Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Al-Afkary Batang Kuis

Authors

  • Nuriza Dora Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Eka Susanti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Rora Rizky Wandini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2692

Keywords:

Pendidikan Dasar

Abstract

: Penelitian ini dilaksanakan di MIS Al-Afkary Batang Kuis. Penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan bagaimana pembelajaran atau proses belajar mengajar di MIS Al-Afkary Batang Kuis terkait dengan pembentukan karakter siswa melalui peran pendidikan yang berbasis kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode deskriptif.  Metode ini akan menggambarkan setiap kejadian yang berbentuk peristiwa ataupun fenomena sosial budaya yang sedang diamati oleh peneliti dan sedang dilakukan penelitian terhadapnya. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi maupun studi dokumentasi. Hasil penelitian lapangan menggambarkan bahwa; Pada MIS Al-Akary Batang Kuis belum ditemukan adanya mata pelajaran khusus terkait dengan kearifan lokal seperti misalnya yang ditemukan pada beberapa sekolah di daerah Sumatera.  Guru memiliki strategi tersendiri dalam mengajarkan pendidikan berbasis kearifan lokal yaitu dengan menghubungkan antara materi tematik yang ada pada buku tematik. Kearifan lokal sangat penting untuk dipelajari oleh peserta didik karena mengandung nilai-nilai kebaikan dari setiap suku bangsa yang ada pada suatu daerah. Kendala yang dihadapi oleh guru di MIS Al-Afkary Batang Kuis adalah belum tersedianya mata pelajaran khusus terkait kearifan lokal, terbatasnya akses bahan-bahan materi tentang kearifan lokal itu sendiri, dan tidak adanya kerja-sama antara sekolah dengan berbagai tokoh terutama tokoh atau pemangku adat setempat dan lain sebagainya. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriantoni dan Ibrahim. 2015. Sekolah Gratis dan Mutu Sekolah: Studi Kasus di SMA Negeri

Babat Banyuasin Sumatera Selatan, (Online), Vol. 8, N0. I, (http://www.jdp.uki.ac.id/assets/journal/1_1-10.pdf, diakses pada 06 April 2016).

Alwasilah, Chaedar. 2002. Pokoknya Kualitatif: Dasar-dasar Merancang dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta. Bungin, Burhan. 2012. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

Emzir. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Gulo. W. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta: Grasindo.

Gunawan, Imron. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Idrus. Muhammad. 2009. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Penerbit Erlangga.

Imron, Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Gaung Persada Press. Lufri. 2007. Kiat Memahami dan Melakukan Penelitian. Padang: UNP Press.

Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group. Patilima, Hamid. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Rahardiansah, Trubus dan A. Priyono. 2013. Transformasi Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Bangsa: Dialektika Pentingnya Pendidikan Berbasis Local Genius. Jakarta: Universitas Trisakti.

Riduwan. 2004. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Satyananda, Made. Made Sumarna. A.A. GDE. Rai. Griya. 2014.Kearifan Lokal Masatua: dan kaitannya dengan pendidikan karakter Bangsa di Kabupaten karangasem Bali. Yogyakarta: Ombak.

Sedyawati, Edy. 2012. Budaya Indonesia: Kajian Arkeologi, Seni dan Sejarah.Jakarta: Rajawali Pers.

Sorasa, Samiaji. 2012. Penelitian Kualitatif: Dasar-dasar. Jakarta: Indeks.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

. 2011. Metode Penelitian Kombinasi: Mixed Methods. Bandung: Afabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Syaodih, Nana. 2006. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wibowo, Agus dan Gunawan. 2015. Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal: Konsep,

Strategi dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) 2003. UU RI No. 20 TH. 2003.

Jakarta: Sinar Grafika.

Yahya. 2009. Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Padang: Sukabina Offset

Downloads

Published

01-07-2021

How to Cite

Dora, N., Susanti, E., & Wandini, R. R. (2021). Peran Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mis Al-Afkary Batang Kuis. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 121–132. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2692

Issue

Section

Articles

Citation Check