Paradigma Aktualisasi Diri Anak Sejak Di Usia Dini (Analisis Pada Penerapan Di Lingkungan Pendidikan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam)

Authors

  • Ani Aryati Universitas Muhammadiyah palembang, Indonesia

Keywords:

Paradigma, Aktualisasi Diri, Anak

Abstract

Nature education is a responsibility shouldered the burden of someone, or a group on education due to something being performed, either because of the concepts or ideas, words and deeds or because it doesn't do anything. Islamic education is actually very completely in order to guarantee the outcome of a quality Islamic education because education in Islam is not only in view of the realization of humanitarian responsibility but it is a religious responsibility. Islamic education is the embodiment of the top education family, society and the Government are synergistic. Responsibility of the respective responsibilities of the institutions of Islam could be financing, energy, materials, ideas, information, creation of a conducive educational, infrastructure and education. Each is involved in education should BE responsible with the dipikulnya the slightest burden either vertical (habl min Allah) or horizontally (habl min al-nas).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ani Aryati, Universitas Muhammadiyah palembang

Universitas Muhammadiyah Palembang

References

Bibliogapy

Assegaf, Abd. Rachman. 2004, Membangun Format Pendidikan Islam di Era Globalisasi., dalam Imam Machali dan Musthofa (Ed.), Pendidikan Islam dan Tantangan Globalisasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ahmadi,Abu, 2004, Sosiologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

An-Nawawi, Adurrahman, 1989, Prinsip-Prinsip dan Metode Pendidikan Islam: Dalam Keluarga, Di Sekolah dan Di Masyarakat, Bandung: cv. Dipenogoro.

Arifin, HM. 1996, Filsafat Pendidikan Islam. Bumi Aksara. Jakarta, Cet V.

Bernadib, Imam, 1983, Pemikiaran Tentang Pendidikan Baru. Yogyakarta: Andi Offset.

Bukhari, Shahih, Vol.IV, p. 37, al-Mathba’ah al-Ustsmaniyah, Mesir, 1351 H. Usaha Nasional.

Darajat, Zakiah. 2010. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

Fadila, Fadila, and Eka Yanuarti, ‘Pelayanan Sosial Dan Keagamaan Dengan Menggunakan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan WPKNS ABH Di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Curup’, ISLAMIC COUNSELING: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2019 <https://doi.org/10.29240/jbk.v3i1.798>

Fahri, Musthafa, 1977, Kesehatan Jiwa Dalam Keluarga, sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Bulan Bintang.

Fitriani, Atika, and Eka Yanuarti, ‘Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa’, BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 2019 <https://doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527>

Gunawan, H., 2010, Sosiologi Pendidikan: Suatu Kajian Analisis Sosiologi Tentang Pelbagai Problem Pendidikan, Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Koesoema A, Doni, 2007, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo.

Koentjaraningrat, 1980, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Aksara Baru.

Kuntowijoyo, 2001, Muslim Tanpa Masjid: Esai-Esai Agama, Budaya, dan Politik dalam Bingkai Strukturalisme Transsindental, Bandung: Mizan.

Langgulung, Hasan, 1995, Beberapa Pemikiran tentang Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma.arif.

------------------------, 2003, Pendidikan Islam dalam Abad ke 21, Jakarta: Pustaka Al-Husna Baru.

-----------------------, 1991, Kreativitas dan Pendidikan Islam, Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Maragustam, 2010, Mencetak Pembelajaran Menjadi Insan Paripurna. Yogyakarta: Nuha litera, Cet. Pertama.

Muhaimin, 2003, Paradikma Pendidikan Islam, Bandung: Rosdakarya.

Nasution, S.,2009. Sosiologi Pendidikan,Jakarta: Bumi Aksara.

Nizar, Samsul, 2009, Sejarah Pendidikan Islam menelusuri jejak sejarah pendidikan era Rasulullah sampai Indonesia. Yogyakarta: Kencana Prenada Media Group. Cet ke-3.

Soekanro, Soerjono, 1992, Sosiologi Keluarga: Tantangan Ikhwal Keluarga Remaja dan Anak, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Supriyanto, Moh. Padil Triyo, 2007, Sosiologi Pendidikan,Malang: UIN Malang Pers.

Salim, Agus Dkk, 2007, Indonesia Belajarlah Yogyakarta, Tiara Wacana.

Tafsir, Ahmad, 1992, Filsafat Pendidikan, Bandung, Rosda Karya.

Tim Dosen IKIP Malang, 2003, Pengantar Dasar-Dasar Pendidikan, (Surabaya, Kuntowijoyo, 1991, Paradigma Islam: Interpretasi Untuk Aksi, Bandung: Mizan.

Shihab, M. Quraish, 1994, Prinsip-prinsip Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Pandangan Islam., Majalah Triwulan Mimbar Ilmiah, Universitas Islam Djakarta, Tahun IV No. 13, Januari

Yanuarti, Eka, ‘Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Idealisme’, BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 2016 <https://doi.org/10.29240/BJPI.V1I2.108>

Yanuarti, Eka, ‘Pola Asuh Islami Orang Tua Dalam Mencegah Timbulnya Perilaku LGBT Sejak Usia Dini’, Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 2019 <https://doi.org/10.21154/cendekia.v17i1.1337>

Downloads

Published

2019-12-03

Issue

Section

Articles

Citation Check