Peningkatan Motivasi Belajar Tarikh Melalui Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading And Compotition)

Abd. Madjid, Naufal Ahmad Rijalul Alam, Anita Aisah

Abstract


Penelitian ini berawal dari tesis bahwa motivasi belajar Tarikh atau Sejarah Kebudayaan Islam pada siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) terlihat rendah. Hal ini tentu akan berakibat negatif, salah satunya adalah menurunnya rasa apresiasi dan meneladani sejarah tokoh-tokoh Islam. Penelitian ini memiliki tujuan yang meliputi (1) menganalisis peningkatan motivasi belajar Tarikh pada siswa kelas eksperimen sebelum dan sesudah diberikan metode Cooperative Integrated Reading and Compotition (CIRC) ; (2) menganalisis perbedaan motivasi belajar Tarikh pada kontrol dan kelas eksperimen setelah diberikan metode CIRC. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain eksperimen kuasi, untreated control group design pretest and posttest. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji dua hipotesis menggunakan anava campuran atau lebih dikenal dengan Anava Mixed Design. Anava Mixed Design ini memadukan dua sub analisis yaitu Within Subject Test dan Between Subject Test. Within Subject Test merupakan pengujian perbedaan jumlah skor dalam satu kelompok (pretest dan posttest) dan Between Subject Test yaitu pengujian perbedaan skor antar kelompok. Hasil penelitian menjelaskan bahwa; 1) Tidak ada perbedaan motivasi belajar Tarikh yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah perlakuan metode CIRC, 2) Tidak ada perbedaan motivasi belajar Tarikh secara signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol setelah metode CIRC.

Keywords


Motivasi Belajar Tarikh, Metode Kooperatif CIRC, Siswa Mts Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


A. Karim. (2014). Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Metode Pembelajaran Mind Mapping. Quality Journal, 1(2).

Aisah, A. (2013). Penerapan Metode Kooperatif STAD terhadap Motivasi Belajar Bahasa Jawa. Universitas Gadjah Mada.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bakar, R. (2014). The Effect of Learning Motivation on Student’s Productive Competencies in Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, 4(6), 722–732.

Daud, F. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional (EQ) dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA 3 Negeri Kota Palopo. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 19(2), 243–255.

Hamalik, O. (2005). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Hartono. (2011). Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, K. (2010). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Cooperative Learning. MPA. Surabaya.

Ida Ayu Nym. Sri Santini, I Kt. Adnyana Putra, I. G. A. O. N. (2014). PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF CIRC BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PADA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GUGUS II TAMPAKSIRING. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1).

L. Rahmawati, D. (2014). The Effect of CIRC Strategy and Achievement Motivation Toward Student’s Readning Comprehention. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.

McClelland, D. C. (2009). Human Motivation. New York: Cambridge University Press.

Mudjiono dan Dimyati. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delia Press.

Nn. (2010). Manhaj Gerakan Muhammadiyah, Ideologi, Khittah dan Langkah. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah.

Putranto, E. P. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif CIRC Berbantuan Modul untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIA, MTsN 1 Gemolong Tahun Ajaran 2009/2010. Surakarta.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning, Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarna, A. (2013). Pendidikan Tarikh, SMP/MTs Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Supri Yanti, Erlamsyah, Zikra, Z. A. (2013). Hubungan Antara Kecemasan Dalam Belajar Dengan Motivasi Belajar Siswa. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 283–288. https://doi.org/10.24036/02013211242-0-00

Susanto, H. (2009). Implementasi Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Dalam Pembelajaran Matematika ditinjau dari Minat Belajar. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Uno, H. B. (2018). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

William R. Shadish, Thomas D. Cook, D. T. C. (2002). Experimental and Quasi Experimentak Design for Generalized Causal Inference. Boston: Houghton Mifflin Company.

Zarei, A. A. (2012). The Effect of STAD and CIRC on L2 Reading Comprehention and Vocabolary Learning. Fronties of Language and Teaching, 3, 161–173.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v4i2.792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Abd. Madjid, Naufal Ahmad Rijalul Alam, Anita Aisah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats Belajea's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.