Supervisi Akademik dan Bagaimana Kinerja Guru

Miftahul Laili Hasanah, Muhammad Kristiawan

Abstract


This study aimed at investigating the implementation of academic supervision by principals, from the planning, implementation, and follow-up. Academic supervision gave impact on teachers performance. Teachers evaluations will be seen from the lesson plan, the implementation of instruction, assessment of learners and the follow-up. To achieve these objectives, we used quantitative approach. Data were collected through observation and questionnaires using Likert scale. The analysis used was simple regression analysis. The results showed there was significant correlation between the academic supervision by principals towards the teachers performance. If the academic supervision increases, the teachers performance will also increase.

Keywords


Academic Supervision, Teachers Performance, Quality Output

Full Text:

PDF

References


Aedi, N. (2014). Pengawasan Pendidikan. Tinjauan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Andang. (2014). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Konsep, Strategi,dan Inovasi Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: AR-Ruzz Media.

Andriani, S., Kesumawati, N., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of the Transformational Leadership and Work Motivation on Teachers Performance. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(7).

Apriana, D., Kristiawan, M., & Wardiah, D. (2019). Headmasters Competency In Preparing Vocational School Students For Entrepreneurship. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek.Jakarta: Rineka Cipta.

Aslamiah, T. (2011). Hubungan Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru (Study Kasus Di Mtsn Imadun Najah Jakarta. Skripsi FTIK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Asmendri. (2012). Teori dan Aplikasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah dan Madrasah. Batusangkar: STAIN Batusangkar Press.

Asna. (2013). Hubungan Pelaksanaan SupervisI Kepala Sekolah Dan Iklim Organisasi Dengan Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak Kota Padang Panjang. Tesis Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negri Batusangkar.

Asrizallis. (2015). Kontribusi Etos Kerja Islami dan Pelatihan terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Se- Kota Padang Panjang. AL-Fikrah jurnal manajemen pendidikan.

Dharma, A. (2004). Manajemen Supervisi: Petunjuk Praktis bagi Para Supervisor. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Defrisiswardi. (2013). Kontribusi Motivasi Kerja dan Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMA Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan, Padang: Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Departemen Agama RI. (2013). Al-Hikmah, Al-Quran dan Terjemahannya, Bandung: CV. Penerbit Diponegoro.

Engkoswara & Komariah, Aan. (2011). Administrasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta CV.

Fathurrochman, I. (2017). Pengembangan Kompetensi Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup Melalui Metode Pendidikan Dan Pelatihan. Manajer Pendidikan, 11(2).

Fitria, R. (2014). Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agam Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, Batusangkar: Tesis Manajemen Pendidikan Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar.

Haslindayeti. (2013). Kontribusi Supervisi Akademik dan Kemampuan Manajemen Kelas Terhadap Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan, Padang: Tesis Program pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Herawati, M. Y. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada Smp 1 Lhoknga Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, (Online), Volume 3, No. 2, Mei 2015.

Herlina, A. (2016). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah terhadap Professional Guru di SMK Wira Bhakti Payakumbuh Kota Payakumbuh. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negeri Batusangkar.

Hijriah, R. (2011). Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Se-Kecamatan Bantul, (Online) diakses 3 Juni 2016-06-09.

Irawadi. (2013). Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas Dan Motivasi TerhadapKinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Lintau Buo Utara, Batusangkar Tesis Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Agam Islam Negeri Batusangkar.

Ikhwandra. (2013). P.engaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kerja Tim terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Swasta (MAS) Se-Kabupaten Tanah Datar, Batusangkar: Tesis Program Studi Manajemen Pendidikan Islam STAIN Batusangkar.

Jasmani, S. M. (2013). Terobosan Baru dalam Kinerja Peningkatan Kerja Pengawas Sekolah dan Guru. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Juni P. Donni & Rismi, S. (2014). Manajemen Supervisi & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: CV. Alfabeta.

Khasanah, U., Kristiawan, M., & Tobari. (2019). The Implementation of Principals Academic Supervision In Improving Teachers Professionalism in the State Primary Schools. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(8).

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., & Fitria, H. (2019). Supervisi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Kurniati, Nia. (2014). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Se-Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Administrasi Pendidikan, Volume 4, Nomor 1 Desember.

Mamur, A. J. (2013). Kiat Melahirkan Madrasah Unggulan. Yogyakarta: Diva Press.

Margaret, S. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru Ekonomi Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Sleman. Skripsi Sarjana, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Mubaroh, M. (2011). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah di SMP Negeri 1 Punggur Kabupaten Lampung Tenga, jurnal mubarok_49@yahoo.com.

Mukhlis. (2013). Kontribusi Supervisi Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri di Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Padang: Tesis Program Pascasarajana Negeri Padang.

Mulyasa. (2004). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2012). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasrun. (2014). Pengaruh Dan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru terhadap Memaksimalisasi Stakeholder di Sma Plus Al-Azhar

Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prihatin, E. (2011). Teori Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta.

Purbasari, M. (2015). Pengaruh Supervisi Akademik terhadap Kinerja Mengajar Guru di Sekolah Dasar, (Online), Jee 4 (1) (2015).

Purwanto, Ngalim. (2010). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Renata, R., Wardiah, D., & Kristiawan, M. (2018). The Influence of Headmasters Supervision and Achievement Motivation on Effective Teachers. International Journal of Scientific & Technology Research, 7(4).

Riduwan. (2005). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan Dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rozalinda, Y. (2013). Kontribusi Supervisi Pembelajaran Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Sma Negeri di Kecamatan XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Padang: Tesis Program Studi Administrai Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Rusman. (2011). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safrudin M. E. (2011). Kepemimpinan Pendidikan Transformasional. Jakarta: Diadit Media Press.

Salim, A., & Agus Z. F. (2010). Madrasah Unggulan Lembag Pendidikan Alternatif di Era Kompetiti. Malang: UIN Maliki Press.

Sarasasti. (2015). Usaha Pengawas Dan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI di Madrasah Kota Solok, Batusangkar Tesis Program Pasca Sarjana Sekolah Tinggi Agam Islam Negeri Batusangkar.

Sudaryono. (2013). Penegembangan Instrument Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyanti, Sabar Narimo. (2016). Pengelolaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SD Negeri 6 Putatsari Grobogan. Jurnal Managemen Pendidikan - Vol. 11, No. 2, Januari 2016

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: CV. Alfabeta.

Susanto, H. (2012). faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 2, Juni 2012.

Shulhan, M. (2013). Model Kepemimpinan Kepala Madrasah. Yogyakarta, Bandung: CV. Alfabeta.

Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprihatiningrum, J. (2014). Guru Professional Pedoman: Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.

Suryana, Y. (2015). Metode Penelitian Manajemen Pendidikan: Bandung: Cv. Pustaka Setia.

Syukri. (2015). Pelaksanaan Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar Pada Gugus I Uptd Dewantara Aceh Utara. Jurnal Administrasi Pendidikan ISSN 2302-0156 Pascasarjana Universitas Syiah Kuala

Wahyudi. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pemebelajar (Learning Organization). Bandung: CV. Alfabeta.

Wildati. (2014). Pengaruh Supervisi Akademik dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Smp Negeri di Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara. Tesis FKIP Universitas Lampung.

Yenderi. (2011). Kontribusi Motivasi Kerja Guru dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Batang Kapas, Padang: Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Yenita, I. (2015). Peningkatan Kreativitas Guru dalam Proses Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di Smp Negeri 2 Pariangan. Jurnal Guru. No 2 Vol 12, Desember.

Yesrizal. (2012). Kontribusi Supervisi oleh Pengawas Sekolah dan Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Keberhasilan Pelaksanaan Tugas Guru SMP Negeri di Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Padang: Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.

Yusmardi. (2011). Kontribusi Kompetensi Manajerial dan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Pesisir Selatan, Padang: Tesis Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Zulkifli. (2010). Kontribusi Kreatifitas Guru dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru SMP Negeri Kecamatan Lubuk Basung Kabupaten Agam, Padang: Tesis Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.1159

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Kristiawan, Miftahul Laili Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsIndonesia One SearchAcademia.EduPKP IndexBASE



free web stats Tadbir's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License