Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Santri Pondok Pesantren Hidayatullah/Panti Asuhan Anak Soleh Curup

Authors

DOI:

https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i1.216

Keywords:

Manajemen Pendidikan

Abstract

Pesantren dihadapkan pada banyak tantangan, termasuk di dalamnya modernisasi pendidikan Islam. Sistem dan kelembagaan pesantren telah dimodernisasi dan disesuaikan dengan tuntutan pembangunan, terutama dalam aspek kelembagaan yang secara otomatis akan mempengaruhi penetapan kurikulum yang mengacu pada tujuan institusional lembaga tersebut. Persoalan yang muncul adalah apakah pesantren dalam menentukan kurikulum harus melebur pada tuntutan zaman sekarang, atau justru ia harus mampu mempertahankannya sebagai ciri khas pesantren yang dalam banyak hal justru lebih mampu mengaktualisasikan eksistensinya di tengah-tengah tuntutan masyarakat. kurikulum merupakan sistem yang paling diperhatikan. Begitu pula, manajemen kurikulum menjadi langkah awal dalam menjalankannya. Menurut Dinn Wahyudin secara umum fungsi manajemen kurikulum, di antaranya: 1) meningkatkan efisiensi pemanfaatan sumber daya kurikulum; 2) meningkatkan keadilan dan kesempatan kepada siswa untuk mencapai hasil yang maksimal; 3) meningkatkan relevansi dan efektivitas pembelajaran sesuai dengan kebutuhan peserta didik maupun lingkungan sekitar peserta didik; 4) meningkatkan efektivitas kinerja guru maupun aktivitas siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran; 5) meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses belajar mengajar; 6) meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membantu mengembangkan. Pondok Pesantren Hidayatullah / Panti Asuhan Anak Soleh Curup menerapkan manajemen kurikulum konvensional yang dikombinasikan dengan pelaksanaan kurikulum kementerian pendidikan kebudayaan dan kuriukulum kementerian agama. Kata Kunci :Manajemen Kurikulum, Pesantren.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Enco Mulyasa, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007.

Nurcholis Madjid. Bilik-bilik pesantren. Jakarta : Paramadina, 1997.

Oemar Hamalik, Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2007.

Permendiknas No 22/2006, Lampiran 3, Jakarta: Depdinas, 2006.

Steenbirink, Karel A. Pesantren madrasah sekolah. Jakarta : LP3ES, 1986.

Suharsimi Arikunto & Lia Yuliana, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta : Aditya Media, 2008.

Sulthon & Khusnurdilo, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta : Diva Pustaka, 2005.

Zainal Arifin, Konsep dan Model Perkembangan Kurikulum, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Downloads

Published

2017-06-19

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.