Strategi Jihad Digital Sebagai Upaya Perlawanan Informasi Negatif: Studi Metode Istihsan pada Akun Instagram | Rasyid | Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam

Strategi Jihad Digital Sebagai Upaya Perlawanan Informasi Negatif: Studi Metode Istihsan pada Akun Instagram

Arbanur Rasyid(1*), Musda Asmara(2), Maulana Arafat Lubis(3)
(1) 
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup
(3) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Padangsidimpuan
(*) Corresponding Author
DOI : 10.29240/jhi.v6i2.2797

Abstract

This research aims to provide educational insight for netizens on how to get smart ways to counteract negative information on social media, especially Instagram as the object of this discussion. The method used by the author in this discussion is a literature study with the main sources being documentation, news, articles that are in accordance with the topic of study. The results of this study are that there are several groups of netizens who are easily influenced by negative news, they are also easily provoked based on social media behavior. Digital jihad strategies on Instagram accounts using the istihsan method as a step to combat misinformation or news; negative by verifying or "tabayyun", then filtering the news sources and measuring in terms of benefits and harm, so that valid conclusions can be found regarding the source of the news circulating on social media Instagram.

Keywords


Digital jihad; Istihsan; Instagram

References


Adiningsih, Suchi Islamiyah. "Pengaruh Pemberitaan Terorisme di MedanTalk Pada Akun Instagram terhadap Tingkat Keterpaparan Paham Radikalisme di Kalangan Mahasiswa Stambuk 2019 Universitas Sumatera Utara." (2020).

Anggraini, Desi. Efektivitas Media Sosial Instagram dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Pada Akun Instagram@ islamdakwahcom). Diss. UIN Raden Intan Lampung, 2020.

Abdullah al-Asyqar, Umar Sulaiman. “Nazariyat Fi Usûl Al-Fiqh.” 248. 2nd ed. Oman: Dar an-Nafâis, 2004.

Agama RI, Kementerian. Al-Qur’an al-Karim. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2015.

Al-Ghazali, Abu Hamid. Al-Mushthafa Fi Ilm al-Ushul. Beirut: Dar al-Kutub al-Ilmiyah, n.d.

Al-Zuhaili, Wahbah. Al-Wajiz Fi Usuli al-Fiqh. Beirut: Darul Fikri, 1995.

Anam, Mohamad Hoirul. “Transaksi Jual Beli On-Line (Instagram) Dengan Akad Salam.” Momentum 7, no. 2 (2019): 27–48.

al-Khudhary, Muhammad. “Usûl Al-Fiqh.” 329. Kairo: Dar al-Hadis, 2003.

Briliani, Annisa. Deteksi Ujaran Kebencian Dalam Bahasa Indonesia Pada Kolom Komentar Instagram Dengan Metode Klasifikasi K-Nearest Neighbor. Universitas Telkom, S1 Teknik Komputer, 2019. Accessed October 14, 2020.

Chirzin, Muhammad. “Reaktualisasi Jihad Fi Sabil Al-Lah Dalam Konteks Kekinian Dan Keindonesiaan.” Ulumuna 10, no. 1 (2006): 59–80.

Cook, David. Understanding jihad. Second edition. Oakland, California: University of California Press, 2015.

Djazuli, Prof H. A. Kaidah-Kaidah Fikih. Prenada Media, 2019.

Ermawati, Pitri. “Orientasi Fotografi Pengunjung Anjungan Wisata Di Kawasan Mangunan: Kajian Fungsi Foto Potret di Media Sosial Instagram.” Specta: Journal of Photography, Arts, and Media 2, no. 2 (2018): 105–122.

Gilstrap, Curt, and Nigel Holderby. “‘Actually Having Conversations and Talking to People’: Defining Social Media Engagement.” The Journal of Social Media in Society 5, no. 2 (September 30, 2016): 202–225.

Guchi, Yuni Fadilah. “Persepsi Mahasiswa Hukum Dalam Menyikapi Berita Hoax Di Instagram.” Ilmu Komunikasi Universitas Medan Area, 2019.

Hasan, Bakhtiar. “Penolakan Imam Syafi’i Terhadap Istihsan Sebagai Salah Satu Metode Istinbath Hukum Islam.” Al-Risalah 15, no. 01 (2015): 58–73.

Hasbiansyah, O. “Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian Dalam Ilmu Sosial Dan Komunikasi.” Mediator: Jurnal Komunikasi 9, no. 1 (2008): 163–180.

Housiaux, Andrew. “Existentialism and Instagram.” Phi Delta Kappan 101, no. 4 (December 2019): 48–51.

Haqqani, Muh Ilham. "Pemanfaatan Media Sosial Instagram Oleh Bhabinkamtibmas Guna Mengantisipasi Penyebaran Hoax Pemilu 2019 di Polres Banyumas." Police Studies Review 4.1 (2020): 297-372.

Habibullah, Kabir Al Fadly. Dakwah Media Daring Akun Instagram@ nutizen dalam Melawan Penyebaran Informasi Hoaks: Perspektif Inokulasi Komunikasi. BS thesis. Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.

Irawan, Deni. “Kontroversi Makna Dan Konsep Jihad Dalam Alquran Tentang Menciptakan Perdamaian.” Religi: Jurnal Studi Agama-Agama 10, no. 1 (2014): 67–88.

Irawan, Deni. “Kontroversi Makna Dan Konsep Jihad Dalam Alquran Tentang Menciptakan Perdamaian.” Religi Jurnal Studi Agama-Agama 10, no. 1 (January 31, 2014): 67.

Irawan, Firda Dewi. Pengaruh Terpaan Kampanye Negatif Di Instagram Terhadap Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 (Survey Pada Mahasisawa Jl. Kertosentono RT. 01 RW. 02 Kelurahan Ketawanggede, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur). Diss. University of Muhammadiyah Malang, 2019.

Juditha, Christiany. "Social Media Hegemony: Gosip Instagram Account@ Lambe_turah-Hegemoni Media Sosial: Akun Gosip Instagram@ Lambe_turah." Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik 22.1 (2018): 260982.

Kareem, Rafeef, and Wesam Bhaya. “Fake Profiles Types of Online Social Networks: A Survey.” International Journal of Engineering & Technology 7, no. 4.19 (November 27, 2018): 919–925.

Kadenun. "Istihsan sebagai Sumber dan Metode Hukum Islam." QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 10.02 (2018).

Kurniawan, Puguh. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh.” Competence: Journal of Management Studies 11, no. 2 (2017).

Mackson, Samantha, Paula Brochu, and Barry Schneider. “Instagram: Friend or Foe? The Application’s Association with Psychological Well-Being.” New Media & Society 21, no. 10 (January 1, 2019): 2160–2182.

Mahendra, Bimo. “Eksistensi Sosial Remaja Dalam Instagram (Sebuah Perspektif Komunikasi)” 16 (n.d.): 10.

Ma’luf, Louis. Kamus Al-Munjid Fi al-Lughat al-Arabiyah. Bairut: Darr al-Masyriq, Cet, 2007.

Munawwir, Warson. “Ahmad, Al-Munawwir Kamus Arab-Indonesia.” Surabaya: Pustaka Progressif (1997).

Muslim, Asrul. “Interaksi Sosial Dalam Masyarakat Multietnis.” Jurnal Diskursus Islam 1, no. 3 (2013): 483–494.

Muzakki, Ach, Ali Mudlofir, Hilmy Masdar, and dkk. “Integrasi Moderasi Beragama Dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.” Moslem Moderate Institute, Oktober 2020.

Mutakin, Ali. "Teori Maqâshid Al Syarî’ah dan Hubungannya dengan Metode Istinbath Hukum." Kanun Jurnal Ilmu Hukum 19.3 (2017): 547-570.

Muzaki, Sihabullah. "NUANSA FIQH MEDIA (Pandangan Jurisprudensi Hukum Islam Terkait Dominasi Dan Hegemoni Informasi)." Al-Mazahib: Jurnal Pemikiran Hukum 7.1 (2019): 1-16.

Nawangsari, Sri, and Yelsi Karmayanti. “Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Online Shop YLK. Store).” Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018 (2018).

Nizar, Coirun. “Kontekstualisasi Jihad Perspektif Ke-Indonesia-an.” Ulul Albab Jurnal Studi Islam 16, no. 1 (2015): 21–44.

Noorwahidah, Noorwahidah. “Istihsan: Dalil Syarayang Diperselisihkan.” Syariah: Jurnal Hukum dan Pemikiran 16, no. 1 (2017): 13–24.

Nasution, Chairunnisa. "MOTIF PENGGUNAAN AKUN INSTAGRAM@ LAMBENYINYIR:(Studi Deskriptif Kualitatif Motif Penggunaan Akun Instagram@ lambenyinyir dalam Kebutuhan Hiburan pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara)." KomunikA 16.1 (2020): 12-21.

Pasopati, Rommel Utungga. “Interaksi Bahasa Identitas Digital Dan Nasionalisme Di Era Kontemporer.” Prosiding PESAT 6, no. 0 (2015).

Putri, Astrid Yulinda. “Register Penjual Online Shop Dalam Media Sosial Instagram.” Bahasa Dan Sastra Indonesia-S1 6, no. 4 (2017): 500–518.

Quinn, K. “Contextual Social Capital: Linking the Contexts of Social Media Use to Its Outcomes.” University of Illinois at Chicago (December 9, 2017): 1–19.

Rianto, Puji. “Literasi Digital Dan Etika Media Sosial di Era Post-Truth.” Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi 8, no. 2 (December 11, 2019): 24–35.

Rosmala, Dewi, and Gilang Kresna. “Implementasi Algoritma Binary Tree Pada Sistem Informasi Multilevel Marketing.” Jurnal Informatika 3, no. 3 (2012): 39–47.

Rama, Faby Toriqir. Analisis istihsan terhadap pemikiran Amina Wadud tentang faraid. (Skripsi: UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018).

Savhira D. L, Risma, Alaika M. Bagus Kurnia PS, and Dhomirotul Firdaus. “Called Al-Qur’an Digital Perspective; Answer to Raising Hoax In Era Of Disruption.” Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman 31, no. 2 (July 2020): 237–252.

Syafei, Rachmat. Ilmu Ushul Fiqih Untuk UIN, STAIN, PTAIS. Bandung: Pustaka Setia, 2010.

Shella Armananda, Novendra. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Pengadaan Tanah Guna Jalan Tol Di Kota Klaten (Studi Kasus Di Desa Kadirejo Kec. Karanganom Menggunakan Pendekatan Istihsan Bi Al-Mashlahah Al-Mursalah). (Skripsi: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2021).

Ulfa Fauzia Zahra, Ulfa. Media Sosial Instagram Sebagai Media Dakwah. (Skripsi: UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2016).

Ummah, Athik Hidayatul. "Dakwah Digital dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara)." Tasâmuh 18.1 (2020): 54-78.

Ventinila Manandhie, Ekki. “Kecenderungan Isi Pesan Komunikasi Netizen Dalam Merespon Informasi Pada Pemberitaan Non-Artis Di Akun Instagram Lambe Turah (Analisis Isi Pada Kolom Komentar Atas Kasus ‘Menkominfo Minta Komitmen Penyedia Platform Tik – Tok Bersihkan Konten Negatif Dan Melakukan Filtering’ Periode Juli 2018).” Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang, 2019.

Wicaksono, Ari, and Irwansyah Irwansyah. "Fenomena Deindividuasi dalam akun Anonim berita gosip selebriti di media sosial Instagram." Profetik: Jurnal Komunikasi 10.2 (2017): 34-45.

Younas, Muhammad Ahsan. “‘Digital Jihad’ and Its Significance to Counterterrorism.” Counter Terrorist Trends and Analyses 6, no. 2 (2014): 10–17.

Zahra, Ulfa Fauzia, Ahmad Sarbini, and Asep Shodiqin. "Media Sosial Instagram sebagai Media Dakwah." Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1.2 (2016): 60-88.


Article Statistic

Abstract view : 150 times
PDF views : 49 times

How To Cite This :

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arbanur Rasyid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.