Konsep Mubadalah Faqihuddin Abdul Kodir Dan Formulasinya Dalam Pola Pengasuhan Anak

Authors

  • M. Afiqul Adib UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Natacia Mujahidah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.29240/jf.v6i2.3412

Keywords:

konsep mubadalah, pola asuh anak

Abstract

Konsep mubadalah (kesalingan) hadir menjadi pilihan paling logis dalam sebuah hubungan yang setara. Dalam perkembangannya, konsep ini tidak hanya berlaku untuk sebuah hubungan suami istri saja, melainkan bisa juga antara orang tua dan anak. Pola asuh menjadi faktor penting dalam pengembangan potensi seorang anak. Oleh sebab itu, pemilihan pola asuh yang menjunjung tinggi kesetaraan gender, sedikit banyak akan mengurangi ketimpangan antara laki-laki dan perempuan. Tujuan penelitian ini adalah mengelaborasi bagaimana formulasi konsep mubadalah dalam pola asuh anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi, interview, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Teknik analisis deskriptif secara kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan konsep mubadalah dalam pola asuh anak sangat berguna dalam membentuk karakter anak di kemudian hari agar tidak memandang manusia berdasarkan gendernya. Selain itu, potensi anak perempuan juga bisa dimaksimalkan secara maksimal .

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

M. Afiqul Adib, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Aidah, S. N. (2020). Tips Menjadi Orang Tua Inspirasi Masa Kini. KKM Indonesia.

Anggoro, T. (2019). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Islam. Afkaruna, 15(1), 129–135. https://doi.org/10.18196/aiijis.2019.0098.129-134

Anggraini, A., Hartuti, P., & Sholihah, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kepribadian Siswa Sma Di Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 10–18. https://doi.org/10.33369/consilia.1.1.10-18

Aziz, A. (2017). Relasi Gender Dalam Membentuk Keluarga Harmoni (Upaya membentuk keluarga Bahagia). HARKAT: Media Komunikasi Islam Tentang Gebder Dan Anak, 12(2), 27–37. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/psga/article/view/7713/4288

Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.54

Boediarsih, B., Shaluhiyah, Z., & Mustofa, S. B. (2016). Persepsi Remaja tentang Peran Gender dan Gender Seksualitas di Kota Semarang. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 11(1), 28. https://doi.org/10.14710/jpki.11.1.28-37

Fakih, M. (2020). Analisis Gender Dan Transformasi Sosial. Insist Press.

Fauziah, R., Mulyana, N., & Raharjo, S. T. (2015). Pengetahuan Masyarakat Desa Tentang Kesetaraan Gender. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 259–268. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.13536

Fayumi, B., Anwar, M., & Mulia, S. M. (2001). Keadilan dan Kesetaraan Gender Persepektif Islam. Tim Pemberdayaan Perempuan Bidang Agama.

Ika Kurnia Sofiani, Titin Sumarni, M. (2020). Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4.

Kodir, F. A. (2019). Qiraah Mubadalah. IRCiSoD.

Najih, M. A. (2017). Gender dan Kemajuan teknologi: Pemberdayaan Perempuan Pendidikan dan Keluarga. HARKAT: Media Komunikasi Islam, 12(2), 18–26.

Ngewa, H. M. (2019). PERAN ORANG TUA DALAM PENGASUHAN ANAK. Ya Bunayya, 1.

Nugraheni, E. N. F. dan Y. T. (2020). Hadis Kepemimpinan Perempuan: Penerapan Metode Qira’ah Mubadalah. Malan: Journal of Islam and Muslim Society, 2(2), 134–146.

Nurhaeni, I. D. A. (2009). Kebijakan Publik Pro Gender. LPP UNS Dan UNS Press.

P, A. D. L. (2020). QIRA ’ AH MUBADALAH DAN ARAH KEMAJUAN TAFSIR ADIL GENDER : APLIKASI PRINSIP RESIPROSITAS TERHADAP ALQURAN SURAH ALI IMRAN : 14. Muasarah: Jurnal Kajian Islam KOntemporer, 2(1), 55.

Permatasari, D. C. (2021). Ayah Hebat=Anak Hebat. Anak Hebat Indonesia.

Qomariah, D. N. (2019). Persepsi Masyarakat Mengenai Kesetaraan Gender Dalam Keluarga. Jurnal Cendekiawan Ilmiah PLS, 4(2), 52–58.

Rahman, M. (2015). PENDIDIKAN KELUARGA BERBASIS GENDER. Musawa, 7(2), 234–255.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6.

Ratnawati, D., Sulistyorini, & Abidin, A. Z. (2019). Kesetaraan Gender Tentang Pendidikan Laki-Laki dan Perempuan. HARKAT: Media Komunikasi Gender, 15(1), 10–23. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Saeed, A. (2016). al-Qur’an Abad 21; Tafsir Kontekstual (Terjemahan). Mizan.

Santrock, J. W. (2003). Perkembangan Remaja (S. B. Adeler (ed.); Adolescenc). Erlangga.

Sumar, W. T. (2015). Ilmplementasi Kesetaraan Gender dalam Bidang Pendidikan. MUSAWA, 7(1), 158–182.

Syafie, M. S. (2002). Bagaimana Anda Mendidik Anak. Ghalia Indonesia.

Twiningsih, A., & H, F. T. (2019). Ayah Terlibat Keluarga Hebat (jurus jitu membangun pendidikan karakter pada anak). Beta Asara.

Werdiningsih, W. (2020). Penerapan Konsep Mubadalah dalam Pola Pengasuhan Anak. Ijougs: Indonesian Journal of Gender Studies, 1(1), 1–16. http://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/ijougs/article/view/2062/1266

Downloads

Published

2021-11-29

Issue

Section

Articles

Citation Check