Strategi Komunikasi Salam TV dalam Menyiarkan Program Kisah Teladan kepada Para Khalayak

Cindy Arsy Lestari, Khatibah Khatibah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi Salam TV dalam menyiarkan program Kisah Teladan kepada para khalayak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Onong Uchjana Effendy yang melibatkan elemen- elemen komunikasi seperti komunikator, komunikan, pesan, media, dan efek media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Salam TV menggunakan strategi komunikasi yang efektif dalam menyiarkan program Kisah Teladan. Komunikator, yaitu presenter program, dipilih berdasarkan pengetahuan dan keahlian mereka dalam menyampaikan pesan moral dan religius. Komunikan, yaitu para khalayak, diidentifikasi sebagai masyarakat umum yang membutuhkan konten inspiratif dan edukatif. Pesan media disusun dengan baik, menggabungkan narasi yang menarik dengan nilai-nilai keislaman yang mendalam. Efek media yang diharapkan dari strategi ini adalah peningkatan pemahaman dan keimanan khalayak terhadap ajaran agama Islam, serta motivasi untuk mengambil teladan dari kisah-kisah yang disampaikan. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya strategi komunikasi yang tepat dalam menyampaikan pesan moral dan religius melalui media massa, seperti televisi, untuk mencapai tujuan edukasi dan dakwah yang lebih efektif.


Keywords


strategi komunikasi, salam TV, khalayak, penyiaran

Full Text:

PDF

References


Asri, I. (2022). Strategi Komunikasi Organisasi dalam Membangun Semangat Kerja Pegawai Pusdiklat Tenaga Administrasi Kementerian Agama RI. IKON Jurnal Ilmu Komunikasi, 27(3), 267–285.

Atabik, A. (2013). Prospek Dakwah Melalui Media Televisi. AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 1(2), 191–209.

Cangara, H. (2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. Effendy, E., Hatahap, S., & Rambe, H. M. (2023). Sejarah Perkembangan dan Peranan Televisi Berbasis Dakwah Islam. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(3), 1054–1061. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i3.3057

Faridah. (2024, Februari 15). Dampak Menonton Program Kisah Teladan. (C. A. Lestari, Interviewer)

Febriansyah, F., Novianto, I. & Pamungka, A. (2021). Strategi Pesan Komunikasi Komunitas Serang Ngopi Dalam Mengenalkan Biji Kopi Arabika Tegallumbu Sebagai Biji Kopi Khas Banten. Universitas Telkom, Bandung.

Haqqu, R., & Azwar Ersyad, F. (2020). Eksistensi Media Televisi Era Digital Dikalangan Remaja. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 38. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.2228

Hendra, T., & Saputri, S. (2020). Tantangan Dakwah Dalam Arus Perkembangan Komunikasi Media Sosial. Al Hikmah: Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 7(1), 50–60.

Liliweri, A. (2011). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Remaja Rosdakarya. Mabrur, M. (2012). Televisi yang Memiliki Citra Islami : Antara Harapan dan Tantangan. Jurnal Ilmu Dakwah, 11(22), 139–150.

Morissan. (2015). Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana.

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Kajian Tentang Efektivitas Pesan Dalam KomunikasI. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. 3(1). 90-95. http://dx.doi.org/10.103

Oktavia, F. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan Pt. Bukit Borneo Sejahtera Dengan Masyrakat Desa Long Lunuk. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. 4(1). 239-253. ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id.

Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Tarumanagara.

Putri, D., Adawiyah, R., & Arif, M. C. (2021). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Sampang dalam Merukunkan Penganut Sunni-Syiah. Jurnal Komunikasi, 15(2), 131–144.

Putri, T. D., & Radjagukguk, L. D. (2022). Strategi Komunikasi Manajemen Redaksi Televisi Radio (Tvr) Parlemen Dalam Meningkatkan Minat Khalayak Di Era Digital. JSSHA ADPERTISI JOURNAL, 2(1), 16–28. Retrieved from https://jurnal.adpertisi.or.id/index.php/JSSHHA/article/view/322

Ramadhani, S. (2024, 02 15). Dampak Menonton Program Kisah Teladan. (C. A. Lestari, Interviewer)

Ramadhani, S., & Tanjung, M. (2023). Communication Strategy in Strengthening Da’wah for the Muallaf Community in North Sumatra. MUHARRIK: Jurnal Dakwah Dan Sosial 6(1), 87–187. https://doi.org/10.37680/muharrik.v6i1.2728

Triady, B., Damayanti, I., & Effendi, E. (2022). Peranan Televisi Berbasis Dakwah Islam Dalam Menguatkan Akidah Ummat. Jurnal Kelola: Jurnal …, 5(2), 141–148. http://ejournal.goacademica.com/index.php/jk/article/view/609

Vardhani, N. K., & Tyas, A. S. P. (2019). Strategi Komunikasi Dalam Interaksi Dengan Mahasiswa Pertukaran Asing. Jurnal Gama Societa, 2(1), 9. https://doi.org/10.22146/jgs.40424

Yuhdyanto. (2015). Strategi Komunikasi Gajayana TV dalam Membuat Program Acara yang Mendidik dan Menghibur. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi, 4(501-505. www.publikasi.unitri.ac.id.




DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jdk.v9i1.10716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cindy Arsy Lestari, Khatibah Khatibah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXED BY:

CrossrefMorarefGoogle ScholarDimensionsPKP Index



free web stats JDK's Visitors
Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.