Telaah Praksis Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa
DOI:
https://doi.org/10.29240/jsmp.v3i2.939Keywords:
Praxis, Islamic Education, Character EducationAbstract
Downloads
References
Abdullah, M Amin, 2004, Agama dan (Dis) Integrasi Sosial: Tinjauan Materi dan Metodologi Pembelajaran Agama (Kalam dan Teologi) dalam Era Kemajemukan di Indonesia, Makalah disampaikan dalam Seminar Panitia Ad Hoc BPMPR RI Tentang Perubahan Kedua UUD 1945 dalam Perspektif Hukum, Sub Topik Agama dan Budaya, Mataram, 22 s.d. 23 Maret 2003
Al-Roubaie Amer, 2002, Globalization and the Muslim World, Shah Alam: Malita Jaya Publishing House.
Fathurrochman, I., & Apriani, E. (2017). Pendidikan Karakter Prespektif Pendidikan Islam dalam Upaya Deradikalisasi Paham Radikal. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 122-142.
Iqbal, M. (2019). Apa Kabar Pembaharuan Pemikiran Islam? (Meneropong Pembaharuan Pemikiran Islam Post Cak Nur-Gus Dur). El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, 8(1), 25-38.
Mulkhan, Abdul Munir, 2004 Kecerdasan Makrifat, dalam rangka pidato pengukuhan guru besar yang disampaikan dalam Rapat Senat Terbuka UIN Sunan Kalijaga pada tanggal 31 Maret 2004.
Mulkhan, Abdul Munir, 2005, Kesalehan Multikultural, Yogyakarta: PSAP Muhammadiyah, 2005
Nuzuar, Fathurrochman, I., Amin, M., et al. (2017). Manajemen dan Metodologi Pendidikan Agama Islam. Curup; LP2 IAIN Curup.
ONeil, William F, 2008, Ideologi-Ideologi Pendidikan, Pustaka Pelajar Jogjakarta
Puskur Kemendiknas, 2010, Pengembangan Budaya dan Pendidikan Karakter, Terdapat pada http:// sertifikasiguru.unm.ac.id/ diunduh tanggal 9 November 2012.
Rahardjo, M Dawam, 2015, Liberalisme, Sekeluralisme dan Pluralisme, dalam http://www.icrp-online.org, diakses pada 4 Mei 2015
Ramli, Murni, 2006, Pendidikan Moral di Jepang,http://murniramli.blogspot.com/, diunduh 8 Nov 2012
Ramli, Murni, 2009, Pendidikan Moral Orang Jepang, Terdapat pada http://murniramli. wordpress.com /2009/01/03/ pendidikan-moral-orang-jepang/, diunduh 8 Nov 2012.
Ristianti, D. H., Danim, S., Winarto, H., & Dharmayana, I. W. (2019). The Development Of Group Counselling Assessment Instruments. International Journal of Scientific & Technology Research, 8(10), 267272. Retrieved from http://www.ijstr.org/paper-references.php?ref=IJSTR-1019-23814
Samani, Muchlas, 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosada Karya.
Suaedi, Ahmad dkk, 2012, Islam dan Minoritas, The Wahid Institut, Jakarta
Suparlan, Parsudi Menuju Masyarakat Indonesia yang Multikultural, Makalah, disajikan pada Simposium Internasional Jurnal Antropologi Indonesia ke-3, Membangun Kembali Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika Menuju Masyarakat Multikultural, Universitas Udayana, Denpasar, Bali, 16-19 Juli 2002
Suseno, Franz Magnis, Memahami Hubungan Antar Agama di Indonesia, dalam Equality and Plurality dalam Konteks Hubungan antar Agama (Yogyakarta: Sukses Offset, 2008)
Sutrisno, Pembaharuan dan Pengembangan Pendidikan Islam (Yogyakarta: Fadilatama, 2011)
Suyatno, 2013, Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam: Problematika Pendidikan Agama Islam, di Sekolah, Jurnal ADDIN
Tan, Charlene, 2011, Islamic Education and Indoctrination, Routledge, New York
Wan Mohd. Nor Wan Daud, Filsafat dan Prektek Pendidikan Islam Syed Muhammad Naquib al-Attas (Bandung: Mizan,1998) hlm. 174.
Zamroni. 2011. Pendidikan Demokrasi pada Masyarakat Multikultural. Jakarta : Gavin Kalam Utama.
Zarkasyi, Hamid Fahmi, 2005, Ghazwul Fikri: Gambaran Tentang Benturan Pandangan Hidup, Makalah pada Workshop Pemikiran Islam dan Barat, Pasuruan.
Zuchdi, Darmiyati, dkk. 2010, Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Jurnal: Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th. XXIX.