Strengthening the Quality of Ma'had Aly Graduates through Optimizing Management of Infrastructure Facilities and Lecturer Competencies
DOI:
https://doi.org/10.29240/jsmp.v5i1.2490Keywords:
Ma'had Aly, Quality of Graduates, Management, Infrastructure, Lecturer CompetenceAbstract
Downloads
References
Alam, Y. (2018). Kompetensi Dosen , Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi ( studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang ). Manajemen Dan Bisnis Sriwijaya, 16(1), 23–30.
Ambarita, I. (2016). Pengaruh Kompetensi Mengajar Dosen Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Melalui Motivasi Belajar Mahasiswa Di STMIK Kaputama Kota Binjai.
Arafah, K. (2019). Pengaruh Sarana Prasarana Akademik, Kualitas Mengajar Dosen, Atmosfer Akademik, dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. Parameter, 29(2), 167–184.
Asmawi, M.R. (2005).Strategi Meningkatkan Lulusan Bermutu di Perguruan Tinggi. Makara, Sosial Humaniora, 9 (2), 66-71.
Cahya Edi Setyawan. (2017). Menggagas Model Perguruan Tinggi Agama Islam Berbasis Pesantren. Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 6(1), 99–125.
Imam Tobroni, S. R., Pelana, R., Sianipar, G., Guefara, R. L., & Fathurrochman, I. (2020). Covid 19: Political Cooperation and Ritual Modification of Religious Worship Through Large-Scale Social Restrictions. Systematic Reviews in Pharmacy, 11(12), 644-648.
Indiyati, D., Ghina, A., & Romadhona, A. F. (2021). Human Resource Competencies, Organizational Culture, and Employee Performance, International Journal of sience and Society (IJSOC). Volume 3 No 1 Tahun 2021.http://ijsoc.goacademica.com/index.php/ijsoc/article/view/251. https://doi.org/10.200609/ijsoc.v2i4.251
Isa Setya Ningrum, S. (2014). Strategi Meningkatkan Kompetensi Dosen Universitas Pahttps://doi.org/10.200609/ijsoc.v2i4.251sir Pengaraian Melalui Pendidikan dan Pelatihan. Ilmiah Cano Ekonomi, 3(2), 117–138.
Kadir, A. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Analisis Statistika Mahasiswa Ftik IAIN Kendari. Al Izzah, 13(1), 1–15.
KEMENAG. (n.d.). Statistik Data Pondok Pesantren. Retrieved Oktober 2020, from Pangkalan Data Pondok Pesantren: https://ditpdpontren.kemenag.go.id
Kholik, A. (2016). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Kepuasan Kerja Dosen Terhadap Kinerja Dosen di Universitas Djuanda Bogor.
Nadiya, A. N. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana untuk Pembelajaran yang Efektif. Jurnal UNESA, 50-62.
Mochamad Hatip, Khoiriyah, Abadi Sanosra, dan N. Q. (2018). Kompetensi Dosen, Profesional Dosen, dan Kecerdasan Spiritual dampaknya terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 8(1), 112–130.
Munjamil, A. (2018). Manajemen Sarana Prasarana dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di MAN Karanganom Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017.
Oktaviani, F. d. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Medukung Proses Belajar Siswa di SDN Puter Kembangbahu Lamongan. Reforma, 8(1), 178-187.
Oktiani, I. (2019). Peningkatan Mutu Lulusan di Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekuncen Banyumas. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Permana, F. (2019). Pendidikan Ma’had Aly Sebagai Pendidikan Tinggi Bagi Mahasantri. Al Qodri Jurnal Pendidikan Sosial Dan Keagamaan, 16(21), 1–16.
Silaban, N. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pembelajaran dengan Tingkat Prestasi Mahasiswa di Unihaz. Manajer Pendidikan, 10(4), 362–366.
Sinta, I. M. (2019). Manajemen Sarana dan Prasarana. Jurnal Isema, 4(1), 77–92. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5645
Siregar, S. (2015). Statitik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Soraya, N. (2018). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen dalam Mengajar pada Program Studi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib, 4(1), 183–204.
Tien, Y. C. (2015). Manajemen Peningkatan Mutu Lulusan. Manajer Pendidikan, 9(4), 579–587.