Penggunaan Missouri Mathematics Project (MMP) dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa MAN 1 Jombang
DOI:
https://doi.org/10.29240/ja.v4i2.5665Keywords:
Missouri Mathematics Project, Student activity, Learning outcomesAbstract
This study aims to increase student activity and learning outcomes by using the Missouri Mathematics Project (MMP) learning model on trigonometry equations. This research is a Classroom Action Research conducted in 3 cycles at MAN 1 Jombang. The subjects of this study were 36 students of class XI MIPA 6. The research instruments included observation sheets and achievement tests. Analysis of student activity is carried out using the percentage formula while learning outcomes are carried out by calculating the average test score. The results showed that the percentage of student activity increased in each cycle, namely 61.81%, 73.61%, and 84.72%. The average student learning outcomes have increased in each cycle, namely 67.08, 73.19, and 85.28. The percentage of students who passed experienced an increase in each cycle, namely 50.00%, 66.67%, and 83.33%. It can be concluded that the use of the Missouri Mathematics Project learning model can increase student activity and learning outcomes in trigonometric equations.
Downloads
References
Afrillia, Y. (2017). Penerapan model Missouri Mathematics Poject (MMP) dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada Siswa SMK PAB 01 Medan Helvetia TP 2016/2017. Skripsi tidak dipublikasikan. Medan: Universitas Sumatera Utara.
Agustin, V. N. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model Problem Based Learning (PBL). Journal of Elementary Education, 2(1), 36–44.
Aini, L. N., Muryaningsih, S., & Irawan, D. (2020). Penerapan model Missouri Mathematics Project untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 43–49.
Alimuddin, H. (2017). Pengaruh keaktifan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 4 Satap Bungoro. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61–74.
Amir, A. (2016). Penggunaan media gambar dalam pembelajaran matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.
Ansori, H., & Aulia, I. (2015). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 49–58.
Ardianto, Y. M. (2017). Peningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) di kelas VIII SMP PGRI Bagelen Tahun Pelajaran 2015/2016. EKUIVALEN - Pendidikan Matematika, 26(2), 173–179.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2014). Evaluasi program pendidikan: Pedoman teoritis praktisi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Astiswijaya, N. (2020). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan implementasi model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 3(1), 8–16.
Aufa, N., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran model Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan software Geogebra untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11), 2377–2393.
Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan ativitas dan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114.
Farida, B. (2017). Penerapan pendekatan matematika realistik dalam peningkatan keaktifan dan hasil belajar matematika di Kelas III Sekolah Dasar Negeri 4 Tanggung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 82–90.
Fauziah, A. S. (2015). Pengaruh model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa SMAN I Lubuklinggau. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 4(1), 10–21.
Gunadi, F., Rahmawati, U., & Hadi, I. P. (2020). Model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk mencapai ketuntasan hasil belajar persamaan trigonometri. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 77–86.
Juwariyah, S. (2013). Penggunaan metode Group Investigation untuk meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IIIA SDIT Arofah 2 Klego Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi tidka dipublikasikan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Komariah, I., & Sundayana, R. (2017). Meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa dengan menggunakan media domat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 323–332.
Krismanto, A. (2003). Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Kusfabianto, I. J., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Penerapan model pembelajaran Course Review Horay untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika kelas IV SD. JTAM (Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika), 3(2), 87–92.
Marliani, N. (2015). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa melalui model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1), 14–25.
Muah, T. (2016). Penggunaan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas 9B semester gasal tahun pelajaran 2014/2015 SMP Negeri 2 Tuntang-Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 41–53.
Muhsin, M., Husna, H., & Putri Raisah. (2020). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Numeracy, 7(1), 95–108.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 2(1), 659–663.
Nugraha, A. E. (2021). Peningkatan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa melalui penggunaan metode demonstrasi pada mata pelajaran matematika di SD Negeri 2 Neglasari Tasikmalaya. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 2(1), 12–21.
Nugroho, P. B., Budiyono, B., & Subanti, S. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) disertai Assessment for Learning melalui teman sejawat ditinjau dari kemandirian belajar siswa kelas X SMA di Kabupaten . Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(1), 44–58.
Nur, F., Syarif, A. F., Mania, S., & Suharti, S. (2021). Pengembangan LKPD berbasis model kooperatif Think Pair-Share untuk meningkatkan aktivitas belajar. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(2), 79–86.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi quiziz pada masa pencegahan penyebaran covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3), 145–150.
Pitriati, P. (2019). Pembelajaran matematika menggunakan model Learning Cycle 5E untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa SMP 30 Padang. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 235–244.
Prasojo, T. (2016). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar matematika dengan metode Tutor Sebaya pada siswa kelas X IPA 7 materi trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 91–98.
Purwanti, S. (2015). Meningkatkan kemampuan komunikasi dan berpikir kritis matematis siswa sekolah dasar dengan model Missouri Mathematics Project (MMP). TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 253–266.
Purwono, K., Kurniasih, N., & Kurniawan, H. (2015). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 14(2), 164–169.
Rahman, A. A., & Nasryah, C. E. (2020). Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 335–346.
Rahmi, A., & Rahmi, D. (2015). Pengaruh penerapan model Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa SMK Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 1(1), 28–34.
Ramadhani, A. F. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika materi FPB dan KPK melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas IV di SD Negeri Blitar. Universitas Negeri Malang.
Sari, T. H. (2018). Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pembuktian matematis siswa SMP. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 22–35.
Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan modul matematika realistik disertai asesmen otentik untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X di SMK negeri 3 singaraja. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 3(1).
Suastika, I. K., & Wisulah, W. (2015). Pendekatan Missouri Mathematics Project berorientasi Pakemi dalam upaya memotivasi kreativitas mahasiswa Prodi PGSD Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 5(2), 732–772.
Sulistyowaty, R. K., & Firdaus, F. (2020). Penerapan Google Classroom dalam pembelajaran matematika jarak jauh untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 14–24.
Susanti, M. I., Hobri, & Setiawan, T. B. (2014). Penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) untuk mengatasi kesalahan siswa menyelesaikan soal sub pokok bahasan segitiga dan segiempat kelas VII D SMP Negeri 7 Jember Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 5(2), 63–72.
Tampubolon, P. T. (2016). Penerapan model pembelajaran Matematika Realistik Indonesia untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 190–198.
Tarigan, D. (2014). Meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model Make A Match pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN 050687 Sawit Seberang. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(1), 56–62.
Wahyuni, R., Mariyam, M., & Sartika, D. (2018). Efektivitas model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis matematis siswa pada materi persamaan garis lurus. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 26.
Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode tutor sebaya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164–173.
Widayanti, R., & Nur’aini, K. D. (2020). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan aktivitas siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23.
Wilujeng, S. (2013). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model teams games tournament (TGT). Journal of Elementary Education, 2(1), 45-53.
Yahya, A., & Bakri, N. W. (2020). Pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 6(1), 69–79.
Yanni, M. H. (2018). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui strategi pembelajaran TAPPS berbasis pendekatan (STEM). Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 117–125.
Yohanes. (2019). Meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematic Project siswa kelas VIII SMPN 14 Merangin. Mat-Edukasia, 4(1), 59–64.
Yuliani, R., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap kemampuan koneksi matematis dan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Elemen, 4(2), 131–144.
Yuliati, G. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Batukliang melalui penggunaan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(1), 31–40.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with ARITHMETIC: Academic Journal of Math agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).