Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Perpustakaan Diplomasi Kementerian Luar Negeri RI

Gusti Putri Indriani, Fransiska Timoria Samosir, Lailatus Sa'diyah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Diplomasi serta menganalisis pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Diplomasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara bersama informan secara mendalam, serta triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Evaluasi (PPE) dan 3 orang pegawai Perpustakaan Diplomasi yang telah mengikuti program pengembangan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan metode pengembangan yang dilakukan oleh pegawai Perpustakaan Diplomasi menggunakan metode off the job training dengan cara mengikuti seminar, talkshow, workshop, Diklat yang diselenggarakan oleh Perpusnas, serta kaji banding ke perpustakaan dalam negeri dan luar negeri. Hasil dari pengembangan sumber daya manusia di Perpustakaan Diplomasi dapat dikatakan cukup baik karena telah memenuhi 5 dari 10 indikator keberhasilan pengembangan sumber daya manusia, yaitu meningkatnya prestasi pegawai, menurunnya tingkat pemborosan bahan baku, tenaga dan waktu, meningkatnya kerjasama karyawan, meningkatnya prakarsa karyawan dan pengambilan keputusan manajer yang semakin baik


Keywords


Pengembangan; Sumber Daya Manusia; Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Busono, G. A. (2016). Pengaruh sistem pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap kinerja karyawan pt. persada sawit mas (psm) kecamatan pampangan kabupaten ogan komering ilir. MUQTASHID Jurnal Ekonomi Syari’ah, 1(1), 81–114.

Indonesia, P. N. R. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Mangundjungi, H., Ismail, I., & Sore, U. B. (2021). PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS HASANUDDIN. Jurnal Paradigma Administrasi Negara, 4(1), 28–35.

Purnamayanti, A., & Setyowati, T. (2022). Strategi Peningkatkan Sumber Daya Manusia Berkualitas Di Perpustakaan SMA Negeri 2 Metro. JEVIEF: Jurnal Vokasi FISIP Universitas Lampung, 1(2).

Rusby, Z. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Rajawali Pers.

Saputro, B. I., & Amir, C. (2018). Kompetensi pustakawan perpustakaan khusus: studi kasus di perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 207–2018.

Solong, H. A. (2020). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia Menunjang Kinerja Aparatur Berkualitas. Deepublish.

Terry, G. R., & Rue, L. W. (2019). Dasar-Dasar Manajemen (B. S. Fatmawati, Ed.). Bumi Aksara.

Umam, K., & Atho’illah, Y. (2021). Strategi pengembangan sumber daya manusia karyawan commanditaire vennootschap dalam meningkatkan efektivitas kinerjanya. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 4(1), 68–83.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/tik.v8i1.9152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 gusti putri indriani, Fransiska Timoria Samosir, Lailatus Sa'diyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

TIK Ilmeu indexed by: 

 Google Scholar Moraref      PKP Index 

free web stats Tik Ilmeu's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.