The Phenomenon of Online Islamic Boarding School Learning in the Era of the Covid-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.29240/belajea.v6i1.2665Keywords:
Ta’lim online, The Covid-19 Pandemic, Darullughah Wadda’wahAbstract
Downloads
References
Aji, Rizqon Halal Syah. “Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan dan Proses Pembelajaran.†SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 7, no. 5 (2020).
Andri, Sri. “Transformasi Pendidikan di Pesantren Pada Abad 21.†Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 3, no. 2 (Desember 2019).
Anuarsyah. “Strategi Pembentukan Lingkungan Berbahasa Arab dalam Perspektif Behaviorisme.†Tesis, Sekolah Pascasarjana Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, 2017.
Chandra, Pasmah. “Peran Pondok Pesantren Dalam Membentuk Karakter Bangsa Santri Di Era Disrupsi.†Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (30 Desember 2020): 243–62. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1497.
Dewi, Wahyu Aji Fatma. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.†Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (April 2020).
———. “Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar.†Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (29 April 2020): 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89.
Fauziah, Dian. “Sejarah Perkembangan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Raci Bangil Pasuruan Tahun 1981-2017.†Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018.
Firman, Firman. “Dampak Covid-19 Terhadap Pembelajaran Di Perguruan Tinggi.†BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya 2, no. 1 (25 Juni 2020): 14–20.
Firmansyah, Erick, Hangger G. Mawandha, dan M. Prasanto Bimantio. “Pesantren Mandiri Pangan, Program Pelatihan Optimasi Pemanfaatan Lahan Kritis Berbasis Pertanian Terpadu Di Pondok Pesantren Al-Hikmah Gunungkidul.†JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri) 4, no. 5 (16 November 2020): 797–805. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i5.2970.
Fitriani, Atika, dan Eka Yanuarti. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa.†Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (31 Desember 2018): 173–202. https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527.
Fitriyani, Yani, Irfan Fauzi, dan Mia Zultrianti Sari. “Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19.†Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6, no. 2 (4 Juli 2020): 165–75.
Gawami AlKalem V4.5, t.t.
Hambali, Hambali. “Sikap Muslim Terhadap Wabah Covid-19 Dalam Perspektif Maqashid Syari’ah.†Journal of Darussalam Islamic Studies 1, no. 1 (30 Oktober 2020): 1–11. https://doi.org/10.47747/jdis.v1i1.86.
Handayani, Lina. “Keuntungan, Kendala Dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif Di SMPN 3 Bae Kudus.†Journal of Industrial Engineering & Management Research 1, no. 2 (17 Juli 2020): 15–23. https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36.
Herliandry, Luh Devi, Nurhasanah Nurhasanah, Maria Enjelina Suban, dan Heru Kuswanto. “Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19.†JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan 22, no. 1 (30 April 2020): 65–70. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286.
Hidayati, Dewi Arif, H. Husamah, Diani Fatmawati, Fuad Jaya Miharja, dan Ahmad Fauzi. “Pendidikan Lingkungan Di Pondok Pesantren Pada Masa Pandemi Covid 19.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi 0, no. 0 (5 September 2020). http://research-report.umm.ac.id/index.php/psnpb/article/view/3656.
Idrus, Muhammad. “Implementasi Pendidikan Tasawuf di Pondok Pesantren Dalam Upaya Mencegah Praktek Radikalisme Agama: Studi Multi Situs di Pondok Pesantren Darul Ihya’ li Ulumiddin Bangil dan Pondok Pesantren Darullughah Waddawa’wah Bangil Kab. Pasuruan.†Tesis, Sekolah Pascasarjana Uin Maulana Malik Ibrahim Malang, 2019.
Jannah, Uzlifatil. “Penguatan Budaya Organisasi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pesantren (Studi Kasus di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan dan Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah Pasuruan).†Tesis, Pascasarjana Uin Sunan Ampel Surabaya, 2019.
Kahfi, Shofiyullahul, dan Ria Kasanova. “MANAJEMEN PONDOK PESANTREN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro).†Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter 3, no. 1 (28 Agustus 2020): 26–30. https://doi.org/10.31764/pendekar.v3i1.2827.
Marbun, Purim. “Disain Pembelajaran Online Pada Era Dan Pasca Covid-19.†CSRID (Computer Science Research and Its Development Journal) 12, no. 2 (5 Agustus 2020): 129–42. https://doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020.129-142.
Masita, Dewi. “Pesantren Darul Lugho Wa Dakwa (DALWA) dan Struktur Sosial di Era Globalisasi: Studi Analisis Sosiologi Pendidikan Dalwa Bangil Pasuruan.†Al-Ibrah 1, no. 2 (Desember 2016).
Muamanah, Hidayatul, dan Suyadi. “Pelaksanaan Teori Belajar Bermakna David Ausubel Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 1 (22 Mei 2020): 161–80.
Nurdin, Nurdin, dan Laode Anhusadar. “Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (10 Agustus 2020): 686–97. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.699.
“Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah.†Diakses 23 November 2020. http://pp-dalwa.org/id/index.php?prm=ponpes&id=1.
Qotadah, Hudzaifah Achmad. “Covid-19: Tinjauan Maqasid Al-Shariah Terhadap Penangguhan Pelaksanaan Ibadah Shalat Di Tempat Ibadah (Hifdz al-Nafs Lebih Utama Dari Hifdz al-Din?).†SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i 7, no. 7 (25 Mei 2020): 659–72. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15676.
Ratnawati, Siti Rohmaturrosyidah, dan Wilis Werdiningsih. “Pemanfaatan E-Learning Sebagai Inovasi Media Pembelajaran PAI di Era Revolusi Industri 4.0.†Belajea; Jurnal Pendidikan Islam 5, no. 2 (30 Desember 2020): 199–220. https://doi.org/10.29240/belajea.v5i2.1429.
Ria Kasanova, Shofiyullahul Kahfi dan. “Manajemen Pondok Pesantren Di Masa Pandemi Covid-19 di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Kedungadem Bojonegoro.†Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter 3, no. 1 (April 2020).
Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic).†BIODIK 6, no. 2 (30 Juni 2020): 214–24. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759.
Sanusi, Ahmad. “Teori Maqoshid Syariah Dan Penerpannya Pada Fatwa Korona (Studi Analisis Kritis).†Syakhsia : Jurnal Hukum Perdata Islam 21, no. 1 (11 Agustus 2020): 1–38. https://doi.org/10.37035/syakhsia.v22i1.2914.
Siswanto, Siswanto, dan Eli Susanti. “EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN ISLAM.†PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2, no. 1 (5 Oktober 2019): 65–74. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i1.817.
Sudirman, Sudirman, dan Muhammad Rusdi Rasyid. “Resolusi Maqasid Syariah Terhadap Penanggulangan Virus Covid-19.†TASAMUH: Jurnal Studi Islam 12, no. 2 (14 September 2020): 277–94. https://doi.org/10.47945/tasamuh.v12i2.249.
Triyono, Budi, Yuli Prasetyo, Hanifah Nur Kumala Ningrum, Raden Jasa Kusumo Haryo, Basuki Winarno, dan Aldanur I. R. “Penerapan Automatic Disinfection Chamber Untuk Pencegahan Covid19 Di Pondok Pesantren Al Mujaddadiyah.†JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik Dan Pengabdian Masyarakat) 4, no. 2 (1 November 2020): 75–78. https://doi.org/10.36339/je.v4i2.310.
Wajdi, Muh Barid Nizarudin, M. Burhanuddin Ubaidillah, Sri Mulyani, Khoirul Anwar, Lailatul Istiqomah, Fauziyah Rahmawati, Sholihatul Atik Hikmawati, Diah Retno Ningsih, dan Hasan Syaiful Rizal. “Pendampingan Redesign Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Bagi Tenaga Pendidik Di Lembaga Pendidikan Berbasis Pesantren Di Jawa Timur.†Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (31 Mei 2020): 266–77. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i1.193.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with Belajea: Jurnal Pendidikan Islam agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).