Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual

Authors

  • Kusen Kusen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.300

Keywords:

Mutu, Pendidikan Agama Islam dan pembelajaran Kontekstual

Abstract

Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah mempunyai peranan yang strategis dalam pembentukan akhlak dan pribadi siswa. Proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru belum optimal berdampak positif dalam pembentukan akhlakul karima pada diri siswa, terlihat akhlak siswa yang masih mencerminkan akhlak yang tercela, misalnya siswa sering ribut dikelas ketika guru menjelaskan pelajaran, bolos pada jam sekolah, tawuran dan sebagainya. Untuk menjawab persoalan-persoalan tersebut perlu diterapkan suatu cara alternatif mempelajari Pendidikan Agama Islam yang kondusif dengan suasana yang cenderung rekreatif sehingga memotivasi siswa untuk mengembangkan potensi kreativitasnya. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan penerapan pembelajaran kontekstual sebagai bahan pertimbangan bagi beberapa pihak, antara lain bagi guru, pembelajaran kontekstual ketika diterapkan pada bidang studi Pendidikan Agama Islam. Kata Kunci: Mutu, Pendidikan Agama Islam dan pembelajaran Kontekstual

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Abdurrahman Saleh. 1994 Teori-teori Pendidikan berdasarkan Al-Qur’an.(Terjemah, H. M Arifin dan Zainuddin), Jakarta : Rieneka Cipta.

Anwar Qomari. 2004. Reorientasi Pendidikan Dan Profesi Keguruan , Jakarta: Uhamka Press.

Arends, Richard I .2009. Learning to Teach.Singapore: Mc Graw-Hill International Edition.

AECT.1986. The Denefinitopn of Educatinal Technology. Washington DC: Prentice Hall.

Ahmad dkk .1998. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Pustaka Setia.

Anonim. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Pasal 1 ayat (1) Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Anglin, Gary J. 1995. Instructional Technology, Past, Present, and Future, Second Edition, Englewood-Corolado. Libraries unlimited, INC.

Arief Armai. 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Asmaran As. 200. Pengantar studi akhlak. Jakarta: Rajawali.

Barbara L. Martin dan Lestie J. Briggs. 1986, The Affective dan Conitive Domains: Integration for Instruction And Research, Educational Technology Publications Englewood Cliffs, New Jersey.

Depag RI. 2005. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta : CV Penerbit J-Art.

Departemen Diknas. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Depdiknas. 2006. Badan Standar Nasional Pendidikan (tp)

Depdiknas. 2008. Standar Kompetensi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam SMP & MTs, Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Depdikbud. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewey, J. 1933. How We Think, A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to the Education Process. Chicago: Henry Regne.

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ensiklopedi. 1999. Hukum Islam, Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve.

Gegne, E.D. 1981. The cognitive psychology of school learning. Boston: Little Brown.

Hamalik. 2002. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Cucu Sahana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama,

Joyce, B. & Weil, M. 1986. Models of Teaching. New Jersey: Prentice Hall Inc. Englewood Cliffs.

Kerri Contrad and Training links. 2000. Instrctional Design for Web-Based Training. Massachusetts: HRD Press.

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Cet I, Jakarta: Bumi Aksara,

Marimba. 1989. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al-Ma’arif.

Muhaimin. 2009. Rekonstruksi Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional, Cet I, Jakarta: Bumi Aksara,

Nizar Samsul. 2002. Filsafat Pendidikan Islam, pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta : Ciputat Pers,

Nizar Samsul. 2000. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Ngainun Naim. 2011. Menjadi Guru Inspiratif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Nurhadi. dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBL. Malang: UM Press.

Poerwadarminta. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Prayitno. 2005. Peta Keilmuan Pendidikan. Sosok keilmuan ilmu pendidikan. Jakarta: Direktorat PPTKPT Ditjen Dikti.

Rachman Shaleh. 2011. Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dasar, Jakarta: Bulan Bintang.

Ramayulis. 2013. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.

Ratna Megawati. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

Riduwan. 2005. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru. Bandung: Alfabeta.

Ritonga A. Rahman. 2002. Fiqh Ibadah, Jakarta: Gaya Media Pratama.

Reiser, Robert A, and John V. Dempsey. 2002. Trend and Issues in Instructional Design and Technology, Columbus: Upper Saddle River, New Jersey.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran, mengembangkan profesional guru, Jakarta: Radjawali Press.

Sardiman. 2007. Interaksi & motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Soekamto. 1999. Teori Belajar dan Model-model Pembeljaran. Jakarta: PAU-PPAI UT.

Suyanto. 2006. Dinamika Pendidikan Nasional. Jakart: PSAP.

Syah Muhibbin. 2002. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syafri Anwar 2009. Penilaian Berbasis Kompetensi, Pandang: UNP Press

Syaiful Sagala. 2001. Konsep dan Makna Pembelajaran , Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tafsir Ahmad. 1992. Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tabrani Rusyan dkk .1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remadja karya.

Usman Basyiruddin. 2002. Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan, Jakarta: Kencana. 2009

Winto. 2011. Konsep dan model pendidika karakter, Bandung : PT Remaja Rosdakarya,

Yusuf. 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam dan Bahasa Asing, Jakarta: PT Raja Grafindo.

Zakiah Daradjat. 2015. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2017-12-18

How to Cite

Kusen, K. (2017). Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Berbasis Kontekstual. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 189–214. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.300

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.