Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di MTS Nurul Kamal Kabupaten Rejang Lebong

Authors

  • Baryanto Baryanto Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.306

Keywords:

Manajemen, Kepala Madrasah, Kualitas Pendidikan

Abstract

Didalam Manajemen Kepala MTs Nurul Kamal dalam menjalankan operasional Madrasah banyak mengalami problematika Sumber Daya Manusia (SDM) didalam unsur Yayasan, Madrasah, Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Untuk membedah permasalahan ini maka disampaikan rumusan masalah, 1). Problematika SDM apa saja di lihat unsur Yayasan, Madrasah, tenaga Pendidik dan tenaga Kependidikan di MTs Nurul Kamal. 2).Bagaimana Manajemen Kepala Madrasah dalam menyikapi Problematika dari unsur SDM didalam Yayasan, Madrasah, Tenaga Pendidik, tenaga Kependidikan di MTs Nurul Kamal Sambirejo Kecamatan Slupu Rejang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan; observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan alur reduksi yang diawali dengan memilih hal-hal pokok atau penting dan memfokuskan hal-hal yang penting tadi yang berasal dari lapangan sehingga dapat memberikan gambaran yang lebih tajam. Dalam penelitian ini terdapat temuan-temuan sebagai berikut, bentuk-bentuk problematika-problematika SDM di dalam Yayasan Nurul Kamal lemahnya Sumber Daya Manusia di dalam kepengurusan yayasan kerena peneliti menemukan ketidak seriusan dalam mengelola yayasan di buktikan hingga kekinian yayasan boleh di katakan tinggal namanya saja sehingga MTs Nurul Kamal berjalan dengan sendirinya, Di dalam Madrasah dari segi siswa secara input hanya sekedar menerima limpahan dari madrasah negeri hal ini otomatis sumber daya manusia di lihat dari kualitas siswa rendah, demikian juga dalam sarana prasarana masih jauh dari ideal. Di dalam masyarakat animo masyarakat masih sangat kurang karena cara pandang masyarakat MTs Nurul kamal madrasah swasta. Dilihat dari Tenaga pendidik dilihat dari Etos Kerja yang masih lemah hal utama karena keterkaitan honor yang rendah, dari tenaga kependidikan tenaga karyawan yang masih terbatas skilnya , sehingga hal ini juga mempengaruhi proses operasional madrasah, di lihat dari Stakeholder Kantor Kemenag dan kemendiknas kabupaten kota dalam pembinaan mesih mengedepankan Madrasah yang berstatus Negeri, khusunya masalah bantuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Hariandi, “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Ali Maksum Krapyak Yogyakartaâ€, Tesis Yogyakarta: UIN, 2005

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Pendidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2006

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta, 1993

Debdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Bulan Bintang, 2002

Departemen Pendidikan Nasional, Reformasi Pendidikan Nasional dalam Konteks Otonomi Daerah, Yogyakarta : Adicita Karya Nusa, 2001

Departemen Pendidikan Nasional, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta, 2000

Dr. H. Fatah Syukur, Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah, Semarang, Pustaka Rizki Putra, 2011

Dr. Idrus M.Pd. ME, Manajemen Pendidikan Global, Gaung Persada Press, Jakarta, 2009.

Dr. Rohiat, M.Pd, Kecerdasan Emosional Kepemimpinan Kepala Sekolah, PT Rafika Aditama,Bandung, 2008.

Dr. H. Fatah Syukur, Manajemen Pendidikan Berbasis Madrasah, Semarang, Rizki Putra, 2011

Dr. H. Fatah Syukur NC, M.Ag, Kepemimpinan Kepala Sekolah Karya Wahjosumidjo, PT. Raja Gafindo Persada, Jakarta, 1999.

Drs.Daryanto, Kepala sekolah sebagai Pemimpin Pembelajaran, Yogyakarta,Gava Media, th 2011

E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004

E. Mulyasa, Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan MBK, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2004

Edwar Sallis, Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan, Edwar, IRCISo, Djogjakarta, 2011.

Downloads

Published

2017-12-23

How to Cite

Baryanto, B. (2017). Manajemen Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di MTS Nurul Kamal Kabupaten Rejang Lebong. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 241–270. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.306

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.