Implementasi Model Pembelajaran Bauran pada Pembelajaran Tematik Tema 6 Merawat Tumbuhan dan Hewan

Yuni Atika Putri, Asiyah Asiyah, Ixsir Eliya

Abstract


the process of implementing the mixed learning model in thematic learning theme 6 caring for plants and animals at SDN 76 Bengkulu City in class II C, and to find out what are the inhibiting and supporting factors in the process of implementing the mixed learning model in thematic learning theme 6 caring for plants. And animals. The type of research descriptive qualitative approach. The process of implementing the mixed learning model has been carried out well, namely the learning process is carried out through two stages, namely face-to-face and online, there is collaboration between the two learning models, namely the collaboration stage of sharing the syntax of the mixed learning model, the assessment between the two learning models, and the support from various parties, planning, and syntax. There are also in hibiting and supporting factors in implementing thei mplementation of the mixed learning model at SDN 76 Bengkulu City, in hibiting factors such as lack of attention from parents, students who are not ready when learning, and economic factors. While the supporting factors are the support of fellow teachers, in frastructure such as wifi, and health protocol tools.


Keywords


Blended Learning Model, Thematic Learning

Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2020. peningkatan Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh Melalui Pendamping Sistem Daring, Luring atau Kombinasi pada Masa New Normal Civid-19. Jurnal Pedagogy, Vol.7, no. 4,h. 260

Ariani, Ariek Tri. Penerapan Model Blended Learning dalam Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Perubahan Sosial Budaya Dengan Pendekatan Kontekstual Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS. Akses pada 20 November 2020 dari http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id

Assingkily, Muhammad Shale.dkk Pembelajaran tematik Bagi Anak Usia Dasar (Metodologi dalam Islam), Jurnal NIZHAMIYAH. No 2 : hlm 19-20.

Azmi, Zul. Abdillah Arifin N. dan Wardayani. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif dalam Akuntasi. Jurnal Ilmu Akuntasi. Vol 11. No 1 : h. 161

Banggur, Maria Dissriany Vista. dkk. 2018. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. Jurnal Teknologi Pendidikan. No. (2): h.155

Bariah, Siti Husnul dan Kuntum An Nisa Imania, Implementasi Blended Learning Berbasis Moodle pada Jurusan Pendidikan Teknologi dan Informasi, Jurnal PETIK, Vol 4. No 2 (September2018): h. 113

Departemen Agama Al-Quran Surah At-Taubah/9:52

Ekayati, Rini. 2018. “Implementasi Metode Blended Learning Berbasis Aplikasi Edmodo”, Jurnal EduTech, Vol 4 No. 2: h. 52

Eliya Ixsir, “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTS di Kabupaten Pemalang”, Jurnal AT-TA’LIM, Vol. 12 No. 2 (2019):h. 338

Eliya, Ixsir and Sodik, Achmad Ja'far (2019) PENGUATAN KEILMUAN MAHASISWA MELALUI GERAKAN SADAR LITERASI DALAM UPAYA MENANGKAL RADIKALISME DAN BERITA HOAKS DI MEDIA SOSIAL. In: International Seminar on Islamic Studies, 28 Maret 2019, IAIN Bengkulu.

Hima, Lina Rihatul. 2018. “Pengaruh Pembelajaran Bauran (Blended Learning)Terhadap Motivasi Siswa pada Materi Relasi dan Fungsi”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. No.(1): h.36-42

Hanifa, 2017. Meningkatkan Kemapuan Guru Dalam Menyusun Perencanaan Pembelajaran Melalui Pembinaan Kolaboratif Bagi Guru Kelas V Di Dabin II Unit Pendidikan Kecamatan Gedang, Jurnal Pendidikan, Vol,6. No, 2. Hlm 195

Makarim, Nadiem. Panduan Sekolah Tatap Muka. Diakses pada tanggal 23 Juni 2021 dari http://nasional.kompas.com

Marlina, Emas. “Pengembangan Model Pembelajaran Blended Learning Berbantuan Aplikasi Sevina Edlink”, Jurnal Pedagogik, Vol 3. (Juli 2020): h. 107

Masdiana, dkk. 2017 “Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi pada Lingkungan Siswa kelas 1 SDN 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara”. Jurnal Kreatif Tdulako Online. Vol 3. No 2 : h 191

Pratiwi, Nuning Indah. 2017. “Pengembangan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial. Vol. 1 No. (2): h.215-216..

Putria, Hilna dan Luthfi Hmadani Maulah, dan Dia Azwar Uswatun, 2020. Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid-19 pada Guru Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, Vol, 4. No, 4. Hlm 871

Rijali, Ahmad. 2018. “Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Penelitian Alhadharah. Vol. No.17(33): h. 84.

Sukarata, I Gede Yasa, Kajian Model Pembelajaran Blended Learning, diakses pada tanggal 23 juni 2021 dari https://sukeratayasa.wordpress.com

Susilowati. 2017. “Kegiatan Humas Indonesia Bergerak di Kantor Pos Depok II dalam Meningkatkan Citra Instansi pada Publik Eksternal.” Jurnal Komunikasi. Vol.8 No.(2) : h.50.

Trianto. 2009. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Waseso, Hendri Purbo, dan Salis irvan Fuadi, “Implementasi Pembelajaran Berbasis Blended Learning Menggunakan Media Whatsapp untuk Meningkatkan Self Directed Learning Mahasiswa”, Proseding Seminar Nasional. (2019) : h. 232




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v5i2.3355

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yuni Atika Putri, Asiyah, Ixsir Eliya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

Crossref Moraref Google Scholar Indonesia One Search 

Ar-Riayah's Visitors

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.