Efektivitas Model STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik Kelas 5 SDN 1 Sidorahayu
DOI:
https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.788Keywords:
Mathematics, Self Efficacy, STADAbstract
Downloads
References
Agustina, Radiatul Laila. (2015). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Menggunakan Model STAD dan NHT. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(3), 31-38. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/index.php/JEST/article/view/1801
Dodi, Nofri. (2016). Penerapan Pendekatan Konstruktivistik Dalam Pendidikan Bagi Anak Usia Dini dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Journal Educative: Journal of Educational Studies, 1(2), 154–67. Retrieved from http://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/educative/article/view/161/0
Effendi, Kiki Nia Sania, dan Indrie Noor Aini. (2018). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Siswa (LKS) Bagi Guru Matematika SMP di Telukjambe, Karawang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3 (1), 45–52. Retrieved from http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/38
Fathurrohman, Muhammad. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Ismawati, Nurul, dan N. Hindarto. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7 (1), 38-41. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JPFI/article/view/1067
Jarmita, Nida. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13 (1), 150-172. Retrieved from http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/didaktika/article/view/ 470
Juli Widyastuti, Retno. (2013). Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Kemantapan Pengambilan Keputusan Karir Siswa. Jurnal BK UNESA, 3 (1), 231-238. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/ article/view/3369
Lamba, Hendrik Arung. (2016). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Model STAD dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 13 (2), 122-128. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/55
Manalu, effendi. (2014). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Sosial dalam.” Jurnal Handayani PGSD FIP Unimed, 2 (1), 13-23, Retrieved from http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/ 1733
Marheni, Ni L. Gd, I. Wyn Sujana, dan DB Kt Ngr Semara Putra. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Kelas V SD No. 8 Padangsambian Denpasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 1 (1), Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id.index.php/JJPGSD/article/view/1438
Murphy, Elizabeth. (1997). Constructivism: From Philosophy to Practice. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED444966
Paradesa, Retni. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme pada Mata Kuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1 (2), 306–25. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id.index.php/jpmrafa/article/view/1236
Pudjiastuti, Endang. (2012). Hubungan ‘Self Efficacy’ dengan Perilaku Mencontek Mahasiswa Psikologi. MIMBAR, Jurnal Sosial dan Pembangunan, 28 (1), 103–11. Retrieved from https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mimbar/article/view/344
Rahayu, Riska. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ar-Rahman Percut melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Paradikma Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Retrieved from http://id.portalgaruda.org/?ref=browse&mod=viewarticle&article=281872
Sariningsih, Ratna, dan Ratni Purwasih. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1 (1), 163–77. Retrieved from http://jurnal.unswagati.ac.id/index.php/JNPM/article/view/275
Simbolon, Pommer. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Masalah Berbasis Budaya Batak (PBM-B3) pada Kelas XII IPS SMA Negeri 1 Galang. UNIMED. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/3942
Subaidi, Agus. (2016). Self-Efficacy Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Sigma, 1 (2), 64–68. Retrieved from http://ejournal.unira.ac.id/index.php/jurnal_sigma/article/view/68
Subakti, Subakti. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Ketepatan Servis Bawah dalam Permainan Bola Voli Siswa. Gelora: Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 4 (1), 54–61. Retrieved from http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/ gelora/article/view/565/0
Susila, Rudy Indranatan, Aloysius Duran Corebima, dan Nursasi Handayani. (2013). Pengaruh Waktu Pemberian Lembar Kerja Siswa PBL Melalui Strategi Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Biologi dan Retensi Siswa Kelas XI MAN Kota Malang. Jurnal Online UM, 2(1), Retrieved from http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail/article/1/33/1102
Utami, Yudi Ganing Dwi. (2013). Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1 (1), 40–52. Retrieved from http://ejournal.umm.ac.id.index.php/jipt/article/view/1356
Widowati, Hening. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Examples Non Examples dan STAD Pada Mata Kuliah Struktur Hewan Program Studi Pendidikan Biologi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 2 (1), 1-10. Retrieved from http://ojs.fkip/ummetro.ac.id/index.php/biologi/article/view/202/167
Yensy, Nurul Astuty. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP N 1 Argamakmur. Exacta, 10 (1), 24–35. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/940
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with ARITHMETIC: Academic Journal of Math agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).