Effectiveness: Integrated Mathematics Module of the al-Qur'an and Hadith with Internalization of Madurese Culture and Religious Moderation

Authors

  • Dewi Rosikhoh State Islamic Institute of Madura, Indonesia
  • Tsuwaibatul Islamiyah State Islamic Institute of Madura, Indonesia
  • Jauharotul Wadiah State Islamic Institute of Madura, Indonesia
  • Dhurrotul Hikmah State Islamic Institute of Madura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/ja.v6i2.10022

Keywords:

Efektivitas, Matematika, Budaya, Moderasi Beragama

Abstract

Bilangan pecahan merupakan salah satu topik matematika yang dianggap sulit oleh peserta didik. Hal ini sejalan dengan data di lapangan bahwa pemahaman peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar terhadap konsep pecahan masih sangat rendah. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui efektifitas bahan ajar bilangan pecahan berbasis al-Qur’an dan hadis dengan internalisasi moderasi beragama serta budaya Madura untuk Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Uji efektifitas dilakukan melalui uji coba terbatas dengan melibatkan 6 peserta didik kelas V SD Islam Matsaratul Huda Pamekasan. Instrumen yang digunakan yakni angket respon dan lembar observasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan dapat dikategorikan efektif. Hal ini berdasarkan rata-rata skor hasil angket respon 100% dan rata-rata skor hasil observasi 86%. Dengan demikian, bahan ajar yang diimplementasikan dapat memfasilitasi peserta didik dalam belajar matematika. Bahan ajar yang diimplementasikan dapat membelajarkan al-Qur’an dan hadis. Bahan ajar yang diimplementasikan dapat membelajarkan nilai-nilai moderasi beragama. Bahan ajar yang diimplementasikan juga dapat memberikan andil dalam melestarikan budaya Madura.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, Z. A., Ida, R., Mustain, & Lukens-Bull, R. (2021). The synergy of Islamic da’wah and Madura culture programmes on nada FM Sumenep radio, Indonesia. Jurnal Komunikasi: Malaysian Journal of Communication, 37(2), 111–129. https://doi.org/10.17576/JKMJC-2021-3702-08

Alghiffari, E. K., Charitas, R., Prahmana, I., & Evans, B. (2024). The impact of ethno-realistic mathematics education-based e-module in strengthening students’ problem-solving abilities. Jurnal Elemen, 10(3), 546–566. https://doi.org/10.29408/jel.v10i3.26611

Anshar, M. (2017). Integrasi Alquran dan Sains: Suatu Perspektif Komunikasi. Jurnal Dakwah Tabligh, 18(1), 1–20. https://doi.org/10.24252/jdt.v18n1dnk08

Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Berbasis Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education yang Berorientasi Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 598–604. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.622

Daud, F., & Rahmadana, A. (2015). E-Learning pada Materi Ekskresi. Jurnal Bionature, 16(1), 28–36. https://doi.org/10.35580/bionature.v16i1.1566

Desri, A. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan untuk Kelas V SD/MI [UIN Raden Intan]. http://repository.radenintan.ac.id/16061/

Hamzah, S. N. A. (2016). Manajemen pondok pesantren dalam mengembangkan kewirausahaan berbasis agrobisnis: Studi multi-kasus di pondok pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan pondok pesantren Nurul Karomah Pamekasan Madura [UIN Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/3286/

Husna, U., & Thohir, M. (2020). Religious moderation as a new approach to learning Islamic religious education in schools. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1), 199–222. https://doi.org/10.21580/nw.2020.14.1.5766

Ihsan, M. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Realistik Berbasis Alquran Pokok Bahasan Pecahan. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 39. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6824

Ilahiyah, N., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem pada Materi Bilangan Pecahan di SD. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127

Jannah, H. (2019). Pondok Pesantren sebagai Pusat Otoritas Ulama Madura. Jurnal Al-Hikmah, 17(1), 91–108. https://doi.org/10.35719/alhikmah.v17i1.9

Junaedi, E. (2019). Inilah Moderasi Beragama Perspektif Kemenag. Harmoni, 18(2), 182–186. https://doi.org/10.32488/harmoni.v18i2.414

Laurens, T. (2018). The effectiveness of local wisdom based-realistic mathematics learning to improve learners’ characters at state elementary schools in Ambon city. 174(Ice 2017), 619–623. https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.132

Lestari, F., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Project-Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 395–405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.628

Maghfiroh, Y., & Hardini, A. T. A. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 272–281. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.997

Mailani, E., & Wulandari, E. (2019). Pengembangan Buku Ajar Matematika Materi Penjumlahan Bilangan Desimal dengan Pecahan Campuran Berbasis Pendekatan Scientific di SDN 101771 Tembung T.A 2018/2019. Elementary School Journal Pgsd Fip Unimed, 9(2), 94–103. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v9i2.14318

Marhamah, Tanzimah, & Isroqmi, A. (2022). Pengembangan e-modul Materi Pecahan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) kelas V SD/MI. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(3), 821–832. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.821-832

Mulia, A. P., Kesumawati, N., & Fakhrudin, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Gaya Belajar Visual pada Materi Pecahan. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 36–50. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/817

Nasution, N. U. H., & Sukmawarti. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Melayu. JIP Jurnal Inovasi Penelitian, 3(4), 5953–5962. https://stp-mataram.e-journal.id/JIP/article/view/2022/1573

Nindiawati, D., Subandowo, M., & Rusmawati, R. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 140–150. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p140

Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-LKPD Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem-Based Learning pada Kelas IV Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116

Putra, Y. F. (2021). Pengembangan e-modul Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Bilangan Pecahan Kelas IV SD [Universitas Bung Hatta]. http://repo.bunghatta.ac.id/5443/

Putri, R. I. I., & Aisyah, N. (2020). Learning integers with realistic mathematics education approach based on Islamic values. Journal on Mathematics Education, 11(3), 363–384. https://doi.org/http://doi.org/10.22342/jme.11.3.11721.363-384

Qadariyah, L. (2019). Peran Pesantren dalam Melestarikan Bhesa Alos Bhesa Madhureh (Studi Pesantren di Kabupaten Sumenep). Jurnal Pamator, 8(2), 85–94. https://journal.trunojoyo.ac.id/pamator/article/view/2062

Rosikhoh, D. (2024). Development of mathematics teaching materials: Internalizing Al-Qur’an, Hadith, Madurese culture, and religious moderation. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 6(1), 120–136. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2024.v6i1.120-136

Rosikhoh, D., Abdussakir, A., & Mukmin, M. I. (2022). Investigation of metacognition level of secondary school students in solving Islamic-based numerical literacy. Proceedings of the International Conference on Madrasah Reform 2021 (ICMR 2021), 633(Icmr 2021), 18–24. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220104.004

Rosikhoh, D., Ali, F., & Mukmin, M. I. (2022). Designing learning trajectory based on Qur ’ an and Hadith : A case of fractions at Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(3), 291–298. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i3.123

Rusdi, M. J. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI Sungguminasa [Universitas Muhammadiyah Makassar]. https://digilib.unismuh.ac.id/dokumen/detail/5237/

Rusdiana, A. (2014). Integrasi Pendidikan Agama Islam dengan Sains dan Teknologi. European Journal of Endocrinology, 171(6), 727–735. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/istek/article/view/224

Saparuddin Nur, A., Kartono, K., Zaenuri, Z., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2020). Ethnomathematics Thought and Its Influence in Mathematical Learning. MaPan, 8(2), 205–223. https://doi.org/10.24252/mapan.2020v8n2a3

Sukmawarti, & Pulungan, A. J. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Bernuansa Rumah Adat Melayu. Jurnal Penelitian Pendidikan MIPA, 5(1), 31–36. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JP2MIPA/article/view/534

Susiliastini, N. K. T., & Sujana, I. W. (2022). Flipbook: Media Pembelajaran Inovatif Berbasis Etnomatematika pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 5(2), 105–118. https://doi.org/10.23887/jpmu.v5i2.54596

Sutrisno, E. (2019). Aktualisasi Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323–348. https://doi.org/10.37302/jbi.v12i2.113

Umar, U., Widodo, A., Maulyda, M. A., Pajarungi Anar, A., & Sutisna, D. (2020). Efektivitas Pendekatan Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 250–260. https://doi.org/10.29408/didika.v6i2.2705

Wahyuningtyas, D. T., & Pratama, E. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Pecahan Sederhana kelas III SD dengan Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL). Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik), 3(1), 34. https://doi.org/10.26740/jp.v3n1.p34-37

Downloads

Published

2024-12-07

Citation Check