusumah, R. R. D., Arifin, I. Z., & Setiawan, A. I. (2025). Implementasi Bimbingan Karier Islami Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Pengembangan Soft Skills Gen Z . Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 9(1), 48–62. https://doi.org/10.29240/jbk.v9i1.13680

Issue

Section

Articles

Citation Check